Wibawon, Chusenul (2012) Kompetensi profesionalisme guru bidang studi Aqidah Akhlak dalam program pembelajaran di Madrasah Aliyah Darut Taqwa II Purwosari Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Profesi guru mempunyai peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan hidup pada generasi mendatang. Karena maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh pendidik. Oleh karenanya profesi guru menuntut keprofesionalan khususnya dalam program pembelajaran. Seorang guru yang berkembang secara professional akan mampu mengefektifkan proses belajar mengajar dan mampu menciptakan situasi belajar mengajar yang dinamis di dalam kelas.
Dari latar belakang masalah diatas maka dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang 1) Bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam menyusun program pembelajaran aqidah akhlak. 2) Bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam melaksanakan program pembelajaran aqidah akhlak. 3) Bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam menilai hasil dan proses belajar mengajar aqidah akhlak.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru pendidikan agam islam dalam menyusun program pembelajaran aqidah akhlak. 2) Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam melaksanakan program pembelajaran aqidah akhlak. 3) Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam menilai hasil dan proses pembelajaran aqidah akhlak.
Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini berlangsung secara bertahap, tahap awal mengadakan observasi lapangan, obyek penelitian tahap kedua diadakan penyebaran angket sekaligus pengambilannya serta pengambilan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian dan tahap akhir melakukan interview dengan guru pendidikan agama islam khususnya guru aqidah akhlak. Dari penelitian ini dapat diambil suatu kesimpulan yaitu: 1) Bahwasannya para guru aqidah akhlak di Madrasah aliyah Darut taqwa II telah memiliki profesionalisme yang baik dalam menyusun program pembelajaran aqidah akhlak hasil angket menunjukkan profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam menyusun program pembelajaran aqidah akhlak tergolong dalam kategori baik (B). 2) Dalam melaksanakan program pembelajaran para guru aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Darut Taqwa II juga tergolong tergolong dalam kategori baik sekali (BS). 3) Dalam menilai hasil dan proses pembelajaran para guru di Madrasah Aliyah Darut Taqwa II termasuk dalam kategori baik sekali (BS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Profesionalisme Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak; Program Pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41440 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |