Masyita, Alfin R (2016) Pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online pada pemain Dota 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Saat ini internet menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan dengan banyak tujan penggunan, salah satunya bermain game. Aktivitas game online sebanyak 10,1 %. Kecanduan game online menjadi aktivitas yang paling adiktif di internet. Kecanduan game online adalah perilaku yang bersifat kronis dan kompusif atau penggunaan secara berlebihan pada video game atau game komputer yang mengakibatkan masalah sosial dan-atau emosional. Adanya masalah-masalah tersebut tentu saja akan mengakibatkan terhambatnya beberapa aspek kehidupan yang lebih penting, sehingga diperlukan adanya kontrol diri pada pemain game online. Salah satu game online terpopuler saat ini adalah “Dota 2”, sebuah permain gratis dan populer dengan pemain saat ini mencapai 12.795.653 pemain dari seluruh dunia. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimana tingkat kontrol diri pemain Dota 2 Malang?, 2). Bagaimana tingkat kecanduan game online pada pemain Dota 2 Malang?, dan 3). Apakah ada pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online pada pemain Dota 2 Malang.
Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui tingkat kontrol diri pemain Dota 2 Malang. 2). Untuk mengetahui tingkat kecanduan game online pada pemain Dota 2 Malang. 3). Untuk membuktikan adanya pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online pada pemain Dota 2 Malang.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitaif non-eksperimen bentuk regresi. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui, sehingga pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling diperoleh 100 subjek pemain Dota 2 yang berada di Malang. Alat ukur yang digunakan adalah self-control dan game addiction scale.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri pemain Dota 2 Malang adalah berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 69%. Tingkat kecanduan game online juga pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 70%. Hasil analisis regresi sederhana antara kontrol diri dengan kecanduan game online yang ditunjukkan dari hasil koefisien determinasi (R2) sebesar (0,194) dengan sig (P) = 0,000 (P < 0,01), yang berarti bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online sebesar 19,4 % pada pemain Dota 2 Malang. Hal ini dapat dimaknai jika kontrol diri tinggi, maka kecanduan game online rendah.
ENGLISH :
Recently, internet becomest the prior aspect amids livelihood with many purposes, one of its purposes is gaming. The activity of gaming reached 10.1%. Addiction on online game becomes the most addictive in the internet. Addiction on game online is a chronic behavior and compulsive or the excessive use of video game or computer game that causes social problems or emotion. These problems are surely triggered some disturbance of livelihood aspects, therefore it is necessary to control the self of online game player. One of the most distinguished online game in today’s use is “Dota 2”, this popular and free game reached 12.795.653 player in the world. Therefore, research problems of this research are; 1). How high is the self-control of Dota 2 Malang gamers?, 2). How high is the addict of game online Dota 2 Malang gamers owned?, 3). Is there any influence between self-control towards online game addict for Dota 2 Malang?.
The objective of this research is; 1). To acknowledge the rate of self-control in Dota 2 Malang gamers. 2). To acknowledge the rate of game online addiction in Dota 2 Malang gamers. 3). To prove that there is self-control towards online game for Dota 2 Malang games.
This research is the kind of non-experimental quantitative research in the form of regression. The findings are analyzed by using simple regression statistics. Total population of this research is unknown, thus the sampling technique is accidental sampling gotten from 100 subjects of Dota 2 Malang gamers. Measurements of this study is self-control and game addiction scale.
The result of this study shows that the ratio of self-control for Dota 2 Malang gamers is in the medium category ranged in percent of 69%. The rate of online game addict is also in medium category ranged from 70%. The result of simple regression analysis between self-control and game online addiction which is shown from determination coefficient (R2) ranged from (0,194) with sig (P)= 0,000 (P < 0,01), which means that there are influences of self-control towards game online addiction ranged from 19,4 % for Dota 2 Malang gamers. This could be interpreted if the self-control is higher than the rate of online game.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholichatun, Yulia | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kontrol diri; Kecanduan game online; Self control; Addiction on game online | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2016 16:30 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 16:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3708 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |