Ulfatin, Novi (2015) Pengaruh pemanfaatan media sosial Facebook dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sindue Donggala. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13770044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan teknologi yang sangat pesat, di satu sisi memberi kemudahan bagi manusia, di sisi lain membawa dampak negativ bagi perkembangan anak didik apabila tidak disikapi dengan bijaksana. Facebook adalah salah satu teknologi web yang saat ini telah menjadi kegemaran dan gaya hidup serta memberi pengaruh luar biasa bagi anak-anak pada usia sekolah. Perlu kearifan kita dalam menyikapi masalah ini, karena tidak mungkin membendung teknologi ini terlepas dari pro kontra dan dampak negativ yang ditimbulkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana kita bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai media pembelajaran dan bagaimana pola implementasi pemanfaatan media sosial Facebook sebagai media pembelajaran PAI, untuk mengetahui menjelaskan dan menganalisis bagaimana pengaruh pemanfaatan media sosial Facebook terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Donggala.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretes dan posttes, terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan standar kompetensi Mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram. Sedangkan instrumen non tes berupa kuisioner (angket) sebanyak 29 pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Peningkatan motivasi belajar siswa pada penelitian ini didapat dari kuisioner melalui tabel kategori kecenderungan masing-masing variabel dan rerata skor. Peningkatan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan data gain yang kemudian dilakukan uji statistik melalui uji perbedaan dimana sebelumnya telah dilakukan perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Facebook dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan desain pemanfaatan fitur group dan diimplementasikan dengan cara membuat group Facebook khusus untuk kelas eksperimen, menambahkan siswa ke dalam group, menambahkan materi pembelajaran, membuka forum diskusi antar siswa dan guru, memberikan tugas dan pengumuman kepada siswa melalui group. Setelah diterapkan pemanfaatan media sosial Faebook sebagai media pembelajaran, terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII-A dibandingkan dengan sebelum pemanfaatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired t-tes yang menghasilkan data sig. 0,00<0,05, maka sesuai kriteria uji, H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis rata-rata skor menunjukkan tingkat interval 54,227≤61,18 yang berarti bahwa motivasi siswa terhadap pembelajaran PAI dengan memanfaatkan media sosial Facebook memiliki tingkat kecenderungan yang tinggi.
ENGLISH:
The rapid development of technology gives simplicity for human being. On the other side, it gives negative effect to the students’development if it is not wisely responded. Facebook is one of web technologies which recently does not only become favorite and life style but also give massive effect for students. This issue needs special attention because it is impossible to stop the technology regardless the pros and cons as well as the negative effects it may cause.
This research aims to describe and analyze the using of social media as a learning medi a and the implementation pattern of Facebook as Islamic Educationlearning media. It also aims to know, explain and analyze the effect of Facebook onthe motivation and Islamic Education report of study for Eight grade students in SMP Negeri 1 Sindue Donggala.
The research method employed is quasi experiment. The research instruments are test and non-test. The test instruments are pretest and posttest questions consist of 25 multiple choice questions with the competition standard of consuming halal food and beverages and avoiding the haram(forbidden) ones. The non-test instrument is questionnaire containing 29 questions. The populations are 24 eight grade students for experimental class and 24 eight grade students for control class. The improvement result of students’ motivation is obtained from the questionnaire of tendency categorytable of each variable and the average score. The improvement of students’ reports of study are measured using GAIN data which is then tested statistically through comparative testing which has been calculated by normality and homogeneity testing before.
The result shows that Facebook, as social media, can be used as a learning media by using group feature and implementing the special Facebook group for experiment class, adding students in the group, giving lesson material, opening the discussion forum for students and teacher, and giving assignment and announcement for the students. After implementing it, there are some improvements in motivation and Islamic Education report of study for eight grade students(A class) compared to the time before treatment. It can be seen from the hypothesis testing using paired t-test which showssig. Data of 0.00<0.05, then based on the testingcriteria, H0 is rejected and H1 is accepted. The analysis result of average score shows the interval level of 54.227≤61.18 which indicates that the students’ motivation in learning Islamic Education by using Facebook has a high tendency.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Media Sosial Facebook; Motivasi; Hasil Belajar PAI; Facebook As A Social Media; Motivation, Islamic Education Report of Study | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2016 13:17 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2016 13:17 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3312 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |