Bahri, Habib Saiful (2008) Usaha-usaha Kepala Sekolah dalam inovasi pendidikan: Studi kasus di MTs Al-Y Yakin Pumpungan Kalitidu Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00110287.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (531kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sesuai dengan peran dan fungsinya kepala sekolah harus memiliki strategi pendidikan yang berorientasi pada mutu. Berdasarkan pada pemikiran diatas penulis ingin mengetahui upaya-upaya kepala sekolah dalam inovasi pendidikan.
Lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian adalah MTs Al- Yakin Pumpungan Bojonegoro, dengan mengambil judul,” Usaha-Usaha
Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pendidikan (Studi Kasus Di MTs Al-Yakin Pumpungan Bojonegoro)”.Adapun rumusan masalah, Pertama. Bagaimana. usaha- usaha kepala sekolah dalam inovasi pendidikan diMTs Al-Yakin Pumpungan Bojonegoro ? Kedua, Bagaimana pola kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi penididikan di MTs Al-Yakin Pumpungan Bojonegoro?
Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah termasuk dalam penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, adapun metodeyangdigunakandalampengumpulan data terkait dengan rumusan masalah di atas memakai metode interview dan observasi sebagai sumber data utama dan metode dokumentasi sebagai sumber data tambahan. Sebagai alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaaan obyek penelitian obyek yang ada dilapangan sesuai dengan rumusan masalah di atas.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan sebagaimana berikut;
Berdasarkan hasil penelitian, usaha-usaha kepala sekolah dalam inovasi Pendidikan di MTs Al-Yakin berjalan cukup baik. a). Inovasi meningkatkan kualitas guru, dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan seminar-seminar, mengadakan studi banding dan bergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). b). inovasi pengelolaan kurikulum yaitu menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam penyelenggarakan pendidikan. c). inovasi kegiatan belajar mengajar (KBM), menggunakan pendekatan Contectual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi. d). inovasi evaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), meggunakan evaluasi berbasis kelas dengan menggunakan bentuk laporan nilai murni.
Pola kepemimpinan yang dikembangkan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kualitaspendidikan di MTs Al-Yakin mengadopsi gaya kepemimpinan transformasional agar semua potensi yang ada di sekolah dapat berfungsi secara optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Usaha-Usaha Kepala Sekolah; Inovasi Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:42 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41500 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |