Maisun, Maisun (2021) Peran humas dalam mempublikasikan Madrasah di lembaga pendidikan berbasis pesantren: Studi kasus MA Nurul Hidayah Bantur Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17170080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hubungan masyarakat merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang membantu dalam mengelola komunikasi antara organisasi dengan khalayaknya. Salah satu bentuk komunikasi yang ada di lembaga pendidikan adalah melalui program publikasi madrasah. program publikasi sendiri adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengenalkan madrasah kepada masyarakat, sehingga madrasah dapat lebih di kenal dan mendapat respon yang positif dengan bertambahnya kepercayaan dari masyarakat. dalam pelaksanaan program publikasi membutuhkan peran dari berbagai pihak, sebab publikasi sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh semua pihak sekolah, akan tetapi bagian humas lah yang memiliki peranan dalam pelaksanaannya. Dengan adanya perbedaan pada kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki madrasah maka program publikasi dalam lembaga pendidikan juga memiliki berbeda-beda.
Skripsi ini diperuntukan untuk manjawab atas beberapa fokus permasalahan (1) Bagaimana peran humas dalam mempublikasikan madrasah di lembaga pendidikan berbasis pesantren ( MA Nurul Hidayah Bantur)? (2) apa saja program dan strategi humas dalam pelaksanaan program publikasi madrasah di lembaga pendidikan berbasis pesantren (MA Nurul Hidayah Bantur) ? (3) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksaanaan program publikasi madrasah di lembaga pendidikan berbasis pesantren (MA Nurul Hidayah)? Dan untuk memberikan jawaban atas tiga fokus masalah diatas maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran humas dalam pelaksanaan publikasi madrasah adalah: (1) Humas memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan program publikasi. yakni sebagai a. analisator, dalam hal ini humas melakukan analisis kebutuhan yang ada di masyarakat serta kekuatan yang dimiliki madrasah. b. Inisiator, pada tahap penyusunan program publikasi humas memimpin dalam penyusunan program publikasi. c. publikator, humas juga menjadi pelaksana dalam program publikasi madrasah. d. Evaluator, setelah pelaksanaan program publikasi humas melakukan evaluasi atas hasil dari pelaksanaan program publikasi (2) program yang disusun oleh humas terbagi menjadi dua jenis, yaitu pertama berupa kegiatan tidak langsung, disini berupa penggunaan media cetak dan media sosial. Dalam pelaksanaan program tidak langsung, humas menjadi penggerak dalam penggunaan media sosial dan media cetak. yang kedua yaitu berupa kegiatan langsung yang dilakukan melalui kegiatan event akhir tahun, open house, bakti sosial dan perlombaan. pada pelaksanaan program publikasi yang bersifat tatap muka, humas menjadi komunikator yang menghubungkan antara madrasah dan masyarakat. sebab masyarakat juga ikut andil dalam pelaksanaan program-program publikasi yang berupa kegiatan langsung. untuk strategi yang digunakan oleh humas adalah dengan membangun kerja sama dengan pihak-pihak luar madrasah seperti alumni dan simpatisan serta masyarakat dan juga dengan pihak-pihak yang terkait dengan madrasah. hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. sehingga masyarakat tidak keberatan untuk membantu program-program yang diselenggarakan oleh madrasah. (3) Dalam pelaksanaan program publikasi terdapat faktor-faktor yang mendukung terlaksananya program yang sudah disusun, seperti: pertama adanya hubungan baik yang dimiliki madrasah dengan masyarakat. kedua, kekuatan yang dimiliki madrasah, yakni nilai-nilai pesantren yang dimiliki madrasah. untuk faktor penghambat yang dihadapi madrasah adalah: pertama, terbatasnya anggaran yang dimiliki madrasah. kedua, ancaman dari madrasah yang juga melakukan program publikasi. ketiga, pandemi covid 19 yang melanda juga menjadi salah satu faktor yang menghambat pelaksanaan program publikasi.
ENGLISH:
Public relations is one of the functions of management that helps in managing communication between organizations and their audiences. One form of communication that exists in educational institutions is through the madrasah publication program. The publication program itself is an activity carried out in order to introduce madrasah to the community, so that madrasah can be better known and get a positive response with increasing trust from the community. in the implementation of the publication program requires the role of various parties, because the publication itself is an activity carried out by all schools, but it is the public relations department that has a role in its implementation. With the differences in the needs and abilities of madrasah, the publication program in educational institutions also has differences.
This thesis is intended to answer several focus problems (1) What is the role of public relations in publicizing madrasah in islamic boarding shcool -based educational institutions (MA Nurul Hidayah Bantur)? (2) what are the PR programs and strategies in implementing the madrasah publication program in islamic boarding school-based educational institutions (MA Nurul Hidayah Bantur)? (3) what are the supporting and inhibiting factors in the implementation of the madrasah publication program in islamic boarding school-based educational institutions (MA Nurul Hidayah)? And to provide answers to the three focus problems above, the researchers used qualitative research methods with the type of case study.
The results of this study indicate that the role of public relations in the implementation of madrasah publications are: (1) Public relations has an important role in the implementation of the publication program. namely as a. the analyzer, in this case the public relations officer, analyzes the needs that exist in the community and the strengths of the madrasah. b. The initiator, at the stage of preparing the public relations publication program, leads in the preparation of the publication program. c. Publisher, PR is also the implementer in the madrasah publication program. d. The evaluator, after the implementation of the PR publication program evaluates the results of the publication program. (2) The programs compiled by the PR are divided into two types, namely the first in the form of indirect activities, here in the form of the use of print media and social media. In the implementation of indirect programs, public relations is the driving force in the use of social media and print media. the second is in the form of direct activities carried out through year-end events, open houses, social services and competitions. in the implementation of the publication program that is face-to-face, public relations becomes a communicator that connects the madrasah and the community. because the community also takes part in the implementation of publication programs in the form of direct activities. for the strategy used by public relations is to build cooperation with parties outside the madrasah such as alumni and sympathizers as well as the community and also with parties related to the madrasah. This is done in order to increase public confidence in the madrasah. so that the community does not mind helping the programs organized by the madrasah. (3) In the implementation of the publication program, there are factors that support the implementation of the program that has been prepared, such as: first, there is a good relationship between the madrasah and the community. second, the strength of the madrasah, namely the values of the madrasah owned by the madrasah. for the inhibiting factors faced by madrasah are: first, the limited budget owned by madrasah. second, the threat from madrasah that also carry out publication programs. Third, the COVID-19 pandemic that hit was also one of the factors that hindered the implementation of the publication program.
ARABIC:
العلاقة العامة شعب من دور إدارة المدرسة تتوصل بها بينها و بين المجتمع, و من اتصالات المدرسة هي نشر إعلام, و هو لإعلام المجنمع عن المدرسة من اسمها و نشطاتها و غير ذالك مما يتعلق بالمدرسية, حتى يعلم المجتمع و يعتقد بأن المدرسة لها دور كبير في التربية, تختلف نشر إعلام المدرسة باختلاف الأسباب و الحاجات المدرسة
و كان الهذف من هذا البحث (1) كيف دور العلاقة العامة لنشر إعلام المدرسة في المؤسسة المعهدية (مدرسة العالية نورالهداية)؟ (2) ما برامج و كيفية العلاقة العامة لنشر إعلام المدرسة في المؤسسة المعهدية (مدرسة العالية نورالهداية)؟ (3) ما الموانع و المسهل في برامج العلاقة العامة لنشر إعلام في المؤسسة المعهدية (مدرسة العالية نورالهداية)؟ استخدمت الباحثة منهج البحث نوعي في دراسة قضية
و نتيجة البحث تدل على أن العلاقة العامة لها دور كبير في النشر إعلام المدرسة و هي: (1)العلاقة العامة لها دور كبير لنشر إعلام المدرسة و تقوم مقام مسؤلية برامج و يرتبها من تحليل و صناعة البرامج, و يقوم بها حتى التقويم (2) برامج التي رتبها العلاقة العامة تنقسم إلى قسمين (الأول) برامج عبر جرائد و شبكات الإجتماعية (الثاني) برامج التي تقومها العلاقة العامة و سكان المدرسة و جماعة حول المدرسة و هي حفلة أخر السنة و صلة الرحيم و التعاون في العمل و المسابقة و هذه كلها للتعاون بين سكان المدرسة و المجتمع و المتخرجين و المحبين (3) في قيام برامج مدعاة منها علاقة جيدة بين المدرسة و المجتمع,و ثمعة المعهد في المدرسة و أما الموانع منها قلة المبلغ و المدرسة أخرى و كذالك فيروز كورونا الذي يخوفنا في أواخر هذا العصر
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kawakip, Akhmad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hubungan Masyarakat; Publikasi Madrasah; Public Relations; Madrasah Publications; Hubungan Masyarakat; Publikasi Madrasah;العلاقة العام;نشر اعلام المدرسة | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Maisun Maisun | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2021 08:16 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/30066 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |