Widyoyoko, Tegar Dhananjaya (2022) Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2018 Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18410236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini di dasari oleh beberapa hambatan-hambatan yang dialami oleh mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir. beberapa kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi yaitu kesulitan dalam menghubungi dosen pembimbing, waktu yang terlalu lama dalam mencari data di lapangan, merasa jenuh dengan tugas yang tak kunjung selesai, sulit mencari daftar rujukan, adanya perbedaan pendapat dengan dosen pembimbing, malas mengerjakan skripsi dan mengatur waktu antara mengerjakan skripsi dan aktivitas yang lain. Kesulitan tersebut dapat menyebabkan mahasiswa mengalami stres dan dibutuhkan self efficacy sebagai dorongan untuk menyelesaikan tugas akhir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh self efficacy terhadap stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan analisis regresi sederhana. Skala yang digunakan adalah skala self efficacy(variabel bebas), dan skala stres akademik(variabel terikat). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan model simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 54 orang mahasiswa psikologi angkatan 2018 yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Dengan uji validitas sebanyak 22 pertanyaan valid, 13 aitem dari skala self efficacy, 9 aitem dari skala stres akademik, dan dengan hasil rabilitas 0,845 untuk skala self efficacy dan 0,869 untuk skala stres akademik.
Tingkat self efficacy pada menelitian ini memiliki 3 kategori yaitu tinggi 33%(18.orang),kategori.sedang.65%,(35,orang)sdan.kategori.rendah.2%.(1.orang). Kemudian tingkat untuk stres akademik ada 3 kategori yaitu tinggi 76% (41
orang), kategori sedang 11% (20 orang) dan katogeri rendah 4%(2 orang). Kemudian hasil penelitian ini juga enunjukkan bahwa self efficacy memiliki pengaruh terhadap stres akademik. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. sebesar ,000
(p<0.05) dengan besaran pengaruh sebanyak 54,2%.
ENGLISH:
This research is based on several obstacles experienced by students who do the final project. some of the difficulties of students in completing the thesis, namely difficulty in contacting the supervisor, taking too long to find data in the
field, feeling bored with unfinished tasks, difficult to find a list of references, differences of opinion with the supervisor, lazy to work on the thesis and managing time between doing the thesis and other activities. These difficulties can cause students to experience stress and self-efficacy is needed as an impetus to complete the final project
This study aims to determine whether there is an effect of self-efficacy on academic stress. This study uses a quantitative method with a simple regression analysis design. The scale used is the self-efficacy scale (the independent variable), and the academic stress scale (the dependent variable). The sampling technique in this study used probability sampling with a simple random sampling model. The sample used in this study was 54 psychology students batch 2018 who were working on a thesis at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. With a validity test of 22 valid questions, 13 items from the self-efficacy scale, 9 items from the academic stress scale, and with the results The reliability is 0.845 for the self-efficacy scale and 0.869 for the academic stress scale.
The level of self-efficacy in this study has 3 categories, namely high 33% (18. people), medium category. 65%, (35 people) and low category. 2% (1. people). Then the level for academic stress there are 3 categories, namely high 76% (41 people), medium category 11% (20 people) and low category 4% (2 people). Then the results of this study also show that self-efficacy has an influence on academic stress. This is evidenced by the value of sig. of ,000 (p<0.05) with the magnitude of the influence of 54.2%.
ARABIC:
ضعب .يئاهنلا عورشملاب نوموقي نيذلا بلا طلا اههجاو تاقوعم ةدع ىلع ثحبلا اذه دمتعي
ةبوعص يهو ، ةلاسرلا لامكتسا يف بلا طلا اههجاوي يتلا تابوعصلا تقو قرغتساو ، فرشملاب لاصتلاا
تانايبلا نع ثحبلا يف ليوط ىلع روثعلا ةبوعصو ، ةلمتكملا ريغ ماهملا نم للملاب روعشلاو ، لاجملا يف
مايقلا نيب تقولا ةرادإو ةحورطلأ ا ىلع لمعلل لوسك ، فرشملا عم يأرلا فلا تخاو ، عجارملا ةمئاق
ىلإ ةجاح كانهو رتوتلل بلا طلا ضرعت يف تابوعصلا هذه ببستت نأ نكمي .ىرخلأ ا ةطشنلأ او ةحورطلأاب
افكلا يئاهنلا عورشملا لامكلإ زفاحك ةيتاذلا ةء
داهجلإ ا ىلع ةيتاذلا ةءافكلاو زاجنلإ ا عفاد نيب ريثأت كانه ناك اذإ ام ديدحت ىلإ ةساردلا هذه فدهت
يميداكلأ ا داهجلإ ا سايقم وه مدختسملا سايقملا .ددعتملا رادحنلا ا ليلحت ةقيرط ثحبلا اذه مدختسي .يميداكلأا
اجنلإ ا زيفحت سايقمو تانيعلا ذخأ ةساردلا هذه يف تانيعلا ذخأ ةينقت تمدختسا .ةيتاذلا ةءافكلا سايقمو ز
ةساردلا هذه يف ةمدختسملا ةنيعلا تناك .طيسبلا يئاوشعلا تانيعلا ذخأ جذومن عم ةيلامتحلاا 54 يف اًبلاط
ةعفد نم سفنلا ملع 2017 ام ميهاربإ كلام انلا وم ةعماج يف ةحورطأ ىلع نولمعي اوناك ةيملا سلإ ا جنلا
ةيملا سلإ ا ةلودلل ةعباتلا.
نم ةساردلا هذه يف ةيتاذلا ةءافكلا ىوتسم فلأتي 3 ةيلاع ةبسن يهو ، تائف 33 ( ٪ 18 ، )ًاصخش
ةطسوتم ةئف 65 ( ، ٪ 35 ةضفخنم ةئفو )ًاصخش 2 ( ٪ 1 كانه يميداكلأ ا داهجلإ ا ىوتسم مث .)صاخشأ . 3
يهو ، تائف 76 ( عفترم ٪ 41 ئفلاو ، )اًصخش ةطسوتملا ة 11 ( ٪ 20 ةضفخنم ةئفو )اًصخش 4 .)ناصخش( ٪
للاخ نم اذه حضتي .يميداكلأا داهجلإا ىلع ريثأت اهل ةيتاذلا ةءافكلا نأ اًضيأ ةساردلا هذه جئاتن رهظت مث
نم .جيس ةميق 000 )p <0.05( ريثأت مجحب 54.2 ٪.
ا لا ط ، يميداكلأ ا طغضلا ، ةيتاذلا ةءافكلا :ةيحاتفملا تاملكل سفنلا ملع ةيلك ب
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muallifah, Muallifah and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | self efficacy; stres akademik; mahasiswa fakultas psikologi; academic stress; psychology faculty students; ا لا ط ، يميداكلأ ا طغضلا ، ةيتاذلا ةءافكلا :ةيحاتفملا تاملكل سفنلا ملع ةيلك ب | |||||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified | |||||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | |||||||||
Depositing User: | tegar dhananjaya | |||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2022 14:25 | |||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2022 14:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41318 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |