Asyimi, Sihabuddin al (2014) Integrasi sistem pendidikan Pondok Pesantren Salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia yang muncul sejak munculnya masyarakat islam di nusantara pada abad ke-13. Sesuai dengan perkembangan zaman, maka pengembangan sistem pendidikan pondok pesantren tanpa dengan maksud mengabaikan aspek penting lainnya merupakan hal yang perlu diperhatikan.
Sebagai respon terhadap perkembangan zaman, Madrasah Al-Rosyid merupakan salah satu bentuk integrasi pendidikan di Pondok Pesantren Al- Rosyid yang sudah membuka diri terhadap perubahan, karena kebutuhan zaman dan karena semakin berkembangnya pemikiran rasional. Tuntutan ini di antaranya berupa kebutuhan ijazah formal yang secara legal diakui oleh pemerintah. Formalisme ini tidak dimiliki oleh pesantren ketika hanya mengandalkan mata pelajaran kitab-kitab salaf yang notabenenya hanya memuat materi keagamaan saja. Akibatnya lulusan pesantren kesulitan apabila ingin berkiprah atau bekerja pada instansi pemerintah, lembaga pendidikan formal, dan lembaga atau perusahaan swasta serta lembaga lembaga lain yang mensyaratkan adanya ijazah formal.
Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana konsep dasar (dasar pemikiran) Integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal (2) Bagaimana pelaksanaan integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro dan (3) Bagaimana dampak integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan konsep dasar (dasar pemikiran) Integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal (2) Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro (3) Mengetahui dampak integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro adalah : (1) Konsep dasar (dasar pemikiran) Integrasi Integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal adalah adanya perubahan tantangan zaman dan tuntutan pondok pesantren untuk tetap menjadi lembaga pendidikan yang Islami, populis dan berkualitas. (2) Pelaksanaan integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro yaitu : Pertama integrasi terhadap kurikulum yaitu kurikulum dari KEMENAG dan Kurikulum pesantren, kedua integrasi terhadap guru, ketiga integrasi terhadap siswa, keempat integrasi terhadap mata pelajaran, kelima integrasi terhadap kegiatan ekstrakulikuler, dan yang keenam integrasi terhadap pengelolaan sarana prasarana. Kedua dampak integrasi sistem pendidikan pondok pesantren salafi dan pendidikan formal dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA Al- Rosyid Kendal Dander Bojonegoro adalah adalah pembelajaran menjadi efektif dan efesien, karena telah memenuhi ciri-ciri dan indikator efektivitas pembelajaran, Antara lain : (a) Berhasil menghantarkan siswa mencapai tujuan- tujuan instruksional yang telah ditetapkan. (b) Memberikan pengalaman belajar yang atraktif, melibatkan siswa secara aktif sehingga menunjang pencapaian tujuan instruksional. (c) Memiliki sarana-sarana yang menunjang proses belajar mengajar. (d) Ketuntasan belajar, KKM. (e) Dapat meningkatkan stastistik belajar siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. (f) Dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar mengajar.
ABSTRACT
Muslim Boarding School is the oldest Islamic educational institution in Indonesia that has been existing since the emergence of Islamic society in 13th century. As times change, without ignoring other important aspects, the development of educational system of Muslim Boarding School is very significant.
Responding the times change, Madrasah Al-Rosyid is a form of educational integration in Al-Rosyid Muslim Boarding School which needs educational formal certificate admitted by government. On the other hand when Muslim Boarding School only relies on studying Islamic Salaf books, it will be hard for the alumnus in joining government institutions, formal educational institutions, private companies, and any other institutions that need formal certificate.
In line with those backgrounds, this research has three research questions: (1) how is the basic concept of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal; (2) how is the implementation of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal in increasing learning effectiveness in MA Al-Rosyid of Kendal Dander Bojonegoro; and (3) how is the impact of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal in increasing learning effectiveness in MA Al-Rosyid of Kendal Dander Bojonegoro.
The aims of this research include: (1) describing the basic concept of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal; (2) describing the implementation of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal in increasing learning effectiveness in MA Al-Rosyid of Kendal Dander Bojonegoro; and (3) understanding the impact of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal in increasing learning effectiveness in MA Al-Rosyid of Kendal Dander Bojonegoro.
The result of this research shows the form of integration of educational system of Salafi Muslim Boarding School and formal in increasing learning effectiveness in MA Al-Rosyid of Kendal Dander Bojonegoro: (1) the basic concept of the integration is the demand of being Islamic, populis and high- quality Muslim Boarding School; (2) the implementation includes: the first are the integration between curriculum of KEMENAG and Pesantren, teachers integration, students integration, lessons integration, ekstrakulikuler activities integration, and integration of management of infrastructure; the second, the effectiveness of learning, as the impact of the integration, that has characteristics of learning effectiveness: (a) students can achieve instructional aims, (b) the institution gives attractive learning experiences to the students, (c) the institution has mediums to help learning process, (d) the institution has KKM, (e) the significant raising of learning process of students, and (f) the institution can motivate students in learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Integrasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafi dan Pendidikan Formal; Efektivitas Pembelajaran; Integration of educational system of “Salafi” Muslim Boarding School and “Formal”; Learning Effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |