Mahbubi, Ahmad Kausar (2015) Konsep pendidikan Islam menurut pandangan Syekh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk dan taat pada ajaran agama Islam dan menerapkannya secara sempurna di dalam kehidupan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan.
Skripsi ini mengambil dua rumusan masalah, yaitu konsep pendidikan Islam menurut Burhanuddin al-Zarnuji yang meliputi pendidikan Islam menurut al-Zarnuji, tujuan pendidikan Islam dan juga kurikulum pendidikan Islam menurut al-Zarnuji dan juga relevansinya dalam dunia pendidikan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam menurut al-Zarnuji dan relevansinya dalam dunia pendidikan pada saat ini.
Metodologi pendidikan pada skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang obyektif mengenai bagaimana konsep pendidikan Islam yang dipaparkan oleh Burhanuddin al-Zarnuji dalam kitabnya Ta’lim al-Muta’allim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang dihasilkan berupa kata-kata yang disusun menjadi sebuah teks.
Pendidikan Islam menurut pandangan Syekh Al-Zarnuji dapat dipetakan menurut komponen pendidikan, yaitu berdasarkan tujuan pendidikan, guru sebagai pendidik, murid sebagai terdidik, serta media dan metode pendidikan. Tujuan pendidikan dalam hal ini yaitu harus berniat untuk mencari ridha Allah. Dalam memilih guru hendaknya memilih seorang guru yang lebih alim, lebih wara’, dan lebih tua. Seorang yang menuntut ilmu harus memiliki kepribadian yang baik. Al-Zarnuji memberikan metode menghafal, metode mencatat, diskusi dan memahami. Menurut al-Zarnuji, untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat membutuhkan jalan dan sarana yang tepat, yakni dengan mengagungkan ilmu, dan yang termasuk dalam mengagungkan ilmu adalah menghormati guru dan keluarganya.
Kitab Ta’lim al-Muta’allim karya al-Zarnuji relatif bagus untuk diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini. Pada tingkat awal pendidikan perlu ditanamkan untuk pembinaan sikap dalam mentaati hukum yang pada dasarnya adalah masalah mengajarkan ketaatan terhadap norma, bersungguh-sungguh dalam belajar, tawakkal, menjaga diri dari perkara-perkara yang syubhat, memilih teman yang baik, dan masih banyak lagi hal-hal yang masih relevan untuk diterapkan dalam dunia pendidikan pada saat ini dan bahkan di masa yang akan datang.
ENGLISH:
Islamic education is individual and social arrangements that can cause a person submissive and obedient to the teachings of the Islamic religion and apply it perfectly in the life of individuals and society. Education is a process of changing the attitudes and behavior of a person or group of people in a mature business man through teaching and training.
This thesis take two formulation of the problem, namely the concept of Islamic education according to Burhanuddin al-Zarnuji covering Islamic education according to al-Zarnuji, the purpose of Islamic education and Islamic education curriculum also according to al-Zarnuji and also its relevance in the world of education today. The aim of this study was to determine how the concept of Islamic education according to al-Zarnuji and relevance in education at the moment.
Educational methodology in this thesis aims to obtain objective information on how the concept of Islamic education presented by Burhanuddin al-Zarnuji in his book al-Muta'allim Ta'lim. This research is qualitative descriptive method. Data generated in the form of words that is compiled into a text.
Islamic education in the view of Sheikh Al-Zarnuji can be mapped according to the educational component, which is based on the purpose of education, teachers as educators, students as educated, as well as media and educational methods. The purpose of education in this regard is had to intend to seek the pleasure of Allah. In selecting teachers should choose a teacher who is more pious, more wara ', and older. A study that should have a good personality. Al-Zarnuji provide memorization method, the method noted, discussion and understanding. According to al-Zarnuji, to acquire useful knowledge requires appropriate ways and means, by glorifying science, and which are included in glorifying science is to respect the teacher and his family.
Ta'limul-Kitab az-Zarnuji Muta'allim works relatively nice to be applied in education today. In the early levels of education needs to be invested for the development of attitudes in complying with the law is essentially a matter teach obedience to norms, serious about learning, resignation, keeping away from cases that doubtful, choose a good friend, and much more matters it is still relevant to be applied in the world of education today and even in the future.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan Islam; pandangan Syekh Al-Zarnuji; Kitab Ta’lim Al-Muta’allim; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:14 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3093 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |