Responsive Banner

Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS: studi kasus di SMP Negeri 4 Malang

Hikmah, Arifatul (2015) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS: studi kasus di SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11130057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam dunia pendidikan dirasa perlu adanya pendidikan karakter, karena dengan adanya pendidikan karakter ini, diharap dapat membantu mempebaiki moral bangsa Indonesia. Dalam menghadapi era global ini, Indonesia telah merasakan dampak positif dan juga dampak negative, baik dari segi perdangan sampai kepada segi pendidikan. Untuk itu, perlu adanya pendidikan karakter di dalam pembelajaran terutama tingkat SMP/MTs yang dalam usianya membutuhkan bimbingan yang lebih intensif.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS Semester Genap di SMPN 4 Malang, (2) Untuk mendeskripsikan proses Implementasi Pendidikan Pada Mata Pelajaran IPS Semester Genap Kelas VII di SMPN 4 Malang, (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS Semester Genap Kelas VII di SMPN 4 Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Malang, pengimplementasiannya dilakukan tidak hanya diluar kelas seperti kegiatan ekstrakulikuler ataupun kegiatan sehari-hari tetapi juga dilaksanakan dalam pembelajaran terutama mata pelajaran IPS. Untuk pendidikan karakter yang ditepakan ialah karakter religious, tanggung jawab, rasa peduli, serta rasa ingin tahu. (2) Dalam proses pengimplementasian pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Malang ini dilakukan dengan cara menganalisis kurikulum, melihat Kompetensi Inti (KI) dan juga Kompetensi Dasarnya (KD) untuk melihat karakter apa yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran terutama pembelajaran IPS, setelah itu dimasukkan ke silabus, dan lalu di ajarkan, (3) Dalam pengevaluasian pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS dilaksanakan dengan cara mengamati siswa saat proses pembelajaran, selain itu juga dengan mendiskusikannya dengan guru lain. Hasilnya akan dimasukkan kedalam rubrik penilaian yang telah guru siapkan dalam RPP mata pelajaran IPS.

ENGLISH:

In the field of education, character education is important to improve the Indonesian morality. There have been both negative and positive effects of globalization on many aspects: from trading to education. For this reason, character education is very important especially for junior high school students who still need intensive guidance in their transitional period.

The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of character education in the teaching of sosial sciense subject at State Junior High School 4 Malang, (2) to describe the process of the implementation of character education in the teaching of sosial sciense subject in VIIth grade, (3) to find out the process of evaluation of the implementation of character education in social science subject in VIIth grade of Public Junior High School 4 Malang. .

This research is a case study using descriptive qualitative research design. The research instrument is the researcher. The data of this research are collected by means of observation, interview, and documentation. The data are then analyzed in three steps; data reduction, data presentation, and verification or conclusion.

The results of this research are: (1) The character education in Public Junior High School 4 Malang is not only implemented out of class but also in the class while students are being taught Social Science subject. The characters that are taught include religiousity, responsibility, caring, and curiousity. (2) The implementation processes are done by analizing the curriculum, core competencies, basic competencies, and also the characters that are suitable to be applied in the learning process especially in social science subject. (3) The evaluation of character education on social science subject is done by observing the students in the class and discussing it among teachers. The result is then written in assessment rubric of the teaching plan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainuddin, M
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDZainuddin, MUNSPECIFIED
Keywords: Implementasi; Pendidikan Karakter; Mata Pelajaran IPS; Implementation; Character Education; Social Science Subject
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 25 Jun 2016 13:29
Last Modified: 25 Jun 2016 13:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3037

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item