Sholichuddin, Mirza Amir (2022) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan flow experience pemain mobile legends: bang bang di kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15410122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
E-Sport merupakan fenomena yang cukup baru untuk diteliti. Khususnya di Indonesia, keberadaan eSport sendiri masihlah sangat baru. Hal tersebut menyediakan kesempatan bagi peneliti-peneliti untuk mengkaji lebih dalam mengenai fenomena ini. Khususnya dari kacamata keilmuan psikologi, kesempatan untuk mengkaji korelasi atau pengaruh konstruk-konstruk psikologi kepada eSport masih sangatlah luas. Maka dari itu, pada kesempatan ini dengan segala keterbatasan penulis, penulis mencoba untuk meneliti mengenai motivasi berprestasi dan flow experience pada pemain game profesional. Lebih spesifiknya peneliti akan mencoba meneliti mengenai hubungan motivasi berprestasi kepada flow experience pada pemain game professional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara motivasi berprestasi dengan flow experience pada pemain game professional Mobile Legends: Bang Bang.Dengan asumsi bahwa motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan flow experience. Peneliti beranggapan bahwa ketika semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang , maka, semakin mudah ia mencapai flow state. Flow state merupakan kondisi dimana seseorang mencapai pengalaman optimal dan menyenangkan sehingga memberikan dampak yang positif kepada dirinya. Flow state ini dapat terjadi ketika skill yang dimiliki dan tantangan yang dihadapi menemui keseimbangan. Pendekatan motivasi berprestasi dalam ranah eSport memiliki kemungkinan sebagai faktor yang membantu seorang pemain profesional untuk mencapai flow state.
Sumber data dalam penelitian ini adalah pemain game professional Mobile Legends: Bang Bang yang berdomisili di kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, menyebarkan angket pada populasi yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peneliti. Data yang didapatkan selanjutnya diproses menggunakan metode uji rank spearman. Metode uji rank spearman digunakan untuk mengetahui hubungan, keeratan hubungan dan arah hubungan dari dua variabel yang diuji.
Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas subjek dari sampel yang ada dalam penelitian ini memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Hasil menunjukkan persentase sebesar 66,7% atau sebanyak 14 orang. Selain itu hasil analisis juga menunjukkan bahwa mayoritas subjek dari sampel yang ada dalam penelitian ini mengalami flow experience. Hasil menunjukkan persentase sebesar 61,9% atau sebanyak 13 orang. Sedangkan hubungan antara motivasi berprestasi dan flow experience pada pemain game profesional menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,011 dan nilai koefisien korelasi adalah 0,543. Hal Tersebut menunjukan adanya hubungan antara motivasi berprestasi dan flow experience, hubungan tersebut kuat dan memiliki arah positif.
ENGLISH:
The goal of this study is to find the correlation between achievement motivation and flow experience in Mobile Legends: Bang Bang professional game player.
Researchers conducted this study with the assumption that these two variables have correlation. On the other hand there is also the assumption that the higher the achievement motivation that someone has the easier it is for the person to come into flow. Flow state is a condition where someone feels the optimal experience and enjoyment when doing things, this could occur on high skill and challenge demand setting, when challenge-skill balance is met there is most likely flow experience happening. In this study the achievement motivation approach in eSport setting is expected to be one of the factors that could help someone to achieve flow state.
The source of data of this study is professional game players of Mobile Legends: Bang Bang game in Malang city. The technique used for data collecting in this study is purposive sampling, meaning, the data collection conducted with giving quotionaire to the population with characteristics that the researcher needs. The collected datas then processed with the Spearman rank correlation method. Spearman rank correlation method is used to find the correlation, the strength of the correlation, and the direction of the correlation.
The result displays that the majority of subjects of the samples that the researcher got has high achievement in categorization. With the percentage of 66,7% on 14 frequencies. On the other hand the result shows that the majority of samples that the researcher got has high intencity of flow experience in categorization. With the percentage of 61.9% on 13 frequencies. Also the result shows that there is correlation between achievement motivation and flow experience. The correlation between the two is significant at 0,011. The strength of the correlation falls on strong categorization with coefisien correlation score at o,543. The score of coefisien correlation is showing positive score, meaning that the correlation between the two is positive, meaning, the two variables could affect each other.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Agung, Yusuf Ratu | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | flow experience; motivasi berprestasi; eSport | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Mirza Amir Sholichuddin | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:33 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39617 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |