Chotimah, Wildatul (2022) Pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas terhadap agresivitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibahim.
|
Text (Fulltext)
18410168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang ditandai dengan perubahan secara fisik, psikologis, hormon, sosial dan emosional. Konteks sosial menjadi hal yang krusial bagi remaja karena mereka melibatkan relasi, kepribadian dan emosi dalam proses perkembangan sosial emosi seperti emosi yang fluktuatif, keinginan diterima dalam masyarakat mudah tersinggung dan mengikuti teman sebaya baik dalam perilaku positif maupun negatif.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri: 2) mengetahui tingkat konformitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri; 3) mengetahui tingkat agresivitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri; 4) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap agresivitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri; 5) mengetahui pengaruh konformitas terhadap agresivitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri;
6) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas terhadap agresivitas siswa kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sejumlah 25% dari populasi siswa berjenis kelamin laki-laki kelas VIII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri yaitu 54 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa semua variabel dalam penelitian ini pada tingkat sedang, pada kecerdasan emosional siswa kelas VIII berada pada kategori sedang dengan persentase 59,3%, pada konformitas siswa kelas VII berada pada kategori sedang dengan persentase 87%, dan agresivitas siswa kelas VIII berada pada kategori sedang dengan persentase 75,9%. Hasil analisis menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh sebesar 14,6% terhadap agresivitas siswa, sedangkan konformitas berpengaruh sebesar 17,8%terhadap agresivitas siswa. Adapun kecerdasan emosional dan konformitas secara bersamaan memiliki signifikansi (F = 12,236; p < 0,05) sebesar 32,4% (R2 0,324) sehingga hipotesis diterima, bahwa kecerdasan emosional dan konformitas mempengaruhi agresivitas.
ENGLISH:
Adolescence is a period of transition from childhood to adulthood that is marked by physical, psychological, hormonal, social, and emotional changes. Social context is crucial for adolescents because this involve relationships, personality, and emotions in the process of social-emotional development such as fluctuating emotions, the desire to be accepted in society, offended easily, and following peers in both positive and negative behavior.
This study aims to determine dependent and independet levels of MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri class VIII students, such as: level of emotional intelligence, level of conformity, level of aggressiveness, effect of emotional intelligence on the aggressiveness, effect of conformity on the aggressiveness and effect of emotional intelligence and conformity on the aggressiveness.
This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques. 54 of 217 male students of MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri class VIII were taken as researce sample and analyzed by using descriptive test, normality test, linearity test, and multiple linear regression test.
The end result of this study indicates that all variables have moderate level. Students of MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri class VIII have emotional intelligence 53.8%, conformity 87% and aggressiveness 75.9%. As conclution, the results of the analysis showed emotional intelligence has an effect of 14.6% on student aggressiveness, while conformity has an effect of 17.8%. Meanwhile, emotional intelligence and conformity simultaneously showed significance
(F = 12.236; p < 0.05) of 32.4% (R2 0.324) so the hypothesis was accepted, that emotional intelligence and conformity affect aggressiveness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosional; konformitas; agresivitas | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | wildatul chotimah | ||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2022 15:05 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2022 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40424 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |