Yuniasih, Indri (2014) Implementasi metode Hanifida dalam meningkatkan akselerasi menghafal Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas dan keberhasilan pembelajaran selain penguasaan materi sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Bagaimana guru bisa mengkonsep pembelajaran yang menarik dan bisa diterima oleh semua peserta didik dengan segenap potensi-potensi yang dimilikinya, hingga potensi-potensi anak berkembang secara maksimal dan seimbang tanpa pendistorsian. untuk itu peneliti menerapkan metode Hanifida dalam proses pembelajaran menghafalkan Al-Qur’an. Metode ini sebagai solusi untuk mejadikan pembelajaran efektif terutama meningkatkan daya menghafal santri yang merupakan spesifikasi dari penelitian ini.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan metode Hanifida dalam meningkatkan akselerasi menghafal Al- Qur’an di TPQ Nurul Huda Malang. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Hanifida dalam meningkatkan akselerasi hafalan Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Malang. (3) untuk mendeskripsikan apakah penggunaan metode hanifida dapat meningkatkan akselerasi menghafal Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Malang.
Penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Huda Malang. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitan tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang penulis peroleh selama melakukan pengamatan langsung di lapangan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwasanya metode Hanifida yang diterapkan penulis dapat meningkatkan minat dan menambah kecepatan dalam menghafal Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Malang. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan akselerasi menghafal yaitu pada siklus I santri mampu menghafal 10 ayat dalam waktu 30 menit dengan rincian 58.3% yang lulus, kemudian siklus II dan III mampu menghafal 10 ayat dengan rincian yang lulus sebanyak 91.6%, sedangkan pada pretest selama dua pertemuan (60 menit) tidak mampu menghafal surah Al-Zalzalah. Jadi setelah diterapkan metode Hanifida anak mampu menghafal dalam setiap ayat 3 menit.
ABSTRACT
The quality and success of learning in addition to mastery of the material is strongly influenced by the ability and accuracy of teachers in the use of learning methods. How can teachers conceptualize learning interesting and could be accepted by all learners with all its potential, the potential of children to develop optimally and balanced without distortion. The researchers applied the method to Hanifida in the process of learning to memorize the Quran. This method as a solution to make effective learning, especially improving the students memorize a specification of the study.
The purpose of this study was: 1) to describe the planning methods in improving acceleration Hanifida memorize the Qur'an in TPQ Nurul Huda Malang. 2) to describe the implementation of methods to improve acceleration Hanifida recitation of the Qur'an in TPQ Nurul Huda Malang. 3) to describe whether the use of the method can improve acceleration hanifida memorize the Qur'an in TPQ Nurul Huda Malang.
This research was conducted in TPQ Nurul Huda Malang. With the design of action research. Classroom action research was conducted form a repeating cycle in which there are four main stages, namely planning, action, observation and reflection and so on until the repair or improvement is reached. In the course of collecting date, the writer used interview, observation, testing and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques, in the form of qualitative data and quantitative data were obtained during the author direct observation in the field.
The findings of the study indicates that, the authors applied the method Hanifida can increase the interest and increase the speed in memorizing the Quran in TPQ Nurul Huda Malang. The results of the study proved that an increase in acceleration memorize the first cycle students are able to memorize 10 verses in 30 minutes with 58.3% who passed the details, then the cycle II and III are able to memorize 10 verses with the details of the pass as much as 91.6%, while the pretest for two meeting (60 minutes) was not able to memorize surah Al-Zalzalah. So after the applied method Hanifida children are able to memorize every verse 3 minutes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Hanifida; Akselerasi; Menghafal Al-Qur’an; Methods Hanifida; Acceleration; Memorizing the Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39893 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |