Ermawati, Siti (2012) Pendidikan Humanistik dalam mata pelajaran PAI: Analisis terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110219.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah media dalam membina kepribadian dan mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Didalam setiap materi pembelajaran khususnya PAI nilai pendidikan yang memanusiakan atau pendidikan humanis selayaknya ada di dalam sebuah proses pembelajaran. Sejalan dengan berkembangnya kurikulum yang ada di Indonesia yang selalu terjadi perubahan-perubahan, Dengan dikembangkannya kurikulum KTSP yang di dalamnya terdapat SKL, SK dan KD, ini secara langsung berimbas pada kurikulum Pendidikan Agama Islam. Dimana di dalam materi PAI terdapat nilai- nilai pendidikan humanistiknya.
Fokus dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Isi materi PAI pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dalam perspektif humanistik?, Bagaimana kesinambungan materi PAI terhadap pendidikan humanistik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah? Dari fokus masalah tersebut penulis mengambil langkah untuk menganalisisnya atau menelitinya dengan tujuan mengetahui apakah di dalam materi PAI ini terdapat nilai pendidikan humansinya, sehingga dapat dijadikan sebagai kontribusi pembelajaran dan pemikiran di dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sedangkan metode dalam mengumpulkan data adalah mencari data dokumentasi atau yang lainnya dari berbagai sumber yang sejalan dengan penelitian ini. Kemudian metode analisis data yang dipakai oleh penulis adalah content analysis dan interpretasi data.
Di dalam materi PAI yang meliputi SK dan KD, yang dibagi menjadi lima aspek yaitu: aspek Al Qur’an dan Hadits, aspek Akhlak, aspek Aqidah, aspek Fiqh dan aspek Tarikh. Disana terdapat nilai-nilai pendidikan humanis, yakni misal di dalam materi Al Qur’an dan Hadits di Jenjang pendidikan Menengah pada SK dan KD pertama dan selanjutnya yakni dengan materi menjelaskan surat AT-tin serta memahami ajaran Al-Hadits tentang menuntut ilmu, di dalam hadits- hadits yang menganjurkan manusia pentingnya menuntut ilmu.dalam materi Akhlak dan aspek Aqidah semua materi PAI terdapat nilai pendidikan humanis, pada aspek Fiqih dan Tarikh pun demikian, Kesinambungan antara materi-materi PAI mulai dari jenjang pendidikan dasar dan menengah ini dari masing-masing aspek ada beberapa materi yang berkesinambungan atau kontinu ada pula yang tidak berkesinambungan.
Hasil dari pemaparan di atas diharapkan dapat dijadikan acuan untuk menerapkan nilai pendidikan humanis sebagai mana mestinya di dalam materi pembelajaran PAI.
ABSTRACT
Education constitute section no separated from live and of mortal life human, because education on be media of build authoritarial potential and evolving have human. It special education Islamic values human education proper there is process learning in conection with developing curriculum at Indonesian always consist change, With developing curriculum KTSP of a SKL, SK and KD, it impact to curriculum education Islamic. That of lessons education Islamic (PAI) are values human education.
The focus of the problem in this research is, How are the contents lessons Islamic education at ladder elementary school and lower, uuper school of aspect human? And How continuous from lessons Islamic education of aspect human. The authors focus on the problem of talking steps to what at values human education of lessons PAI, so it can be used as a contribution to thinking in education. This study is a descriptive qualitative research library research. While the method of collecting data is to find documentation or other data from various sources that are in line with this research. Then the data analysis methods used by the authors are content analysis and data interpretation.
The lessons PAI with SK and KD, include five be aspect: aspek Al Qur’an Hadits, aspect Akhlak, aspect Aqidah, aspect Fiqih and aspect Tarikh. There is values human education, at example lessons aspect Al Quran and Hadits at uuper secondary school at fist SK and KD furthermore at lessons cast light upon QS. At- Tin and Hadits at about knowledge, suggestion human important is knowledge. At lessons aspect Akhlak and Aqidah such was the case all values human education, aspect Fiqih and Tarikh. Continuous with lessons PAI about to elementary school until lower and upper secondary school at continuos and than uncontinuos.
Contributions can newsworthy bet values human education that in lessons PAI and by unscrupulous academika civitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; Humanistik; PAI; Kurikulum KTSP; Education; Human; Islamic Education; Curriculum KTSP | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 08:30 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 08:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41177 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |