Azizah, Nur Salmah (2021) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir mahasiswa tingkat akhir Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltexs)
17410078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Masa pandemi Covid-19 ini mengakibatkan jumlah pengangguran semakin meningkat, salah satu faktor penyebabnya adalah banyak pabrik maupun perusahaan yang mengalami penurunan aktivitas industri dan terancam bangkrut.Hal tersebut membuat persaingan dalam dunia pekerjaan semakin sengit. Oleh karena itu dibutuhkan kualitas pribadi yang baik untuk menghadapinya. Terutama bagi calon sarjana, kematangan karir sangat penting untuk ditingkatkan. Kematangan karir merupakan kesiapan individu dalam menentukan keputusan karir dengan didukung oleh informasi-informasi yang kuat mengenai pekerjaan, berdasarkan eksplorasi yang telah dilakukan. Terdapat beberapa faktor yang dapat menunjang kematangan karir, salah satunya adalah kecerdasan emosional.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kecerdaan emosional mahasiswa tingkat akhir, mengetahui tingkat kematangan karir mahasiswa tingkat akhir dan membuktikan apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan mahasiswa tingkat akhir fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatit dengan teknik analisis product moment. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir fakultas Sains dan Teknologi yang berjumlah 111 orang, diambil dengan menggunakan teknik sampling yakni insidental sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan kematangan karir
sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa tingkat akhir memiliki kecerdasan emosional kategori tinggi berjumlah 60 orang atau 54,1% dari sampel sedangkan 51 orang termasuk dalam kategori sedang atau 45,9% dari sampel. Pada variabel kematangan karir mahasiswa tingkat akhir termasuk dalam kategori sedang yakni 60 orang atau 54,1% dari sampel dan 51 orang termasuk dalam kategori tinggi atau 45,9% dari sampel. Hasil korelasi product moment menunjukkan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,282 yang bermakna terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir, semakin tinggi kecerdasan emosional maka ksemakin tinggi pula kematangan karir mahasiswa. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H2 ditolak.
ENGLISH:
During the Covid-19 pandemic, the number of unemployed people increased, one of the factors causing it was that many factories and companies had
decreased industrial activity and were threatened with bankruptcy. This makes competition in the world of work even fierce. Therefore it takes a good personal quality to deal with it. Especially for undergraduate candidates, career maturity is very important to be improved. Career maturity is an individual's readiness in determining career decisions supported by strong information about the job, based on the exploration that has been carried out. There are several factors that can support career maturity, one of which is emotional intelligence.
The purpose of this study was to determine the level of emotional intelligence of ninal year students, determine the level of career maturity of final year students and determine the relationship between emotional intelligence and the maturity of the final year students of the Faculty of Science and Technology UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
This study uses a quantitative approach with product moment analysis techniques. The subjects of this study were 111 students at the final year of the Faculty of Science and Technology, taken using a accidental sampling, namely accidental sampling. This study uses two variables, namely emotional intelligence as the independent variable and career maturity as the dependent variable.
The results of this study indicate that the majority of students are in the final year60 people or 54.1% of the sample had emotional intelligence in the high category, while 51 people were in the moderate category or 45.9% of the sample. In the final level student career maturity variable is included in the medium
category, namely60 people or 54.1% of the sample and 51 people are in the high category or 45.9% of the sample. The product moment correlation result shows the Sig. 0.003 <0.05 and the pearson correlation value of 0.282 which means that there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and career maturity, the higher the emotional intelligence, the higher the student's career maturity. Based on the explanation, it can be concluded that H1 is accepted
and H2 is rejected.
ARABIC:
.
اٌّششف: أزوزٛس ئ ساٍ٘بٚ ، ِبجغزَض ٍْ ر ض
خالي جبئحخ 19-Covid ، صاد عذد اٌعبغٍ١ ٓعٓ اٌعًّ ، ٚوبْ أحذ اٌعٛاًِ اٌّغججخ ٌزٌه ٘ٛ أْ
اٌعذ٠ذ ِٓ اٌّصبٔع ٚاٌششوبد لذ لٍٍذ ِٓ إٌشبغ اٌصٕبعٟ ٚ٘ذدد ثبإلفالط. ٘زا ٠جعً إٌّبفغخ فٟ عبٌُ
اٌعًّ ششعخ. ٌزٌه ، فاْ اٌزعبًِ ِعٙب ٠زطٍت صفخ شخص١خ ج١ذح. خبصخ ثبٌٕغجخ ٌٍّششح١ ٓاٌجبِع١١ ، ٓ
فاْ إٌعج اٌٛظ١فٟ ُِٙ جذ ا ٌزحغ١ .ٕٗإٌعج اٌٛظ١فٟ ٘ٛ اعزعذاد اٌفشد فٟ رحذ٠ذ اٌمشاساد إٌّٙ١خ
ِذعِٛخ ثّعٍِٛبد لٛ٠خ حٛي اٌٛظ١فخ ، ثٕب ء عٍٝ االعزىشبف اٌزٞ رُ ئجشاؤٖ. ٕ٘بن اٌعذ٠ذ ِٓ اٌعٛاًِ اٌزٟ
٠ّىٓ أْ رذعُ إٌعج اٌٛظ١فٟ ، أحذ٘ب اٌزوبء اٌعبغفٟ.
وبْ اٌغشض ِٓ ٘زٖ اٌذساعخ ٘ٛ رحذ٠ذ ِغزٜٛ اٌزوبء اٌعبغفٟ ٌطٍجخ اٌغٕخ إٌٙبئ١خ ٌزحذ٠ذ ِغزٜٛ
إٌعج اٌٛظ١فٟ ٌطٍجخ اٌغٕخ إٌٙبئ١خ ٚ رحذ٠ذ اٌعاللخ ث١ ٓاٌزوبء اٌعبغفٟ ٚٔعج غالة اٌغٕخ إٌٙبئ١خ فٟ
وٍ١خ اٌعٍَٛ ٚاٌزىٌٕٛٛج١ب ِٛالٔب ِبٌه ئثشا٘١ِ ُبالٔج.
رغزخذَ ٘زٖ اٌذساعخ ٔٙ جب وّ١ ب ِع رمٕ١بد رحٍ١ٌ ًحظخ إٌّزج. وبٔذ ِٛظٛعبد ٘زٖ اٌذساعخ 111
غبٌج ب فٟ اٌغٕخ األخ١شح ِٓ وٍ١خ اٌعٍَٛ ٚاٌزىٌٕٛٛج١ب ، رُ أخزُ٘ ثبعزخذاَ رمٕ١خ أخز اٌع١ٕبد ، ٟٚ٘ أخز
اٌع١ٕبد اٌٙبدف. رغزخذَ ٘زٖ اٌذساعخ ِزغ١ش٠ّ٘ ٓب اٌزوبء اٌعبغفٟ وّزغ١ش ِغزمً ٚإٌعج اٌٛظ١فٟ وّزغ١ش
ربثع.
رش١ش ٔزبئج ٘زٖ اٌذساعخ ئٌٝ أْ غبٌج١خ اٌطالة فٟ اٌغٕخ إٌٙبئ١خ06 شخ صب أٞ 1..1 ِٓ ٪اٌع١ٕخ
ٌذ٠ ُٙروبء عبغفٟ فٟ اٌفئخ اٌعبٌ١خ ، ث١ّٕب وبْ 11 شخ صب فٟ اٌفئخ اٌّزٛعطخ أٞ 4.1 ِٓ ٪.اٌع١ٕخ. فٟ
اٌّغزٜٛ إٌٙبئٟ ، ٠زُ رعّ١ِ ٓزغ١ش إٌعج اٌٛظ١فٟ ٌٍطبٌت فٟ اٌفئخ اٌّزٛعطخ ٟٚ٘06 شخ صب أٚ 1..1 ٪
ِٓ اٌع١ٕخ ٚ 11 شخ صب فٟ اٌفئخ اٌعٍ١ب أٚ 4.1 ِٓ ٪.اٌع١ٕخ. رظٙش ٔز١جخ اسرجبغ ٌحظخ إٌّزج 003.0. Sig
>61.6ٚ ل١ّخ اسرجبغ ث١شعْٛ 0.0.6ِّ ب ٠عٕٟ أْ ٕ٘بن عاللخ ِٛججخ ِٚعٕٛ٠خ ث١ ٓاٌزوبء اٌعبغفٟ
ٚإٌعج اٌٛظ١فٟ ، فىٍّب صاد اٌزوبء اٌعبغفٟ ، صاد إٌعج اٌٛظ١فٟ ٌٍطبٌت.
ٌىٍّبد اٌّفزبح١خ: اٌزوبء اٌعبغفٟ ، إٌعج اٌٛظ١فٟ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Emotional Intelligence; Career Maturity ;Kecerdasan Emosional; Kematangan Karir | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Salmah Nur Azizah | ||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2021 09:18 | ||||||
Last Modified: | 06 Oct 2021 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/30835 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |