Dewi, Ika (2022) Hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar dimasa pandemi peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18410040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Adanya Covid-19, peserta didik tentu akan dilatih untuk belajar secara mandiri ketika mengikuti pembelajaran dari jarak jauh atau daring. Peserta
didik yang memiliki motivasi belajar akan mendapatkan dorongan untuk melakukan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dan memberikan
arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang diinginkan oleh peserta didik dapat tercapai. Salah satu cara untuk memunculkan motivasi belajar
pada peserta didik yaitu dengan menumbuhkan efikasi diri. Efikasi diri adalah persepsi yang dimiliki oleh seseorang terkait dengan kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan masalah dalam proses pembelajaran, sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat efikasi diri pada peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin; 2) mengetahui tingkat motivasi
belajar pada peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin; 3) mengetahui hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA Al�Arifin yang berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form pada subyek. Analisis data dilakukan dengan Analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasional.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri pada peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin berada pada kategori sedang,
kemudian untuk tingkat motivasi belajar pada peserta didik kelas XII SMA Al-Arifin berada pada kategori sedang serta menunjukkan adanya hubungan
yang positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Diperoleh nilai dari uji hipotesis asosiatif yang didapatkan sebesar 0,839 p= 0,000, p<0,05. Hal
ini menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri peserta didik maka semakin tinggi motivasi belajarnya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah efikasi diri peserta didik maka semakin rendah pula motivasi belajarnya. Jadi hipotesis dalam penelitian ini diterima.
ENGLISH:
With Covid-19, students will certainly be trained to learn independently when participating in distance or online learning. Students who have learning motivation will get encouragement to carry out learning activities. They ensure continuity and provide direction to learning activities, so that the goals desired by students can be achieved. One way to raise learning motivation in students is by growing self-efficacy. Self-efficacy is a person's perception of his abilities in completing tasks and problems in the learning process, so that the desired goals are achieved.
This research aims to: 1) find out the level of self-efficacy of students in XII Grade of SMA Al-Arifin; 2) find out the level of learning motivation of students in XII Grade of SMA Al-Arifin; 3) find out the relationship between self-efficacy and learning motivation of students in XII Grade of SMA Al-Arifin.
This research used a quantitative approach with the correlation method. The research population was the students in XII Grade of SMA Al�Arifin, amounted 32 students. The sample of this research was all students in XII Grade of SMA Al-Arifin, amounted 32 students. The data collection method in this research used a questionnaire distributed via google form to
the subject. Data analysis was done by descriptive analysis, normality test, linearity test, correlational test.
The result shows that the level of self-efficacy of students in XII Grade of SMA Al-Arifin is in the medium category, then for the level of motivation to learn of students in XII Grade of SMA Al-Arifin is in the medium category and shows a positive relationship between self-efficacy and learning motivation. The value of the associative hypothesis test obtained is 0.839 p = 0.000, p<0.05. It shows that the higher the self-efficacy of students, the higher their learning motivation. On the contrary, the lower the self-efficacy of students, the lower their learning motivation. Thus, the hypothesis in his
research is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | efikasi diri; motivasi belajar; ; انُدبػخ انزارُخ، دافؼُخ انزؼهى. self-efficacy; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Ika Dewi | ||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2022 14:28 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2022 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40407 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |