Samaedam, Syamseeyah (2016) Hubungan harga diri dan konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa Kelas III Sekolah Ma’had Al-Muhammadiah Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410214.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seorang siswa yang berada pada masa sekolah mempunyai berbagai tuntutan baik yang sifatnya akademik maupun non-akademik. Salah satu tuntutan akademik yang harus dipenuhi oleh para siswa ialah menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Akan tetapi tidak semua siswa dapat melakukan hal tersebut. Mereka tidak maksimal dalam proses pembelajaran, tidak siap materi yang akan dipelajari dan sifat terlambat dalam mengumpulkan tugas yang dikarenakan para siswa memiliki prokrastinasi dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk : pertama mengetahui tingkat harga diri siswa Kedua mengetahui tingkat konsep diri siswa. Ketiga mengetahui tingkat prokrastinasi akademik siswa. Keempat mengetahui hubungan antara harga diri dan konsep diri dengan prokrastinasi akademik siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan skala psikologis. Subjek penelitian ini berjumlah 70 siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode uji regresi berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa: pertama tingkat harga diri siswa kelas III SMA sekolah ma’had al-Muhammadiah Thailand Selatan berada pada tingkat sedang (57,1%). Kedua tingkat konsep diri siswa siswa kelas III SMA sekolah ma’had al-Muhammadiah Thailand Selatan berada pada tingkat sedang (67,1%). Ketiga tingkat prokrastinasi akademik siswa siswa kelas III SMA sekolah ma’had al-Muhammadiah Thailand Selatan berada pada tingkat sedang (74,3%). Hasil uji hipotesis didapati bahwa terdapat hubungan negatif antara harga diri dan konsep diri terdapat prokrastinasi akademik dengan taraf signifikansi 0.000. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi harga diri dan konsep diri siswa maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa, begitu pula sebaliknya.
ENGLISH:
Students have to fulfill academic and non-academic demands in school. One of the demands is completing academic task. However, not all of the students are able to complete their tasks. It is due to some condition such as they may not succeed in their learning process, they do not read the material before the class, and they are late in submitting their task due to their procrastination tendency.
This study aims to determine the level of senior high school third grade students’ self-esteem, self-concept and academic procrastination. In addition, it also aims to find out whether there is a relationship between their self-esteem and self-concept and academic procrastination level.
This study is a quantitative research. The data is obtained by interview and psychological scale. The study involves 70 students as its research subject. It employs multiple regression test and SPSS software.
The research shows three results. First, the third grade students in Ma’had al-Muhammadiah senior high school, Southern Thailand have a medium level of self-esteem (57.1%). Second, they also have a medium level of self-concept (67.1%) Third, the students also have a medium level of procrastination (74.3%). Hypothesis test shows a negative relation between self-esteem and self-concept and academic procrastination with 0.000 significance level. It means that the higher self-esteem and self-concept the lower the academic procrastination, and vice versa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Harga diri; Konsep Diri; Prokrastinasi Akademik; Self-Esteem; Self-Concept; Academic Procrastination | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 11:08 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2016 11:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |