Ria, Siti Khoma (2014) Penerapan strategi Everyone Is Teacher Here untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran yang monoton menjadi salah satu problem yang sampai hari ini menjadi tugas bersama oleh insan pendidik. Dimana insan pendidik tersebut harus mampu menginspirasi dan menginovasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, problem yang biasanya muncul adalah pada pendidik. Dimana dalam hal ini, pendidik dianggap kurang mampu dalam melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Inovasi yang dimaksud adalah dalam rangka menemukan solusi terhadap monotonnya pembelajaran, yakni dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran strategi Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas VIII A mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VIII A mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang (3) Mendeskripsikan dampak penerapan pembelajaran strategi Everyone Is Teacher Here dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, interview, dokumen, catatan lapangan dan pengukuran tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa (1) penerapan pembelajaran menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here dalam penelitian ini dapat diterapkan dengan baik dan sesuai harapan pada pelaksanaan pembelajaran. (2) motivasi belajaran dalam penelitian ini terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan dalam perencanaan pembelajaran. (3) dampak penerapan pembelajaran menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here menunjukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Secara kualitatif, terjadi peningkatan motivasi belajaran dari nilai rata-rata kelas dari 59, 07% (Pre Tes) menjadi 67, 14% (Siklus I) dan pada akhirnya menjadi 84, 67% (Siklus II). Sedangkan secara kualitatif terlihat dari siswa yang senang, semangat, termotivasi ketika pembelajaran.
ABSTRACT
Monotonous learning became one problem that must be solved by educator (teachers) in the same time where they should be able to inspire and innovate in the learning process. Other hand, usually the problem that arises was to the educator. In this case, educator was considered with less capable of doing innovation in the learning process. The Innovation was in order to find a solution toward the learning monotony, namely using learning strategies of Everyone Is Teacher Here
The purpose of this study was: (1) Describing the application of learning strategies of Everyone Is Teacher Here on class VIII of Islamic Education subjects in SMPN 1 Tumpang Malang (2) Describing the students learning motivation of class VIII of Islamic Education subjects in SMPN 1 Malang (3) Describing the effects of learning strategies application of Everyone Is Teacher Here in increasing students learning motivation of class VIII in SMPN 1 Tumpang Malang.
This study was a qualitative research with using classroom action research, (Classroom Action Research). The stages of the research were to do planning, implementation, observation and reflection. This activity was a recurring series to achieve the desired results. Data collection techniques that used were: observation, interviews, documentation, field notes and measurements of achievement test.
Based on the results of research conducted by the researcher, it was known that (1) the learning application used Everyone Is Teacher Here strategies can be applied very well in this study and appropriate with expectations on the learning implementation. (2) the learning motivation was planned well and it was in accordance to the learning plan. (3) the effects of learning application used Everyone Is Teacher Here strategies showed the increasing of student motivation of class VIII A on Islamic education subjects in SMPN 1 Tumpang Malang. Qualitatively, there was increased in learning motivation of the average of the class from 59, 07% (pre-test) to 67, 14% (Cycle I) and to 84, 67% in the end of the test (Cycle II). While qualitatively, it was seen from the happy, spirit, motivated students when learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Everyone Is Teacher Here; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Everyone Is Teacher Here Strategie; Learning Motivation; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39896 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |