Santoso, M. Alfan (2016) Teaching and learning strategies in Tarbiyah International Class Program to develop academic skill of Islamic education students. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110179.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran di kelas internasional yang memiliki tingkat kesulitan lebih dari pada kelas regular, kelas internasional menggunakan bahasa inggris dan arab dalam proses pembelajaran baik dalam pembuatan makalah, presentasi, diskusi dan ujian akhir, apalagi pada jurusan agama islam yang didominasi oleh literatur berbahasa arab. tidak bisa dipungkiri, bahwa keadaan seperti ini pasti berdampak pada strategi pembelajaran yang dipakai oleh dosen dalam memahamkan materi dan mengembangkan kemampuan mahasiswa. strategi yang digunakan harus berorientasi pada mahasiswa (student centered) yang menjadikan mahasiswa aktif dalam pembelajran yang menekankan mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan bersosial dan kemampuan berkomunikasi sebagai proses pengembangan potensi diri.
berdasarkan latar belakang diatas, Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen dalam mengembangkan kemampuan sosial dan berkomunikasi di program kelas internasional tarbiyah pada mahasiswa pendidikan agama islam, (2) untuk m engeksplor strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen mengembangkan kemampuan sosial dan berkomunikasi di Program Kelas Internasional Tarbiyah pada mahasiswa pendidikan agama islam, (3) untuk menganalisis dampak strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen di program kelas internasional tarbiyah dalam mengembangkan kemampuan sosial dan berkomunikasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi di 3 kelas, wawancara terhadap 3 dosen dan 3 mahasiswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode triangulation dengan langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen lebih sering menggunakan tiga strategi pembelajran dalam mengajar di program kelas internasional fakultas tarbiyah yakni pembelajaran menemukan (discovery learning), pembelajaran dengan bermain mencocokan kartu (Index Card Matching) dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion), proses pembelajaran untuk pengembangan kemampuan sosial dan komunikasi teratur dalam indikator-indikator setiap kemampuan akademik, indikator tersebut tidak hanya didukung oleh teori namun juga konsep islam yang ada dalam al-Qur’an dan al-Hadits. untuk indikator sosial yakni sikap membantu (Taawun), tanggun jawab (takaful), saling mengerti (tafahum), dan memberi kepercayaan (itsar). sedangkan indikator pada kemampuan komunikasi adalah jelas (Syadida), lembut (masyuro), lancar (Baligho), dan mulia/bagus (Kariim), dampak learning strategy terhadap mahasiswa diukur dari indikator tersebut. Discovery learning memberi pengaruh positif pada mahasiswa berupa menjadi terbuka untuk membantu dan mengerti kepada sesama serta bisa mengatur pola berbicara yang baik dan benar, Index Card Matching memberi dampak kepada mahasiswa memiliki sikap yang selalu mementingkan kepentingan orang lain serta memiliki ilmu dalam berkomunikasi baik berkolompok maupun individu, dan Focus Group Discussion memberikan dampak pada mahasiswa berupa mahasiswa jelas dalam presentasi, jujur dalam berargumen, lancer dalam berbicara serta tanggung jawab terhadap keterangan dan mengerti terhadap keperluan orang lain.
ENGLISH:
This research background for the learning process in the international class who have difficulties than the regular class, international class using English and Arabic in the learning process in both the manufacture of papers, presentations, discussions and a final exam, especially in the department of islamic education is dominated by Arabic language literature. Cannot be denied, that things like this must have an impact on teaching and learning strategies used by lecturers to hang the material and develop the capabilities of students. the strategy used should be oriented towards students (student centered), which makes the students active in learning which emphasizes that students can develop the skills and abilities to communicate and social as the process of potential developing.
Based on the background, formulations of problem in this study are (1) what are learning strategies used by lecturers in tarbiyah international class program, (2) how do the learning strategies used by lecturers develop social skills and communication skill in the Tarbiyah International class program on Islamic education students, (3) what are the impacts of learning strategies that used by lecturers in tarbiyah international class program in developing social skills and communication students of Islamic Education. The approach used is a qualitative approach, data collection techniques used were observation, interviews of people who are considered (3 lectures and 3 students), and documentation. Data were analyzed using triangulation method with steps including data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.
The results showed that; The faculty often use three learning strategies in tarbiyah international class program these are discovery learning, Index Card Matching and Focus Group Discussion, the learning process for development social and communication skills regularly in indicators each academic ability, the indicators also integrated by the Islamic concept in Qur'an and Hadith. for social indicators that attitude helps (Taawun), sense of responsibility (takaful), mutual understanding (tafahum), and gives credence (itsar).While, indicators on communication skills are clarity (Syadida), softly (masyuro), fluently (Baligho), and noble / good (Kareem). Discovery learning impact on students be open to help and understand the others and can be set up patterns talk is good and right, Index Card Matching an impact on the students to have an attitude that always altruistic and have knowledge in communicating both committee and individuals, and Focus Group Discussion impact on students in the form of student apparent in the presentation, honest in arguing, fluent in speaking and responsibility towards the information and understand the needs of others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kemampuan Berkomunikasi dan Bersosialisi; Learning Strategies; Communication Skills and Social Skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 11:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |