Responsive Banner

Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius di sekolah: Studi kasus di SD Tamansiswa Turen Malang

Anam, Khairul (2012) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius di sekolah: Studi kasus di SD Tamansiswa Turen Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10710089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Berdasarkan permasalahan yang ada diatas penelitian ini difokuskan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius di SD Tamansiswa Turen Malang dengan sub focus penelitian (1)Mendiskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius di lingkungan sekolah (2)mendiskripsikan respond an dukungan warga sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius .

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif informan terdiri dari : kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para dewan guru, staf tata usaha dan siswa. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data terkumpul dari teknik tersebut dianalisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data , keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi data .

Hasil penelitian terhadap(1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius di SD Tamansiswa Turen Malang berupa temuan yang berupa bentuk pembinaan nilai-nilai religiu yang meliputi : (a) Perencanaan program(niat)(b) Memberi teladan kepada warga sekolah(c)Kemitraan dan andil mendorong kegiatan keagamaan(d)Melakukan Evaluasi(2)Respon dan dukungan warga sekolah dalam pembinaan nilai-nilai religius sangat baik dengan menunjukkan komitmennya masing-masing baik itu dari pihak kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan yang ada di lembaga tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1)untuk kepala sekolah (a)agar mempertahankan dan berupaya untuk meningkatkan pembinaan nilai-nilai religiu yang ada di sekolah sebagai aktualisasi terhadap ajaran agama Islam(b)supaya mengadakan kerja sama dengan semua warga sekolah(c) Agar bisa menambah sarana ibadah sehingga kegiatan shalat duhur berjamaah bisa berjalan tertib dan lancer. (2)bagi guru pendidikan agama Islam (a)Mengadakan kerja sama dengan guru bidang studi umum (2)Meningkatkan kerja sama dengan wali kelas(c) Membuat program kegiatan baik yang beupa jangka pendek, menengah dan panjang(3)Bagi Wali kelas dan guru bidang studi umum (a)Menyadari sepenuhnya bahwa pembinaan nilai-nilai religius tanggung jawab bersama (b)Berusaha untuk melibatkan diri dalam setiap kegiatan keagamaan( 4)bagi stakcholders adalah memberikan dukungan sepenuhnya tergadap pelaksanaan pembinaan nilai-nilai religius baik di sekolah maupun dimasyarakat. (5) bagi Dina pendidikan (a)Memberikan dukunga terhadap kegiatan pembinaan nilai-nilai religius di lingkungan sekolah(6)Bagi orang tua wali adalah selalu memberikan dukungan kepada sekolah terutama dalam masalah pembinaan nilai-nilai religius di sekolah.(7)Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan lebih dalam tentang pembinaan nilai-nilai religius di lingkungan sekolah, sehingga nilai-nilai agama akan dijadikan sebagai pandangan hidup dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah mapun di masyarakat.

ENGLISH:

Research is focused on the leadership strategy of the principal in fostering Religious values at SD Tamansiswa Turen Malang. The sub-focuses of research are (1)to describe the leadership strategy of the principal in fostering religious values at School; and (2) to describe the response and support of school stakeholders in foste Ring religious values.

Research uses qualitative approach, the informants include the principal, vice Principal, teacher board, administrative staf and student. Data collection methods are Observation, interview and documentation. The data are analyzd by using data reduction, data presentation and data verification. Data are validated through data
triangulation.

Result of research indicates that (1)the leadership strategy of the principal in Fostering religious values at school involves(a) the planning of the fostering program (intention), (b) the role model for school stakeholders, (c) the partnership and Participant to support the religious activity, and (d) the evoluation; and and (2) the response and support of school stakeholders and fostering religious values are very good with the commitment from principal , teacher, student and staf.

It may be suggested that(1) the principal shoul (a)always attempt to improve the Fostering of religious values at school as the actualization of Islam teaching, (b) set The cooperation with all school stakecholders, and(c) increase the prayer structure tocilitate collective praying ; (2) the Islam education teacher must (a) cooperate with Other teacher from general subject, (b) increase the cooperation with clas guardian, (c) establish the short term, middle term, and long term programs of activity ; (3) the class guardian and the general subject, teachers should (a) realize that the fostering of religious values is collective responsibility, and( b) engange within every religious activity ; (4) stakeholders must support the fostering of religiousvalueseither at school or within community ; (5) the education official should (a) support the activity of fostering religious values at school environment ; (6) the parent or student guardian must always support the school in dealing with the issue related with the fostering of religious values at school ; and(7) the further researcher should be able can be life to review deeper about the fostering of religious values at school environment such that the religious values can be a life viewpoint for the daily life either at school or within community.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Rofiq, Aunur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRofiq, AunurUNSPECIFIED
Keywords: Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah; Pembinaan Nilai Religius; Leadership Strategy of Principal; The Fostering of Religious Values
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jun 2016 12:00
Last Modified: 27 Jun 2016 12:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3187

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item