Agustina, Lia Tri (2011) Pengaruh metode Learning Community terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A & VIII C pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Turen-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Belajar adalah suatu bentuk perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentu yang optimal agar dapat mencapai prestasi belajar dengan baik. Untuk itu, metode pembelajaran adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan pendidik. Salah satu metode tersebut adalah metode Learning Community, yaitu berbicara dan berbagai pengalaman dengan orang lain, bekerjasama dengan orang lain untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dibandingkan dengan belajar sendiri. Siswa benar-benar ditempatkan sebagai subjek belajar.
Dalam skripsi ini, metode Learning Community digunakan pada mata pelajaran Fiqh karena pada mata pelajaran ini adalah salah satu unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan metode Learning Community di SMP Negeri 2 Turen-Malang, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswanya, dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode Learning Community pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A & VIII C.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A & VIII C yang berjumlah 60 siswa. Analisis data menggunakan Uji Data Penelitian yakni uji validitas dan reliabilitas, penghitungan statistik, chi kuadrat, dan koefesien kontingensi.
Dari hasil penelitian diperoleh: Penerapan metode Learning Community pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Turen-Malang dilakukan dalam lima tahap, yaitu membentuk kelompok kecil atau besar, mendatangkan ahli ke kelas, bekerja dengan kelas sebaya, bekerja dengan kelas di atasnya, bekerja dengan masyarakat. Prestasi belajar siswa kelas VIII A & VIII C di SMP Negeri 2 Turen-Malang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bidang studi Fiqh mengalami peningkatan setelah diuji prestasi belajarnya. Sebelumnya, prestasi siswa kelas VIII C pada hasil pre test sebelum penerapan metode Learning Community adalah seimbang antara rendah dan sedang dengan kategori rendah intervalnya 60-69 sebesar 36,67%, kategori sedang intervalnya 70-79 sebesar 36,67%. Sedangkan pada kelas VIII A (non Learning Community) pada hasil pre test adalah tinggi dengan interval 69-85 sebesar 50%. Setelah penerapan metode Learning Community, prestasi belajar siswa kelas VIII C melalui hasil post test mengalami peningkatan menjadi tinggi dengan interval 78-
95 sebesar 76,67%, sedangkan pada kelas VIII A (non Learning Community) pada hasil post test adalah sedang dengan interval 67-79 sebesar 53,33%. Dari hasil uji chi kuadrat pada taraf signifikan 1% dan signifikan 5% dengan db=2 maka
diperoleh X21% <X2> X2 5%, yaitu 9,210 < 9,778 > 5,991. Hal ini berarti hipotesis diterima sehingga dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Learning Community pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A & VIII C di SMP Negeri 2 Turen-Malang.
ABSTRACT
Learning is a form of change in a person who stated in the ways of behaving which thanks to new experiences and training. Desired learning objectives necessarily optimal in order to achieve a better learning achievement. To that end, the method of learning is one of the things that need to be educators. One such method is the method of Learning Community, which is spoken and experiences with others, cooperate with others to create better learning than learning itself. Students actually placed as the subject of study.
In this thesis, the methods used in the Learning Community Fiqh subjects because in these subjects is one of the elements of Islamic Religious Education subjects. Therefore, this study discusses how the application of methods of Learning Community in Secondary Schools 2 Turen, Malang, how the learning achievements of Islamic Religious Education students, and whether there is significant influence between the methods Learning Community on the Islamic Education subject to increased student achievement class VIII A & VIII C.
This study is an experimental research using quantitative approaches. Data collection methods is the method of observation, questionnaires, interviews, documentation, and test. The subjects of this study were students in grade VIII A
& VIII C of 60 students. Analysis of test data using the research data validity and reliability, counting statistics, chi square and contingency coefficient.
From the results obtained: Learning Community Application of the method on the subjects of Islamic Religious Education in Secondary Schools 2 Turen, Malang conducted in five stages, namely to form small groups or large, to bring experts into the classroom, working with classroom peers, working with a class on it, working with the community. Class VIII student achievement VIII A & C in Secondary Schools 2 Turen, Malang on the subjects of Islamic Education subject areas tested Fiqh improved following academic achievement. Previously, a class VIII C student achievement at the pre-test before application of the method Learning Community is a balance between low-and medium-low category 60-69 interval of 36.67%, the category was 36.67% for the interval 70-79. While in class VIII A (non-Learning Community) from the result is a high pre-test intervals of 69-85 by 50%. After application of the method Learning Community, a class VIII C student achievement through the post test increased to a high of 76.67% interval 78-95, while in class VIII A (non-Learning Community) to post test results are currently at intervals of 67 -79 amounting to 53.33%. From the results of the chi square test at significant level 1% and 5% with significant db = 2 then obtained X21% <X2hit> X2, ie 9.210 <9.778> 5.991. This means that the hypothesis is accepted and thus there is significant influence between the application of methods Learning Community on the subjects of Islamic Education on student achievement class VIII A & VIII C in Secondary Schools 2 Turen, Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Learning Community; Prestasi Belajar; Method of Learning Community; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:00 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41329 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |