Sutami, Sutami (2015) Implementasi pembelajaran tematik kelas III di MIN I Kedamean Gresik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FULLTEXT)
13760023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Survei dari World Bank yang melibatkan sedikitnya 12 negara di Asia menunjukkan, kualitas pendidikan Indonesia berada pada posisi terendah se-Asia. Padahal dari segi kuantitas jumlah tenaga pendidik (guru) di Indonesia cukup memadai, akan tetapi hal tersebut tidak didukung dengan distribusi yang sesuai dengan kebutuhan dan mutu tenaga pendidik (guru) yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka miliki serta pemakaian strategi dan metode yang tidak koheren sehingga dapat dipastikan sulit untuk memahami peserta didik terhadap materi yang sedang diajarkan, terutama metode yang digunakan dalam pembelajaran tematik, yang mana pembelajaran tematik ini dapat membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi karena mampu melakukan terobosan-terobosan sistem pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif menyebabkan hasil belajar peserta didik yang diharapkan sesuai dengan KKM. yang ditentukan sekolah, yang pada akhirnya tercapainya tujuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mendiskripsikan pembelajaran tematik yang diimplementasikan di MIN I Kedamean Gresik, dan (2). Untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk pembelajaran tematik yang di implementasikan di MIN I Kedamean Gresik.
Rancangan yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif – deskriptif. Data dkumpulkan dengan cara pengamatan, wawancara, dokumentasi.
Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa (1).Implementasi pembelajaran
tematik dengan pendekatan tematik terpadu di MIN I Kedamean Gresik sudah dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan standar isi sebagaimana tertera dalam standar nasional pendidikan meski terkendala dengan masih belum meratanya wawasan guru dalam merencanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu. Pelaksanaan implementasi pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu dilaksanakan secara optimal. Temuan penelitian memperlihatkan adanya perubahan positif terutama dari perilaku siswa yang lebih aktif dan kreatif sehingga pembelajaran tematik menjadi lebih menarik dan disukai siswa (2). Bentuk-bentuk pembelajaran tematik di MIN I Kedamean Gresik mirip dengan model sekuense yang berarti model pembelajaran tematik dilakukan secara berkelanjutan di dalam dan di luar kelas serta melibatkan peran serta orangtua dan lingkungan sosial sebagai bahan ajar utama.
ENGLISH:
Survey of the World Bank involving at least 12 countries in Asia showed, the quality of education in Indonesia is at the lowest position in Asia. Yet in terms of quantity, the number of educators (teachers) in Indonesia is quite adequate, but it is not supported by the distribution according to the needs and quality of educators (teachers) high. This can be evidenced by still many educators who teach not in accordance with the disciplines that they have and use strategies and methods that are not coherent so it can certainly be difficult to understand the learners of the material being taught, particularly the methods used in thematic learning, which This thematic learning can require a high level of understanding because it can make breakthroughs learning system more innovative and creative cause learning outcomes of students who are expected to conform to the minimum completeness criteria. designated school, and ultimately the achievement of educational goals.
The purpose of this study were (1). To describe the thematic learning which is implemented in the Islamic Elementary School I Kedamean Gresik, and (2). To describe forms of learning thematic implemented in Islamic Elementary School I Kedamean Gresik.
The design is used in this research is using a qualitative approach - descriptive. Data dkumpulkan by observation, interviews, documentation.
The result of this study showed that (1) .Implementasi learning thematic with an integrated thematic approach in Islamic Elementary School I Kedamean Gresik has been carried out systematically and in accordance with the content standards as set out in the national education standards despite uneven remains constrained by the teacher insight into thematic learning plan with an integrated thematic approach. The implementation of thematic learning with an integrated thematic approach implemented optimally. The research findings showed positive changes, especially on the behavior of students who are more active and creative so that learning becomes more interesting thematic and preferably students (2). Forms of thematic learning in Islamic Elementary School I Kedamean Gresik sekuense similar to the model which means that the model is sustainable thematic learning inside and outside the classroom and involve the participation of parents and the social environment as the main teaching material.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Bashith, Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pembelajaran tematik; Hasil Belajar; PGMI;thematic learning; learning outcomes; State Islamic Elementary Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 10:03 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 10:03 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3249 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |