Rifai, Moh. Sholihuddin (2014) Pendidik dan peserta didik dalam perspektif Islam: Telaah pemikiran Iman Al-Ghazali dalam kitab Ihya' 'Ulumuddin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidik dan peserta didik merupakan komponen penting dari sebuah kegiatan pendidikan. Pemahaman tentang pendidik dan peserta didik bagi pelakunya, adalah sebuah keharusan. Sehingga tujuan pendidikan yang diinginkan dapat tercapai. Maka dari itu diperlukan suatu pemikiran yang menjelaskan tentang pendidik dan peserta didik dalam memahami konsep tersebut.
Tujuan penelitihan ini adalah: (1) Mengetahui konsep pendidik menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin. (2) Mengetahui konsep peserta didik menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin. (3) Mengetahui keterkaitan antara konsep pendidik dan peserta didik menurut Imam al-Ghazali dengan pendidikan zaman sekarang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitihan kualitatif dengan jenis penelitihan penelitihan pustaka (Library Research). Intrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data dianalisis dengan cara memilih data yang diperlukan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitihan menunjukkan bahwa (1) Pendidik adalah seseorang dewasa yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada pesera didik dengan tujuan mencari ridho Allah SWT. (2) Peserta Didik adalah adalah seseorang yang mencari ilmu baik ilmu akhirat maupun ilmu dunia, dan tidak terbatas pada usia. dan yang terpenting adalah dalam mencari ilmu adalah untuk mencari ridho Allah dan merubah hidup menjadi lebih baik. (3) Relevansi dari konsep tersebut adalah merupakan salah satu solusi untuk membenahi perilaku masyarakat pada zaman sekarang, yang mana pendidikan lebih menekankan pada karakter.
ABSTRACT
Teacher and student are important component in educational process. Understanding of teacher and student for them self is must. So, the goal of education can be received. Further, it need a thoungt that explain ebaout teacher and student for understand the concept.
The goal of this research are: (1) To know the comcept of techer according to Imam al-Ghazali on Ihya’ ‘Ulumuddin. (2) To know the concept of student according to Imam al-Ghazali on Ihya’ ‘Ulumuddin. (3) To Know relavance between the concept of teacher and student according to Imam al-Ghazali with Education in current era.
Reseacher use qualitative reseach to receive the goal above especialy with library reseachr. The key of instrument is reseacher it self and technique of collecting data is documentation method. the data is analized by choose data, explore data, and conclusion.
The result of research are (1) Teacher is an adult person teach knowledge to studet with the goal seeking Bless of Allah. (2) Student is someone is seeking knowledge of world and hereafter, forever and also the important one is seeking knoledge to seeking bless of Allah and chaenge be better. (3) The relevance of the concept is one of solution to repair public attituede in the current era where education more lead to character.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidik dan Peserta didik; Imam al-Ghazali; Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin; Teacher and Student; Imam al-Ghazali; Ihya’ ‘Ulumuddin | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39837 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |