Khulailiyah, Ahsanatul (2012) Pembelajaran terjemah Al-Qur’an melalui pendekatan Sistem Qurany terjemah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sistem Qur-any Terjemah merupakan salah satu metode dalam pembelajaran terjemah Al-Qur’an. Dimana langkah dalam pembelajarannya mengacu pada Al Qur’an Surat Al-Mu’minun Ayat 78, yaitu as-sam’a (pendengaran), al-abshâra (penglihatan), al-af-idah (ingatan). Dengan metode tersebut memungkinkan bagi seorang guru untuk mengawasi secara langsung, menilai dan membimbing secara maksimal kemampuan seorang siswa dalam menerjemah kata demi kata, ayat demi ayat, dan surat demi surat.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Sistem Qur-any Terjemah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang?, dan (2) Bagaimana kemampuan hasil belajar siswa dalam menerjemahkan Al-Qur’an di Madarasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang?
Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif yang bersifat naturalistik (sebagaimana adanya) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi.
Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh, maka penulis dapat mengambil kesimpulan, antara lain: (1) Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Qur-any Terjemah di Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang meliputi; (a) Tes awal (pre test) yang dilaksanakan sebelum proses pembelajaran Qur-any Terjemah dimulai diperoleh rata-rata nilai 65 dari 55 siswa, (b) Pengklasifikasian siswa, yang dibagi dalam beberapa kelompok, (c) Proses pembelajaran terjemah Al-Qur’an, yang menggunakan metode pembelajaran Sistem Qur-any Terjemah melalui langkah pembelajaran yang dikenal dengan sebutan “three in one”, yaitu bunyi, baca, dan tirukan sesuai dengan QS. Al-Mu’minun ayat 78, yaitu as-sam’a (pendengaran), al-abshâra (penglihatan), al-af-idah (ingatan), dan (d) Evaluasi pembelajaran, yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai pada pertemuan ke tujuh melalui tes akhir (post test) dengan perolehan nilai rata-rata 90; (2) Kemampuan hasil belajar pada aspek kognitif siswa dalam pembelajaran Sistem Qur-any Terjemah di Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang dinyatakan dalam peningkatan rata-rata nilai yang signifikan, yaitu 65 dari hasil pre test meningkat menjadi 90 pada tes akhir (post test).
ABSTRACT
Qur-any Translation System is one different kind of methods of teaching Al Qur’an translation. Learning steps of this method refers to the Al-Qur’an epistle of Surah Al-Mu’minun verse 78, includes as-sam’a (hearing), al-abshâra (sight), al-af-idah (memory). This method gives possibility for a teacher to supervise the students directly, giving assessment and guiding the students to improve their capability in translating Al-Qur’an in every single word, verse, and epistle.
The statement of the problem in this research are: (1) How to apply the Qur-any Translation System to improve student’s skills in translating Al-Qur’an in Al-Urwatul Wutsqo Junior High School Jombang?, and (2) How is student’s ability in translating Al-Qur’an as the learning outcomes in Al-Urwatul Wutsqo Junior High School Jombang?
This thesis uses a qualitative research applied in Descriptive Qualitative naturalistic approach (as the implementation) and the data collection techniques used is observation, interview, and documentation.
Based on obtained data, the writer gives conclusions that: (1) The Learning of Qur-any Translation System in Al-Urwatul Wutsqo Junior High School Jombang include: (a) Based on early tests (pre-test) were performed before applying the Qur-any Translation System stated 65 average point values of 55 students, (b) Classifying the students into several groups, (c) The learning of Al-Qur’an translation applied in Qur-any Translation System uses learning steps called “three in one”, they are listen, read, and imitate. It is appropriate with Surah Al Mu’minun verse 78 that: as-sam’a (hearing), al-abshâra (sight), al-af-idah (memory), and (d) Learning evaluation, held after completing the course at the seventh meeting through the final test (post-test) with average grade points 90, (2) The students capability on the cognitive aspect of learning outcomes of Qur-any Translation System in Al-Urwatul Wutsqo Junior High School Jombang indicate increasing the significant average value, it is 65 from the pre-test and move up to 90 average point values on the final test (post-test).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Sistem Qur-any Terjemah; Kemampuan hasil belajar; Learning, Qur-any Translation System; Capability of learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2022 10:23 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 10:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41297 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |