Shalihah, Evi Rofiqotus (2014) Pengaruh profesionalisme mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs As Syafiiyah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110188.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Banyak tantangan yang harus dihadapi guru dalam meng – implementasikan Pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan ini sangat tergantung pada tingkat profesionalisme guru. Secara umum guru dikatakan profesional apabila seorang guru mempunyai kemampuan mengajar dibuktikan dengan cara mengajar yang baik, ijazah, atau gelar kependidikan, perencanaan dalam pembelajaran dalam hal ini adalah RPP, memiliki standar kompetensi dan pelatihan – pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan sehingga dengan kualifikasi pendidikan guru tersebut akan sangat menentukan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Indikator profesionalisme guru yaitu terdiri dari beberapa kompetensi antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, kompetensi sosial dan kompetensi leadership.
Penelitian ini dlakukan di MTs As Syafiiyah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh profesionalisme mengajar guru sedangkan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Sampel dari penelitian ini adalah 49 siswa. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, individu diambil secara acak dari kelas VII sampai kelas VIII. Diantaranya remaja yang masih bersekolah di MTs As Syafiiyah, berjenis laki – laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui Profesionalisme mengajar guru Akidah Akhlak di MTs As Syafiiyah Kec Pogalan Kab. Trenggalek, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs As Syafiiyah Kec Pogalan Kab. Trenggalek, (3) Mengetahui pengaruh profesionalisme mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah instrument berupa angket yang digunakan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme mengajar guru,dan instrument berupa dokumen yang diperoleh dari nilai UTS siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah editing, tabulating, scoring dan penerapan data sesuai dengan penelitian. Sedangkan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji korelasi, dan uji regresi sederhana.
Hasil analisis validitas dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,000 diperoleh 20 item semuanya valid. Nilai koefisien reabilitas yang diperoleh 0,970 untuk variabel pengaruh profesionalisme mengajar guru dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dengan signifikansi 0,000 maka terdapat pengaruh yang kuat antara profesionalisme mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Untuk perhitungan dengan menggunakan rumus Regresi Sederhana diperoleh bahwa besarnya pengaruh profesionalisme mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak adalah sebesar 52,1% sedangkan sisanya, yaitu 47,9% dipengaruhi faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini Ha diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs As Syafiiyah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.
ABSTRACT
Many challenges must be faced by teachers in the clicking - implement quality education in Indonesia. In the face of these challenges is highly dependent on the level of professionalism of teachers. In general, professional teacher said if a teacher has demonstrated the ability to teach the way of good teaching, diploma, or degree of education, learning planning in this regard is the lesson plans, competency standards and training - training that is tailored to the needs of education so that the educational qualifications of teachers will determine student achievement in teaching and learning activities. Indicators of teacher professionalism that is composed of several competencies include pedagogical, personal competence, professional competence, social competence and leadership competence.
This research was conducted in MTs As Syafiiyah Pogalan Subdistrict Trenggalek. The independent variable in this study is the effect of teaching professionalism of teachers while student achievement as the dependent variable. Samples from this study were 49 students. The sample in this study using random sampling, individuals drawn at random from class VII to class VIII. Among adolescents who are still attending junior As Syafiiyah, type male - male and female . The purpose of this study was to: (1) Knowing the professionalism of teachers to teach morality in Islamic Aqeedah As Syafiiyah Pogalan Subdistrict, (2) determine student achievement in subjects Aqeedah Morals MTs As Syafiiyah Pogalan Subdistrict, (3) determine the effect of teaching professionalism of teachers on student achievement in the subjects of moral theology .
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, the research that is required to use numbers begin collecting data until the appearance of the results and aims to find the relationship between the variables studied. In this research instrument used was a questionnaire instrument is used to determine the effect of teaching professionalism of teachers, and instruments in the form of documents obtained from the value of UTS students on the subjects of moral theology. Analysis of the data used by researchers is the editing, tabulating, scoring and application data according to the research. While the researchers' hypothesis testing using correlation, and simple regression test .
The results of the analysis of the validity of the formula of Pearson Product Moment correlation based on the significant level of 0.000 was obtained 20 items are all valid. Reliability coefficient value of 0.970 obtained for the variable influence of teachers' professionalism calculated Cronbach alpha formula. While the results of hypothesis testing research shows a correlation coefficient of 0.722 with a significance of 0.000 then there is a strong influence between teaching professionalism of teachers on student achievement in the subjects of moral theology. For calculations using simple regression formula was obtained that the influence of teacher professionalism teaching on student achievement in the subjects of moral theology is 52.1 % while the rest, ie 47.9 % influenced by other factors. The conclusion of this study Ha accepted that there is a positive and significant effect between the professionalism of teachers teaching with student achievement in the subjects of moral theology in MTs As Syafiiyah Pogalan Subdistrict Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme Mengajar Guru; Prestasi Belajar Siswa; Teaching and Teacher Professionalism; Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40129 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |