Wardanti, Hifizah (2009) Tipologi Filsafat pendidikan Islam dan barat serta implikasinya pada pendidikan Islam: Sebuah analisis perbandingan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04120001.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (661kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkembangkan potensi bawaan baik itu jasmani ataupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. Usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tersebut, serta mewariskannya kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam hidup dan kehidupan yang terjadi dalam proses pendidikan. Karena itu, bagaimanapun peradaban suatu masyarakat, di dalamnya berlangsung dan terjadi suatu proses pendidikan sebagai usaha manusia untuk melestarikan hidupnya. Dengan kata lain, pendidikan dapat diartikan sebagai hasil peradaban bangsa yang dikembangkan atas dasar pandangan hidup bangsa itu sendiri (nilai dan norma masyarakat) yang berfungsi sebagai filsafat pendidikannya atau sebagai cita-cita dan pernyataan tujuan pendidikannya.
Realisasi pemenuhan dasar manusia atau jawaban atas persoalan kehidupan manusia selalu berbeda antara manusia atau masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya. Dalam upaya untuk memajukan kehidupan suatu bangsa dan negara sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, maka di dalamnya terjadi suatu proses pendidikan atau proses belajar yang akan memberikan pengertian, pandangan dan penyesuaian bagi seseorang atau si terdidik ke arah kedewasaan dan kematangan. Hal ini terasa berbeda dengan cita-cita atau tujuan yang diinginkan oleh bangsa-bangsa Barat. Oleh karena itu, manusia memanifestasikan sistem filsafat dengan aliran yang berbeda-beda. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Tipologi Filsafat Pendidikan Islam dan Barat serta Implikasinya pada Pendidikan Islam (Sebuah Analisis Perbadingan).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam tipologi filsafat pendidikan Islam, untuk mengetahui macam-macam tipologi filsafat pendidikan Barat, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara keduanya, serta untuk mengetahui implikasi atau dampak adanya tipologi-tipologi filsafat pendidikan tersebut terhadap pendidikan Islam. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan metode perbandingan tetap (grounded research) yakni secara tetap membandingkan satu bagian dengan bagian yang lain.
Hasil dari penelitian yang dapat penulis sampaikan di sini adalah bahwa antara tipologi filsafat pendidikan Islam dan Barat terdapat perbedaan yang cukup berarti. Tipologi filsafat pendidikan Barat lebih mementingkan pada aspek kognitif saja, sedangkan tipologi filsafat pendidikan Islam mementingkan pada banyak aspek yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang mengakibatkan tipologi filsafat pendidikan Islam memiliki nilai yang lebih bila dibandingkan dengan tipologi filsafat pendidikan Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tipologi filsafat pendidikan Islam; Tipologi filsafat pendidikan barat | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2016 16:50 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 14:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |