Susiloningsih, Ika (2016) Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mengelola dan mengembangkan madrasah untuk menjadi lebih maju dan berkembang adalah tanggungjawab seluruh warga madrasah terutama kepala madrasah sebagai puncak pimpinan. Semakin berkualitas kepemimpinan kepala madrasah maka akan mempengaruhi kualitas guru dan ahirnya menentukan kualitas madrasah.
Tugas kepala madrasah sebagai supervisor yang dimaksudkan adalah melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap guru yang memegang peran utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik terutama yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Berangkat dari latar belakang itulah penulis mendeskripsikan dalam skripsi dan mengambil judul “Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang”.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan objek supervisi, teknik supervisi, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif, metode yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data, sehingga dalam hal ini peneliti menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah (1) Objek supervisi kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang mencakup tentang pembinaan dan pengembangan kurikulum, perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran serta pengembangan sumber daya guru dan staf sekolah. (2) Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik kolaborasi, yaitu gabungan dari teknik individual dan kelompok. Dari teknik individual kunjungan kelas yang dilanjutkan dengan teknik percakapan pribadi kemudian digabungkan dengan teknik kelompok yang berupa rapat guru dan teknik supervisi sebaya. (3) Faktor pendukung terlaksananya supervisi adalah terjalinnya silaturrahmi yang baik, komunikasi yang baik ketika didalam madrasah maupun diluar madrasah, kesipan mental guru, tertibnya kondisidi dalam kelas ketika sedang berlangsung proses pembelajaran. Faktor penghambat terlaksananya supervisi adalah adanya perbedaan pendapat antara guru, adanya rasa sungkan, tempat mengajar guru yang berpindah-pindah dan adanya masalah pribadi pada guru tersebut.
INGGRIS:
Managing and developing of the madrasah to be more advanced and developed is the responsibility for citizens, especially is the more for the headmaster as top leadership. The more qualified headmaster's leadership will affect the quality of teachers and ultimately determine the quality of madrasah.
Headmaster’s task as supervisor is meant to provide guidance and development toward teachers who play a major role in determining the success of learners, especially with regard to the learning process. Departing from the background which the author describes in the essay and took the title “Supervision of Headmaster Enhancing Pedagogical Competence of Islamic Education Teacher in Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang”
The purpose of this research was to describe the object of supervision, engine supervision, supporting and inhibiting factors of the implementation of headmaster in enhacing pedagogical competence of Islamic education teachers in Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang.
The approach in this research is qualitative and descriptive. Mainawhile the type of research used is qualitative research. Methods used are observation, documentation and interview. Furthermore data analysis used was data reduction, data presentation and verification or inference of data, therefore the researchers describe as a whole about the actual situation.
In conclusion, the results of the study were (1) The object of supervision headmaster at Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang include coaching and curriculum development, improvement and enhancement of the learning process and resource development of teachers and school staff. (2) Technical supervision techniques used are collaboration, which is a combination of individual and group techniques. Classroom visits from individual techniques, followed by a private conversation techniques and then combined with the engineering groups form teacher meetings and peer supervision techniques. (3) Factors supporting the implementation of the supervision is the establishment good friendship, good communication when inside and outside the madrasah, the readiness teacher’s mental, orderliness in the classroom when the learning process. Factors inhibiting the implementation of supervision are disagreements between teachers, their cheekily, where the teacher teach in nomadic and personal problems on the teacher’s different opinions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah; Kompetensi Pedagogik Guru PAI; Supervision of Headmaster; Pedagogic Competence of Islamic Education Teacher; الإشراف رئيس المدرسة، كفاءة التربوية معلم التربية الإسلامية | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 16:40 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2016 16:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |