Humaidah, Siti Nur (2014) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110152.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar dikelas, motivasi belajar sangat dibutuhkan bagi siswa karena motivasi adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya segala aktivitas siswa dalam belajar. Untuk itu, setiap guru harus bisa memberikan motivasi kepada anak didiknya agar mereka bisa belajar dengan sungguh-sungguh dan tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Berangkat dari latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu 1. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Pungging. 2. Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pungging, 3. Faktor -faktor yang dapat menimbulkan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: 1. Motivasi belajar siswa PAI di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari absen siswa yang tidak pernah membolos serta dari hasil belajar mereka yang cukup bagus Selain itu dapat dilihat pada saat mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam). Meskipun kegiatan ini tidak wajib bagi siswa, tapi banyak dari mereka yang antusias ikut dalam kegiatan tersebut. 2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain: menyampaikan materi dengan baik dan tepat serta menggunakan metode mengajar yang bervariasi, melakukan pendekatan, memberikan penjelasan mengenai manfaat dan tujuan dari materi yang akan diberikan, memberikan tugas, mengadakan ulangan, memberikan hadiah, memberikan angka, memberikan hukuman, dan menciptakan suasana yang menyenangkan. 3. Faktor yang dapat menimbulkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Pungging ada dua yaitu faktor Intrinsik meliputi adanya kebutuhan dan cita-cita. Sedangkan faktor Ekstrinsik meliputi hadiah, hukuman dan peran orang tua.
ABSTRACT
In the classroom teaching and learning, motivation to learn is necessary for students because motivation is one factor that can influence the success or failure of all students in learning activities. To that end, each teacher must be able to motivate their students so that they can learn in earnest and the purpose of learning can be achieved as expected by the teacher.
Arise from this background, the issues raised by researchers are: 1. How the motivation to study Islamic education students in State Vocational School 1 Pungging. 2. How the efforts of Islamic education teachers in improving learning motivation Islamic education of students in State Vocational School 1 Pungging. 3. Factors that could cause the students in improving learning motivation of Islamic education.
This study used a descriptive - qualitative approach to data collection techniques, namely, interviews, documentation and observation. The research data were collected and analyzed using qualitative descriptive analysis aimed at understanding the phenomenon experienced by research subjects in a holistic manner.
The conclusion from the research is: 1. The motivation to study Islamic education in SMK Mojokerto 1 Pungging pretty good. It can be seen from the absence of students who never absent without permission as well as from the results of their study were quite good. Besides that, it is seen when they take part in extracurricular UKKI (Islamic Chaplaincy Activities Unit). In spite of that activity is not mandatory for students, but many of those who enthusiastically participated in these activities. 2. Efforts Islamic Education teachers (PAI) in increasing student motivation, among others, by way of presenting the material with good and right and using varied methods of teaching, approach, provide an explanation of benefits and purpose of the material to be provided, giving the task, holding replications, giving gifts, giving numbers, provide penalties, and creating a pleasant atmosphere. 3. Factors that may lead to student motivation on the subjects of Islamic religious education in SMK Negeri 1 Pungging there are two Intrinsic factors include the need and aspirations. Even though, the extrinsic factors include gifts, punishment and the role of parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru PAI; Motivasi Belajar PAI; Teacher Attempts PAI; PAI Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39966 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |