Fitrianingsih, Rizka (2016) Pemanfaatan sumber belajar pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa MAN Wlingi Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sumber belajar merupakan semua sumber baik yang berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Pembelajaran di sekolah menuntut seorang guru untuk memperoleh hasil yang optimal, tidak hanya mengandalkan apa yang ada di dalam kelas, tetapi harus mampu menelurusi berbagai sumber pembelajaran yang diperlukan. Dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa, guru memanfaatakan semua sumber belajar yang ada di madrasah.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang ingin dibahas yaitu bagaimana pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Wlingi Blitar serta apa faktor penghambat dan faktor pendukung pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Wlingi Blitar
Penelitian terhadap pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa ini dimaksudkan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Wlingi Blitar. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Wlingi Blitar. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian kualitatif secara umum dimulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam sudah maksimal dengan menggunakan berbagai sumber belajar secara bergantian. Namun dalam pelaksaan pemanfaatan sumber belajar Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa faktor penghambat yaitu minat siswa kurang dalam memanfaatkan sumber belajar, alat yang belum banyak tersedia. Sedangkan faktor pendukungnya ialah adanya kerjasama dengan keluarga, media yang mendukung proses pembelajan.
INGGRIS:
Learning resources are all good sources in the form of data, people and a certain form that can be used by students in learning, either separately or as a combined so it is easier for students to achieve learning goals. Learning in school requires a teacher to obtain optimal achievement, not just rely on what's in the classroom, but should be able to browse through a variety of learning resources. In an effort to improve student learning, teacher utilizes all the learning resources that exists in the School
Based on the above, the problems were the use of learning resources of Islamic education in improving student learning outcomes in MAN Wlingi Blitar and what inhibiting factors and supporting factors use of learning resources of Islamic education in improving student learning outcomes in MAN Wlingi Blitar
Research on the use of learning resources of Islamic education in improving student learning outcomes was intended to: (1) describe the use of learning resources of Islamic education in improving student learning outcomes in MAN Wlingi Blitar. (2) Describe the inhibiting factors and supporting factors use of learning resources of Islamic education in improving student learning outcomes in MAN Wlingi Blitar. With these objectives, this research included qualitative research. Data collection techniques used interviews, observation and documentation. Phase of data analysis in qualitative research in general was begun from data collection, data reduction, data presentation, and conclusion or verification
Based on the results showed that the use of learning resources has a maximum of Islamic education by using a variety of learning resources but the use of learning resources in the implementation of Islamic education, there were several inhibiting factors that students were lack interest in using learning resources, tools were not widely available . The supporting factor was the cooperation with the family, the supporting media of the learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sumber Belajar; Hasil Belajar; Learning Sources; Learning Achievements; المصدر التعليم ، أنجاز التعليم | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:01 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3453 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |