Mustofa, Hamdan (2015) Peran kepala madrasah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11710008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (a) Mengetahui proses perencanaan kepala madrasah dalam penerapan MBM di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi-Barat, b) Mengetahui strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam penerapan MBM di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi-Barat, (c) Mengetahui bentuk pengawasan dan evaluasi kepala madrasah dalam penerapan MBM di Madrasah Ibtidaiyah Al- Azhar Serabi-Barat, d) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan MBM di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi-Barat. Adapun jenis penelitan ini adalah termasuk penelitian lapangan, menggunakan metode kualitatif dengan memakai pendekatan deskriptif. Sedangkan pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan dengan melibatkan kepala madrasah dan warga madrasah lainnya.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (a) Proses Perencanaan Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar berjalan dengan cukup baik serta dilaksanakan dengan melibatkan pihak komite (wali murid, tokoh masyarakat dan donatur) serta seluruh komponen madrasah lainnya. Nilai profesionalisme dan kekeluargaan menjadi unsur awal yang terlibat pada musyawarah dalam menentukan setiap kebijakan lembaga. Langkah-langkah penyusunan rencana dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Merumuskan visi, misi, dan tujuan madrasah. 2) Identifikasi faktor-faktor pendukung. 3) Identifikasi faktor-faktor penghambat. 4) Merumuskan implementasi Manajemen Berbasis Madrasah melalui pembuatan draf beserta anggarannya yang dalam hal ini melibatkan tim yang dibentuk oleh kepala madrasah. Dari draf-draf itu kemudian dikaji serta direvisi, untuk menentukan mana yang harus didahulukan dan mana yang ditunda. (b) Strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah dilaksanakan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan melibatkan semua komponen madrasah, selain itu dalam pelaksanaan tersebut kepala madrasah di lembaga ini berperan sebagai motivator, fasilitator dan bekerja bersama-sama dengan para guru. Selain itu pada pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidiyah Al-Azhar Serabi-Barat proses pelaksanaannya meniti pada enam aspek; Input (siswa), SDM guru, saran prasarana, kurikulum, keuangan dan hubungan dengan mayarakat. (c) Bentuk pengawasan dan evaluasi penerapan MBM di MI Al-Azhar Serabi-Barat berjalan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan dua teknik pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh kepala madrasah, serta adanya etos kerja yang baik ditambah dengan pribadi yang tidak pandang bulu bagi bawahannya yang melanggar atau melakukan kesalahan. Dalam evaluasi yang dilakukan tidak hanya menekankan pada proses KBM saja, akan tetapi juga melihat pada sudut yang lain yang dianggap perlu, semisalnya; SDM (tenaga pendidik), input (siswa), sarana- prasarana, keuangan dan hubungan dengan masyarakat. (d) Faktor-faktor pendukung dalam penerapan MBM di lembaga MI Al-Azhar Serabi-Barat, antara lain; 1) Lokasi pendidikan yang berada di jalur strategis. 2) Adanya kekompakan dari masing-masing guru dalam setiap program yang ada. 3) Sarana dan prasarana yang cukup memadai. 4) Adanya dukungan dari masyarakat dan alumni. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah: 1) Masalah pendanaan. 2) Adanya lokasi pendidikan yang begitu dekat. 3) Adanya SDM sebagai tenaga pendidik yang masih belum sesuai dengan keinginan. 4) Dirasakan kurangnya dukungan dan keterlibatan dari pemerintah.
ABSTRACT
The significance of the research are: (a) To know about planning process headmaster in implementation of school based at Islamic elementary school of Al Azhar Serabi-Barat, (b) To know about implementation strategy headmaster in implementation of school based at Islamic elementary school of Al Azhar Serabi- Barat, (c) To know about supervision shape and valuation shape headmaster in implementation of school based at Islamic elementary school of Al Azhar Serabi- Barat (d) To know the hampering and supporting factors in implementation of school based at Islamic elementary school of Al Azhar Serabi-Barat. It used qualitative method by using descriptive approach. While the data collecting by using interview, observation, and documentation in the field by involving headmaster and others.
The finding showed that: (a) The planning process of School Based Management implementation at Islamic Elementary School of Al Azhar carried and goodly and the research was done by involving the committee (the student’s parents, society, and benefactor) and all of school components. Professionalism value and having to do with the family become the first substance of discussion to determine each of institute policy. Steps of planning’s arrangement at school based on management implementation were done by several steps, they are: 1) Formulating the point of view, ideological role, and school goal. 2) Supporting factor identification. 3) Hampering factor identification. 4) Formulating management implementation based on Islamic Education Centre through of making draft including the calculation and in this case that’s involving the secret team shaped by the headmaster. On these draft the team then discussed and revised, to choose which have to be priority and the things delayed. (b) implementation strategy headmaster in implementation of school based of Islamic education Centre held properly, this matter was evidenced by involving all off the Islamic school’s component. Besides, on the implementation off management that on the basis Islamic school at the elementary school off AlAzhar Serabi-Barat the process off implementation made the sixth observation; input (the student), the source off the teachers, facilities and infrastructure, curriculum, finance, the relation with the society. (c) Supervision shape and valuation shape headmaster in implementation of school based at Islamic Elementary School of Al Azhar Serabi- Barat is running well.This matter was evidenced by two techniques off investigation held over and over again by the headmaster. And also to see on the other hand felt important for instance; the source (teachers), input (students), facilities and infrastructure, finance, the relation with the society. (d) The supporting factors in implementation off the management on the basis off Islamic school at the elementary school off AlAzhar Serabi-Barat (MBM) they are: 1) The location is in the strategic way. 2) There are togetherness off the teachers in every program. 3) Facilities and infrastructure that’s good enough. 4) There are the good supporting off the society and the graduation. And there are the prohibitive factors are: 1) The financial problem. 2) There is some other institution which is very close from Al-Azhar school. 3) The existence the source off the teachers that’s still not suitable with their wish.4) Felt less off the contribution and the involvement off the goverment.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Susanto, Djoko | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Peran Kepala Madrasah; Penerapan MBM; The Headmaster Role; School Based on Management Implementation | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 12:01 | |||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 10:14 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |