Qotrunnada, Silvia (2016) Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi terhadap siswa Kelas VII SMP Plus Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12410182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dukungan sosial merupakan dorongan penyemangat dari orang-orang terdekat pada individu tersebut. Yang meliputi social embeddedness, enacted support, perceived support,dan provided support. Sedangkan motivasi berprestasi adalah suatu dorongan yang dimiliki individu untuk mencapai tujuan dan apa yang diinginkannnya. Yang meliputi tanggung jawab, kreatif, nilai dan tanggung jawab. Ada beberapa faktor penyebab meningkatnya motivasi berprestasi antara lain keinginan untuk mendapat pengakuan, kebutuhan untuk mendapatkan penghargaan, kebutuhan untuk sukses, kebutuhan untuk dihormati, kebutuhan untuk bersaing, kebutuhan untuk bekerja keras dan lebih unggul.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan bentuk penelitian korelasi. Pengambilan sampel menggunakan 100 orang siswa kelas VII regular SMP Plus Darussalam banyuwangi yang bertempat tinggal di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam banyuwangi. Instrumen penelitian menggunakan dukungan sosial yang berjumlah 19 dengan reliabilitas α = 0,852, skala motivasi berprestasi yang berjumlah 18 aitem dengan reliabilitas α = 0,844.
Kategorisasi pada variabel dukungan sosial dengan kategori tinggi presentasinya adalah 86% dan kategori sedang sisanya sebesar 14%. Kemudian variabel motivasi berprestasi dengan kategorisasi tinggi sebesar 94% dan 6% sisanya berada pada kategorisasi sedang. Keduanya memiliki korelasi sebesar R = 0,981 yang berarti hipotesis diterimadan hasil kolerasi keduanya signifikan. Yang artinya terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi.
ENGLISH:
Social support is a support of encouragement from the people closest to the individual. It is include of social embeddedness, enacted support, perceived support, and provided support. The achievement motivation is an urge of the individual to achieve goals and what wanted. Which includes responsibility, creative, value and responsibility. There are several factors causing increased achievement motivation, those are, the desire for recognition, the need for a reward, the need to succeed, needs to be respected, the need to compete, the need to work hard and excel.
This study aimed to look at the relationship of social support with achievement motivation. It used quantitative research methods and forms of correlation study. Sampling used 100 students of class VII SMP Plus Darussalam Banyuwangi regular residing in Islamic Boarding School of Darussalam Banyuwangi. The research instrument used social support totaling 19 with reliability α = 0.852, achievement motivation scale, amounting to 18 items with reliability α = 0.844.
Categorization on social support variables with high category presentation was 86% and the medium category of the rest was 14%. Then achievement motivation with high categorization of 94% and 6% were located in the medium categorization. Both have a correlation of R = 0.981, which meant hypothesis in this study received and the results were both significant correlation. It meant that there was a positive relationship between social support and achievement motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Sosial; Motivasi Berprestasi; Social Support; Achievement Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2016 16:16 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 16:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3743 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |