Husnayain, Muhammad Faizul (2021) Kepemimpinan visioner kiai dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Multisitus di Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 02 Banyumas dan Pondok Pesantren Al-Hikmah 02 Brebes Jawa Tengah. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15731013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepemimpinan visioner merupakan kepemimpinan yang mengedepankan implementasi visi untuk kemajuan lembaga bukan hanya di masa kini namun juga di masa yang akan datang Kepemimpinan visioner termasuk model kepemimpinan yang membawa pencerahan bagi masa depan lembaga pendidikan Islam. Pondok pesantren Al-Hikmah 02 dan pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy 02 merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengikuti perkembangan dan perubahan kelembagaan khususnya dalam pengembangan kualitas lembaga pendidikannya melalui program-program unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Karakteristik Kepemimpinan Visioner Kiai, (2)
Strategi Kepemimpinan Visioner Kiai, (3) Implikasi Kepemimpinan Visioner Kiai dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara berulang melalui analisis pada setiap situs tunggal dan analisis lintas situs.
Kredibilitas data dicek melalui triangulasi data, pengecekan data, penambahan waktu penelitian dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah: 1). Karakteristik kepemimpinan visioner kiai dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam memiliki karakteristik (a) berfikir fokus masa depan, (b) menjadi agen perubahan, (c) memiliki rencana; (d) berorientasi penuh pada hasil; (e) mengangkat visi-visi baru yang menantang, (f) mengkomunikasikan visi; (g) mempengaruhi orang lain untuk memperoleh dukungan; dan (h) bersemangat memanfaatkan sumber daya untuk mewujudkan visi. 2). Strategi kepemimpinan visioner kiai dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yaitu (a) merancang strategi, (b) memotivasi inspirasi, (c) melakukan agen perubahan, (d) melakukan pemberdayaan, (e) menjalin kerja
sama, dan (f) menjadi suri tauladan. 3). Implikasi kepemimpinan visioner kiai dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yaitu meningkatnya kualitas SDM guru dan terbentuknya pengembangan lembaga yang berkelanjutan.
Temuan formal konseptual penelitian adalah “kepemimpinan visioner kiai pesantren”. Kepemimpinan visioner kiai pesantren memiliki pandangan wawasan ke depan, memiliki dedikasi yang kuat dan konsistensi yang tinggi terhadap pengembangan lembaga pendidikan pesantren.
ABSTRACT
Visionary leadership is a leader who focuses on implementing the vision to develop their institution, not only today but also future. Visionary leadership is leadership model bring future enlightenment for Islamic educational institution.
Pondok pesantren Al-Hikmah 02 and Pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy 02 are Islamic educational institutions following the development era and institutional change especially quality development of educational institutions through the featured program. The purposes of the study to analyze and finding are: (1) The characteristic of the visionary leadership of Kiai on Islamic educational institution development, (2) the strategy of visionary leadership Kiai on Islamic educational institution development, (3) Implication of visionary leadership Kiai on Islamic educational institution development.
This study used a qualitative method, type case with a multisite variant. The data collection technique used depth interviews, observation, and documentation study. Data collected is interpreted and continuous analysis through analysis single site and multisite. Data credibility is checked through triangulation procedure, data checking, and peer discussion.
The result of this study are 1). The characteristic of visionary leadership Kiai on Islamic education institute development has characteristic are: (a) think the future focus, (b) as an agent of change, (c) having planning; (d) result orientation; (e) raised new vision which challenging, become a necessity and
affordable; (f) communicating the vision; (g) affect other people to get support; and (h) excited to make use resources to achieve the vision. 2). The strategy
visionary leadership Kiai on Islamic education institute development are (a) Strategy planning, (b) Inspiring motivation, (c) done to change, (d) done
empowerment, (e) make cooperation, and (f) as a model. 3). The implication of visionary leadership Kiai on Islamic education institute development is increasing
human resources quality and make sustainable development institution Novelty: Pesantren visionary leadership means the ability of leadership to focus on future engineering, dedication, and high consistent on Pesantren development of an educational institution.
مستخلص البحث
القِيادَةُ المستقبلة التي القِيادَةُ تَفْضِيل عَن تَطْبِيقِ رُؤْيَةِ المَعْهَدِ لِتَطْوِيرِه ليس في الحال فقد ولكن في المُسْتَقْبَل أيضا. هذه القِيادَة مِن إحْدَى نَمَاذِجِ القِيَادَةِ أُعْطِي بِهَا تَوْعِيَة المَعَاهِد الإسلامية في المُسْتَقْبَل. وأما هَذَانِ المَعْهَدَانِ مِن المَعاهِدِ يَتَّبِعون تَطْوِير الزَمانِ وتَدَاوُلِهِ, ويَتَطَوَّرَانِ مَع الزَمَانِ جُودَة بَرامِج التَعْلِيم فِيهِما.
يَهْدفُ هذا البَحْث إلى التَحْلِيلِ والاِسْتِطْلاعِ عَن: (1) خَصَائِصِ قِيادَةِ مَشَايِخِ المَعْهَدَانِ المستقبلة، (2) اِسْتِراتِجِيَة القِيَادَةِ المستقبلة، (3) آثار القِيَادَةِ في تَطْوِيرِ هَذانِ المَعْهَدَانِ.
يَسْتَخْدِمُ هذا البَحْث الكَيْفِي طَرِيقَة دِراسَة الحالات، وأُسْلُوب المُقابَلَة العَمِيقَة في جَمْعِ البَيَانَات مع المُلاحَظَة المُشْرَكِيَة ودِرَاسَة الوَثائِقِ. بعد الجَمْعُ، يُفَسِّرُ البَيَاناتَ ثم يَبْحَثُها مُكَرَّرًا في كُلِّ المَوْقِعِ. ثم تَحْقِيقُها يَسْتَخْدِمُ التَقْنِيَة التَثْلِيث مع الشيك المسطر والمناقسة بالمشارك. ونَتَائِجُ البحثِ هي: (1) تُوجَد خَصائِصُ القِيَادَة: الفِكْرَة الرؤية على المستقبل، وَظِيْفُها كالمُحَرِّك، عِنْدَهُ التَخْطِيط، يَتَّجِهُ إلى الحُصُول، تَحْدِيد الرِئايَة الجَدِيدَة الضَرُورِيَة واسْتِعْدَاد لتكلفها، تنظيم لرئاية، يُأَثِّر جَمِيع العَناصِر للمصادقة، واسْتِخْدام كل المَوَارِد لتَحْقِيق الرُؤْيَة. (2) والاِسْتِرَاتِجِيَتها في تَطْوِيره: تَحْطِيط الاِسْتِراتِجِيَة، التحفيز والإلهام، الحركة العَمَلِيَة، المَوارِد، المُشْتَرَكَة، والأُسْوَة (3) وتَضْمِين القِيادَة في تَطْوِيره: التَطْوِير المُسْتَدَامَة للمَعْهَد.
وحَصَلَ الباحِثُ النَتِيجَة النَظَرِيَة التَصَوُّرِيَة تُوجَد "القِيادَة المستقبلة المَعْهَدِيَة" وهي: كَفَاءَة المَشَايِخِ في الأَعْمَال الوَاظِفِيَة تَتَّجِهُ إلى الهَنْدَسَة المُسْتَقْبَلِيَة بالاِهْتِمامِ الاِسْتِقامَة في تَطْوِيرِ المَعْهَد الاسلامي.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Soleh, Achmad Khudori | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kepemimpinan Visioner Kiai; Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam; The Visionary Leadership of Kiai; Islamic Educational Institution Development; القِيادَة المستقبلة; تَطْوير المَعْهَد الإسلامي | |||||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
|||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | muhammad faizul husnayain | |||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2021 10:28 | |||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2021 10:28 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31716 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |