Alida, Ayu Mifthahul Jannah Umsini (2021) Pengaruh kompetensi pedagogik guru Bimbingan Konseling dan pengelolaan pendidikan seks terhadap karakter siswa: Studi kasus pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang Kelas XII. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17170040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Guru bimbingan konseling memiliki tanggung jawab penuh dalam membimbing dan mengerahkan peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Seorang guru bimbingan konseling memiliki posisi yang sangat penting dalam mengelola pembelajaran yang ada di kelas menciptakan lingkungan yang efektif dan efisien melaui kompetensi pedagogik. Melaui program klasikal bukti hasil dari perencanaan yang dilakukan sekolah dan dikelola oleh guru bimbingan konseling yang mana pendidikan seks diberikan guna mendidik peserta didik menjadi siswa yang berkarakter.
Fokus penelitian ini adalah (1) apakah kompetensi pedagogik guru BK berpengaruh terhadap karakter peserta didik di SMKN 3 Malang. (2) Apakah pengelolaan pendidikan seks berpengaruh terhadap karakter peserta didik di SMKN 3 Malang. (3) apakah kompetensi pedagogik guru BK dan pengelolaan pendidikan seks berpengaruh terhadap karakter peserta didik. Dengan melakukan analisis pengelolaan data memiliki tujuan untuk mencari pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa kelas XII di SMKN 3 Malang. Dengan mengumpulkan data melalui wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Dalam teknik mengelola data dan menganalisis menggunakan perhitungan statistika melalui SPSS versi 25. Dengan populasi seluruh siswa kelas XII sebanyak 458 siswa. Dengan pengambilan rumus sampel Slovin sebesar 214 sampel siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Adapun proses pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengukur kebasahan data di ukur dengan uji validitas Al-Ghazali serta uji realiabilitas yang diproses melalui SPSS. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan uji analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi Pedagogik guru BK berada pada kategori baik dengan presentase 68%. 2) Pengelolaan pendidikan seks di SMKN 3 Kota Malang berada di kategori sangat baik dengan 44%. 3) terdapat pengaruh signifikan pengaruh kompetensi pedagogik guru BK dan pengelolaan pendidikan seks terhadap karakter siswa sebesar 10,58% melalui uji R terkhusus karakter siswa religius, disiplin, menghargai sesama, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulistiani, Dwi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Pendidikan Seks; Karakter Siswa | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Ayu Mifthahul Jannah Umsini Alida | ||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 13:16 | ||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 13:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31450 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |