Hidayati, Husnul (2015) Pengembangan media LKS interaktif materi akhlak terpuji kepada Allah swt. untuk peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Aqidah Akhlak merupakan salah satu cabang dari Ilmu Agama Islam yang penting dan semakin dirasakan keguanaannya dalam kehidupan sehari di era moderenisasi ini. Proses belajar mengajar (PBM) terutama Aqidah Akhlak menjadi kunci dari terbentuknya karakter siswa yang sering kali dihadapkan pada bagaimana tingkah laku siswa dalam kehidupan sehari-hari secara spiritual maupun moral. Sedangkan materi ikhlas, taat, khauf dan taubat yang diajarkan bersifat abstrak dan siswa masih perlu meraba-raba maksud dan inti dari materi tersebut. Sehingga materi ini menjadi cukup sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa dalam bentuk riil. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa secara konkret tentang sesuatu yang sifatnya abstrak. Perkembangan gambar dalam bentuk dua atau tiga dimensi begitu cepat di era ini, yaitu banyak berbentuk gambar bergerak (animasi) dengan penambahan suara (audio). Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan media LKS Aqidah Akhlak Interaktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas media LKS Aqidah Akhlak interaktif materi akhlak terpuji kepada Allah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode research and development dengan desain pengembangan Dick and Carey. Penelitian di laksanakan di kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Malang.
Hasil analisis penilaian dari validator diperoleh media LKS Interaktif ini layak, hasil produk pengembangan tergolong positif atau baik, serta memenuhi kriteria tingginya kualitas media, yaitu mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dari sebelum dan sesudah menggunakan media LKS Interaktif. Didapatkan bahwa hasil uji t berpasangan, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000. Kualitas media LKS Interaktif teruji dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari hasil yang signifikan pada nilai pre-test dan post-test. Media ini mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran aqidah akhlak sebesar 86,15% karena isi konten media CD LKS Interaktif sesuai dengan tujuan dan indikator yang ada. dari ahli isi materi mendapat nilai sebesar 84%, dari ahli desain media mendapat nilai sebesar 70% nilai tersebut telah memenuhi kriteria desain pembelajaran yang cukup baik sesuai dengan unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam media pembelajaran, sedangkan nilai dari reponden atau tanggapan siswa tentang media LKS Interaktif ini sebesar 81,93% dengan pertimbangan dari tercapainya media pembelajaran yang baik dari segi isi materi, desain media pembelajaran. Bedasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media LKS Aqidah Akhlak berbasis multimedia interaktif materi Akhlak Terpuji Kepada Allah swt. untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII layak, praktis, menarik dan efektif.
ENGLISH:
Islamic Behaviorism is one of branch in Islamic Knowledge which have important aspect in this modernity life nowadays. Islamic Behaviorism in the teaching process becomes the key of students’ characterization because it leads to how students have pleasant interactive in their daily circumstances instead of moral and spiritual. Besides, the material about sincerity, loyalty, khauf (afraid) and repentance are incomprehensible materials for students to take the main point, thus, teachers have problem how to teach those material to be accepted by students. One of way to makes incomprehensible material to be accepted by students is doing visualization using animation with the sound as the addition could give easier term to study. Learning the incomprehensible material using visualization can be helped with Islamic Behaviorism in the form of interactive students’ exercise sheets.
The purpose of this thesis is to examine the process of quality learning Islamic Behaviorism in the form of interactive students’ exercise sheets in case of pleasant behaviors toward Allah SWT. This thesis also uses the research and development method by Dick and Carey. The data is taken from seventh grade of Mamba’ul Ulum Junior High School Malang.
The validator marked that interactive students’ exercise sheets are competent to be used. The result product give good impact in developing student achievement instead of before and after using interactive students exercise sheets. T couple provides the significant of 2-tailed with the number 0.000, from these numerous found the result that interactive students exercise sheets is able to supports students achievement in pre and post-test. The percentage of validation result is show 86.15% because the CD of interactive students exercise sheets had full filled all the indicators, 84% for the contents of material, 70% for full filled the indicators of design learning and 81.93% for the correspondences of students in learning the interactive media, material content and design learning in the interactive students’ exercise sheets. From those result, researcher concludes that the development of interactive media in Islamic Behaviorism in case of pleasant behavior toward Allah SWT in the form of interactive students’ exercise sheets in seventh grade is credible, interesting, effective and practical to use.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | LKS; Aqidah Akhlak; Prestasi Belajar; Interaktif; interactive students exercise sheets; Islamic Behaviorism material; achievements; interactive | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:11 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3085 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |