Afianti, Diantini Ida (2011) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Islam adalah usaha bimbingan jasmani dan rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum- hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji karena tujuan akhir pendidikan Islam adalah mewujudkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pribadi anak didik sehingga mampu menghasilkan alumni yang intelek dan berkualitas. Namun, setiap kali melihat keadaan masyarakat Islam diberbagai tempat dan negeri, banyak didapati masyarakat Islam mengalami berbagai masalah seperti masalah politik,masalah ekonomi, masalah budaya dan masalah pendidikan. Dimasa modern ini pun masih banyak masyarakat Islam yang masih percaya terhadap tahayul, ramalan-ramalan, bahkan berdo'a dan meminta terhadap pohon, seharusnya hal-hal semacam ini dijauhi karena bertentangan dengan nilai-nilai pendidikan Islam khususnya nilai tauhid/aqidah.
Novel Sang Pencerah merupakan salah satu karya sastra anak bangsa yang difilmkan, cerita yang dilatarbelakangi kisah sejarah ini berhasil mencapai 1.1 juta penonton. Novel ini banyak memberi pesan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap pembacanya, novel ini lebih kental dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang sangat bermanfa'at serta dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam apa yang terkandung dalam novel Sang Pencerah? 2) Apa tujuan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pencerah? Sedangkan Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Sang Pencerah serta ingin mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh nilai-nilai pendidikan Islam tersebut.
Dalam prakteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian ini akan berisi kutipan- kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Kutipan-kutipan data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk lampiran tabel yang diperoleh dari pemahaman makna yang terdapat pada setiap kata, kalimat, paragraf, dan teks. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi (Content Analysis). Maka kegiatan yang dilakukanan adalah pemberian makna pada paparan bahasa berupa (1) data berupa paparan bahasa yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam, (2) data berupa paparan bahasa yang mengandung tujuan nilai-nilai pendidikan Islam. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, menganalisis dan mengklasifikasikan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral secara global terbagi menjadi empat macam, yaitu:1) nilai-nilai tauhid/aqidah meliputi a) mengesakan Allah SWT dan b) larangan berbuat syiri', 2) nilai-nilai ibadah('ubudiyah) meliputi a) sholat berjama'ah, b) keinginan menuntut ilmu, c) larangan berbuat taqlid, d) nikah. 3) nilai-nilai akhlak, meliputi a) akhlak kepada orang tua, dan b) akhlak terhadap sesama. 4) nilai-nilai sosial kemasyarakatan meliputi a) shodaqoh, b) menyantuni anak yatim dan c) musyawarah.
Adapun tujuan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Sang Pencerah adalah 1) tujuan nilai tauhid/aqidah adalah menyadarkan manusia bahwa diciptakannya dibumi hanya untuk beribadah dan menyembah Allah, 2) tujuan nilai ibadah nikah adalah untuk membentuk keluarga yang islami, 3) tujuan larangan berbuat taqlid adalah agar umat islam tidak hanya sekedar ikut-ikutan saja tapi juga harus tahu dalilnya, 4) tujuan musyawarah untuk mencari solusi terbaik untuk bersama dan membawa manfa'at, 5) sedangkan tujuan shodaqoh adalah membantu sesama dengan tujuan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, menurut peneliti nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pencerah baik nilai tauhid/aqidah, nilai ibadah/'ubudiyah, nilai akhlak dan nilai sosial kemasyarakatan dapat memberikan kontribusi terhadap pembaca sehingga dapat mewujudkan nilai-nilai pendidikan islam dalam pribadi masyarakat muslim serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Novel Sang Pencerah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:54 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41457 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |