Wijayanti, Lusi Kurnia (2016) Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang sudah tidak ada keraguan di dalamnya (Al-Qur’an). Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membacanya. Maka dari itu, perlu dilakukan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi umat Islam tanpa memandang usia, agar umat Islam mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah atau aturan yang benar.
Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Al-Qur’an di Indonesia sudah berkembang dan sangatlah beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah Metode Ummi.
MetodeUmmimerupakanmetode yang mengenalkancaramembaca Al-Qur’an dengantartil.Dalam pembelajarannya metode Ummi menggunakan sebuah pendekatan. Pendekatan itu adalah pendekatan bahasa Ibu yang pada hakekatnya pendekatan bahasa Ibu itu ada 3 unsur: Direct Methode (Metode langsung), Repeatation (diulang-ulang) dan Kasih Sayang Tulus.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi pada orang dewasa di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran Al-Qur’anmenggunakan Metode Ummi pada orang dewasa di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun (3) Mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa selama menggunakan menggunakan Metode Ummi di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa menggunakan metode Ummi ada tiga, pertama membuat silabus pembelajaran metode ummi, yang kedua membuat jadwal pembelajaran dan yang ketiga melakukan prosedur penerimaan siswa baru. Proses pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa menggunakan metode Ummi dilakukan melalui 7 tahapan pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dewasa selama menggunakan Metode Ummi mengalami peningkatan yang baik.
ABSTRACT
The Qur'an is the guidelines and instructions of life for Muslims , which is no doubt in it ( Al -Qur'an ) . Since the importance of the Qur'an as the guidelines and instructions of life for Muslims , so Muslims should be able to read the Qur'an correctly in accordance with the rules, the rules to read it. So that, there should be a learning program for reading the Qur'an for Muslims regardless of age , so that Muslims will be able to read the Qur'an in accordance with the rules or correct rules.
In the process of learning to read the Qur'an, it requires a method because it has a very important role in achieving the learning objectives . Learning to read the Qur'an in Indonesia has been growing and extremely diverse. One such method is a Ummi method.
Ummi method is a method that introduces how to read the Qur'an by tartil . Ummi, in the learning method, uses an approach that is essentially Mother language. The approach consists of 3 elements : Direct Method, Repeatation ( repeated ) and Sincere Love.
While, the objectives of this research are to : ( 1) Describe the Qur'an learning plan using Ummi method for adult in Institute Majlis Qur'an ( MQ ) Madiun ( 2 ) Describe the process of Qur'an learning for adults using Ummi method Qur'an Majlis Institute ( MQ ) Madiun ( 3 ) Find the results of Qur'an learning for adults using Ummi method Qur'an Majlis Institute ( MQ ) Madiun.
To achieve the objectives, researcher used a qualitative research with a qualitative descriptive approach. While, the data is collected through observation , interviews and documentation.
The results showed that there are three Qur'an learning plans for adults using Ummi method. The first, make learning silabusabout the using of Ummi method. Secondly, make study schedule the using of Ummi method. Third, making procedure for new students admission. The process of learning the Quran for adults using Ummi method is done through 7 stages of learning . The result shows that the ability to read the Qur'an for adult students using Ummimethod experienced good improvement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Al-Qur’an; Pembelajaran Al-Qur’an; Metode Ummi; The Qur'an; Qur'an learning; Ummi Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Kumala Inayati | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2016 15:58 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 15:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |