Rakhmahwati, Ima (2012) Penerapan pembelajaran Kooperatif Stad (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas X-C MAN Keboan Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110268.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Kooperatif STAD merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang jumlah anggota dari setiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen, yang merupakan campuran tingkat prestasi, jenis kelamin, latar belakang sosial dan suk u. Guru menyampaikan pelajaran, lalu siswa bekerja dalam tim untuk memastikan apakah anggota tim telah menguasai pelajaran. Selanjutnya, semua siswa mengerjakan kuis mengenai materi secara individu, dan mereka tidak diperkenankan saling membantu.
Gagasan utama STAD adalah untuk memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu dalam menguasai materi yang diajarkan oleh guru. Jika siswa ingin timnya mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk mempelajari materi. Siswa harus mendukung satu timnya untuk bisa melakukan yang terbaik, sehingga merasakan bahwa belajar itu penting, berharga dan menyenangkan.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X-C MAN Keboan tahun pelajaran 2011/2012?, Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas X-C MAN Keboan tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran Fiqih?, Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran Fiqih kelas X-C MAN Keboan tahun pelajaran 2011/2012?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif STAD, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa setel ah penerapan pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran Fiqih.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang terjadi pada 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, yaitu tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus 1 dan tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus 2. Adapun untuk menganalisis data menggunakan lembar observasi dan menggunakan rumus mean. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran Kooperatif STAD yang dilakukan oleh peneliti, sedangkan rumus mean digunakan untuk menghitung nilai rata-rata kelas, sehingga peneliti mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar atau tidak.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pebelajaran kooperatif STAD sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih karena semua indikator efektivitas tercapai, yaitu: semua hasil observasi penerapan pembelajaran kooperatif STAD yang dilaksanakan oleh peneliti adalah baik serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari peningkatan nilai rata-rata kelas antara tes 1 yang dilaksanakan pada siklus 1 dam tes 2 yang dilaksanakan pada siklus 2.
ABSTRACT
In the face of the development of increasingly advanced technology, especially in the field, making the students can do things beyond their capabilities. This has been a factor in adolescent moral. With the learning process at school, one of the main objectives to be achieved is to make the nation's students as a useful successor to the community, nation and state. To realize this,then that was one of the main goals is to foster the moral student child to become a knowledgeable and noble character. Which inislamic religious education it can be done by instilling the values of Islam. This is the main task of PAI teachers as mentors, directors and educators of students in tha school.
Thisreasearch focuses on:(1)Strategy conducted Islamic EducationTeachers in instilling Islamic values in their students at the school. (2) The results of the strategy undertaken PAI teachers in instilling Islamic values in students?
This reasearch types is qualitative research. Which method of data collection is done through observation and interviews. To analyze the data, the authors used a qualitative descriptive analysis techniques, which describes the data available to describe reality in accordance with the actual phenomena.
These results indicate that the strategy taken by PAI teachers in instilling the values of aqeedah is to use multimedia learning, the cultivation of religious values through teaching demonstrations,simulations, extracurricular activities and religious culture, the cultivation of moral values through quantum learning, CTL,extracurricular activities and religious culture.
The results of several strategies that done by PAI teachers in instilling Islamic values in students in terms of aqeedah isincreasing students confidence and faith in Allah SWT. In theaspect of worship, to make students master the etiquette of worship and compulsory religious worship in the Islamic Sunnah, memorizing well the lafadz prayers in praying and worship in thereligion of Islam, students accustomed to worship ibadah-Sunnah, understand the application of social activities the value of worship in everyday. The moral aspects, Students have respect for older people, have a sense to teachers, never get involved again in case of collision, feel guilty if they are dating, Having a good social relations among students.
From the results it can be concluded that reasearch of PAI Teacher Strategies To Invest Islamic Values can be done by maximizing the important moments in school. Namely through the process of learning in the classroomand through extracurricular activities. Which this can be done as a way to address student misbehavior.
TULISAN ARAB
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kooperatif STAD; Hasil Belajar; Strategy; PAI teachers; Investment;, Islamic Values; Student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2022 09:01 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2022 09:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41284 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |