Naja, Nailun (2011) Peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran Fiqih dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kedudukan guru sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni berkembangnya potensi pesertadidik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami: (1) kompetensi professional guru mata pelajaran fiqih dalam proses pembelajaran (2) upaya peningkatan kompetensi professional guru mata pelajaran fiqih dalam proses pembelajaran di MA AN-NUR Bululawang Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di MA AN-NUR Bululawang kabupaten Malang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru fiqih. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, (2) observasi non partisipasi, dan (3) studi dokumentasi. Anilis data melalui 3 proses, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teori, pengecekan dan diskusi sejawat, kecukupan referensial, kajian kasus negative, dan pengecekan anggota.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Guru fiqih di MA AN-NUR Bululawang sudah bisa dikatakan sebagai guru professional, ini dapat ditunjukkan dengan terpenuhinya syarat-syarat menjadi guru yang berkompetensi profesional. (2) upaya yang dilakukan oleh guru fiqih guna untuk meningkatkan kompetensi profesinalnya adalah dengan mengikuti penataran, mengikuti MGMP, dan belajar mandiri. (3) upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi professional guru fiqih adalah mengadakan superfisi, menyediakan fasilitas pembelajaran, memperhatikan masalah ekonomi guru, mengadakan rapat guru, mendukung ide-ide baru dari guru, dan melakukan penelitian.
ABSTRACT
Status of teachers as professionals aiming to implement the national education system and achieve the development goals of national education chilidrens potential to become a man of faith and fear of the Almighty God, noble, healthy, knowledgeable, capable, creative, independent and become a citizen democratic and accountable.
The purpose of this research is to understand: (1) professional competence of subject teachers in the learning process jurisprudence (2) efforts to increase the professional competence of subject teachers in the learning process jurisprudence in the Supreme AN-NUR Bululawang Malang Regency.
This study uses qualitative research with a descriptive approach. Research sites in MA AN-NUR Bululawang Malang regency. Informants in this study were school principals and teachers of fiqh. Data collection techniques used (1) structured and unstructured interviews, (2) non-participation observation, and (3) study the documentation. Anilis data through three processes, namely: (1) data reduction, (2) presentation of data, and (3) inferences. Checking the validity of data through participatory extension techniques, persistence observation, triangulation of sources and the theory of checks and peer discussions, referential adequacy, review of negative cases, and member checks.
The findings of this study indicate that: (1) The teacher of fiqh in MA AN- NUR Bululawang can already be regarded as a professional teacher, it can be shown to the fulfillment of the requirements to become professionally competent teachers. (2) the efforts made by teachers of fiqh in order to improve the competence profesinalnya is by following the upgrading, follow MGMP, and independent learning. (3) the efforts made by the principal to improve the professional competence of teachers based on religious law is conduct superfisi, providing learning facilities, taking into account the economic problems of teachers, teachers' meetings, supporting new ideas from teachers, and conduct research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan kompetensi professional guru; proses pembelajaran; Increased professional competence of teachers; the learning process | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41483 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |