Sari, Sekarayu Puspita (2021) Perbedaan pengaruh celebrity worship berhijab dan non hijab terhadap kecenderungan gaya berbusana muslimah alumni Pondok Pesantren Daarul Quran Putri Cikarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
Skripsi Sekarayu.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara selebriti berhijab dan non hijab terhadap kecenderungan gaya berbusana muslimah pada individu yang memiliki perasaan celebrity worship. Penelitian ini diharapkan sebagai informasi kepada masyarakat serta selebriti tentang pengaruh dari celebrity worship terhadap gaya hidup terutama gaya berbusana seseorang.
Subjek pada penelitian ini berjumlah 84 orang yang merupakan alumni Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Putri Cikarang angkatan 2017 dengan menggunakan teknik purposive sampling lalu subjek dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok subjek yang mengidolakan selebriti berhijab dan kelompok subjek yang mengidolakan selebriti non hijab. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua skala yakni skala celebrity dan gaya berbusana muslimah. Metode dalam analisa data menggunakan ModerationAnalysis.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat Celebrity Worship pada kelompok mengidolakan selebriti berhijab 71% sedang, 19% tinggi, 10% rendah. Sedangkan pada kelompok subjek yang mengidolakan selebriti non hijab 40% sedang, 31% tinggi, 29% rendah. Tingkat kecenderungan gaya berbusana muslimah pada kelompok mengidolakan selebriti berhijab 83% tinggi, 17% sedang, 0% rendah. Sedangkan pada kelompok mengidolakan selebriti non hijab 71% tinggi, 26% sedang, 3% rendah. Hasil uji hipotesis analisis kovarian menunjukkan pada table
deskriptif kecenderungan gaya berbusana muslimah menunjukkan skor pada kelompok pengidola selebriti berhijab lebih tinggi yaitu 100.79 sedangkan pengidola selebriti non hijab menunjukkan skor lebih rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh selebriti yang diidolakan terhadap kecenderungan gaya berbusana muslimah. Perbedaan pengaruh tersebut juga didukung dari hasil analisa grafik Moderation Analysis. Pada grafik tersbut terlihat bahwa garis pengaruh celebrity worship pada kecenderungan gaya berbusana muslimah pada kelompok subjek yang mengidolakan selebriti berhijab menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif sedangkan pada kelompok yang mengidolakan selebriti non hijab menunjukkan adanya pengaruh negatif. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh celebrity worship terhadap kecenderungan gaya berbusana muslimah pada kedua kelompok tersebut.
ENGLISH:
The purpose of this study is to find out the impact differences betweencelebrities in hijab and non-hijab to the tendency of muslim style in individuals who have feelings of celebrity worship. In this study the calculation of muslimah dress style has aspects of clothing covering the entire body other than the excluded, fashion is not just decoration, using thick fabrics, clothing used is not strict, does not resemble the clothing used by men, does not resemble the clothing used by infidel women, not worn in the event of seeking popularity. The aspects of celebrity worship in this study there are 3 aspects of celebrity worship in this study, social entertainment, intense personal, and borderline pathological.
The subjects in this study numbered 84 people who are alumnis of Pondok Pesantren Daarul Qur'an Putri Cikarang class of 2017 using purposive sampling techniques and then the subject was divided into two groups, namely group that idolize celebrities in hijab and group that idolize non-hijab celebrities. The data collection method in this study uses scale method. The scale used in this study
consists of two scales, namely celebrity scale and muslimah dress style. Based on the results that Celebrity Worship levels in the group idolize celebrities in hijab 71% moderate, 19% high, 10% low. While in the subject group who idolized non-hijab celebrities 40% moderate, 31% high, 29% low. The trend rate of Muslim dress style in the group idolizes celebrities in hijab 83% high, 17% medium, 0% low. While in the group idolized non-hijab celebrities 71% high, 26% moderate, 3% low. The results of the hypothesis test of covariance analysis showed on the descriptive table the tendency of muslim dress style showed the score in the group of hijab-wearing celebrants was higher at 100.79 while nonhijab celebrity idols showed a lower score. This is prove that there is an idolized celebrity influence on the tendency to dress muslimah style. These differences in influence are also supported from the analysis of Moderation Analysis graphs. On the graph it appears that the line of influence of celebrity worship on the tendency of style dressed as Muslims in a subject group that idolizes celebrities in hijabs indicates that there is a positive influence while in the group idolizing non-hijab celebrities indicates a negative influence. It is shows there is a difference in the influence of celebrity worship on tendency of Muslim dress style in both groups.
ARABIC:
اىٖذف ٍِ ٕزا اىثحث ٕ٘ ذحذٝذ االخرالف فٜ ذأثٞش تِٞ اىَشإٞشج اىَحجثاخ ٗغٞش اىَحجثاخ ػيٚ اذجآ أَّاط ٍالتظ اىْغاء اىَغيَاخ ىذٙ األفشاد اىالئٜ ىذٖٝ ِّ شؼ٘س تؼثادج اىَشإٞشج. فٜ ٕزا اىثحث،
فإُ حغاب َّظ ىثاط اىَشأج اىَغيَح ىٔ ٍظٖش اىَالتظ اىرٜ ذغطٜ اىجغٌ تاىناٍو تاعرثْاء ذيل اىَغرثؼذج فاىَالتظ ىٞغد ٍجشد صْٝح، ٗذغرخذً األقَشح اىغَٞنح، ٗاىَالتظ اىَغرخذٍح ىٞغد ضٞقح، ٗال ذشثٔ اىَالتظ ٍِ قثو اىشجاه، ٗال ذشثٔ اىَالتظ اىرٜ ٝشذذٖٝا اىَشأج اىنافشج ، ال ذغرخذً فٜ عاحح اىثحث ػِاىشؼثٞح. ْٕاك ٖ ج٘اّة ىؼثادج اىَشإٞشج فٜ ٕزا اىثحث، ٕٜٗ اىرشفٞٔ االجرَاػٜ، ٗاىشخصٞح اىشذٝذج،
ٗاىَشضٞح اىحذٗدٝح. شَيد فٜ ٕزا اىثحث ٗ٤ شخ ًصا ٍِ خشٝجٜ ٍؼٖذ داس اىقشآُ ىيثْاخ اإلعالٍٞحعٞناساّج ىؼاً ٢ ٕٓٔتاعرخذاً ذقْٞح أخز اىؼْٞاخ اىٖادفح، ثٌ ذٌ ذقغٌٞ اىَ٘ض٘ػاخ إىٚ ٍجَ٘ػرِٞ، َٕٗا
ٍجَ٘ػح اىَ٘ض٘ػاخ اىرٜ أٝذخ ٍشإٞشج اىَحجاتاخ ٗاىَ٘ض٘ع ٍجَ٘ػح اىرٜ أٝذخ اىَشإٞشج غٞش اىَحجثاخ. طشٝقح جَغ اىثٞاّاخ فٜ ٕزا اىثحث تاعرخذاً طشٝقح اىقٞاط ٝرنُ٘ اىَقٞاط اىَغرخذً فٜ ٕزا
اىثحث ٍِ ٍقٞاعِٞ َٕا ٍقٞاط اىَشإٞشج َّٗظ اىيثاط اإلعالٍٜ.
إىٚ ّرائج اىثحث فٜ اىَجاه ، ذظٖش اىْرائج اإلحصائٞح ٍا ٝيٜ: ٍغر٘ٙ ػثادج اىَشإٞشج ٍغرْاداً فٜ ٍجَ٘ػح اىرٜ أٝذخ اىَشإٞشج اىَحجاتاخ ٕ٘ ٔ٢ٍ ٪ ؼرذه، ١ٍ ٪ ٔشذفغ، ٓٔ ٪ ٍْخفض. ٗفٜ اى٘قد
ّفغٔ، فٜ ٍجَ٘ػح اىَ٘ض٘ػاخ اىرٜ أٝذخ اىَشإٞشج غٞش اىَحجثاخ، ماّد ٓٗ ٪ ٍؼرذىح، ٗ ٖٔ ٪ ماّد ػاىٞح، ٗ ١ ٪ ٕماّد ٍْخفضح . إُ ٍغر٘ٙ اذجآ أَّاط اىيثاط اإلعالٍٜ فٜ اىَجَ٘ػح اىرٜ أٝذخ
اىَشإٞشج اىَحجاتاخ ٕ٘ ٖ٤ٍ ٪ شذفغ، ٢ٍ ٪ ٔؼرذه، ٓ ٪ ٍْخفض. فٜ اىرٜ أٝذخ اىَشإٞشج غٞش اىَحجثاخ ٍحث٘تاخ ٔ٢ٍ ٪ شذفغ، ٗ ٕٙ ٪ ٍؼرذىح، ٗ ٖ ٪ ٍْخفضِ. ذظٖش ّرائج اخرثاس فشضٞح ذحيٞو
اىرثاِٝ اىَشرشك اىجذٗه اى٘صفٜ ىالذجآ أظٖشخ أَّاط ٍالتظ اىْغاء اىَغيَاخ دسجح أػيٚ فٜ ٍجَ٘ػح أٝذٗه اىَشإٞشج اىَحجثاخ ، ٕٜٗ ٠٢١ ، ٔٓٓتَْٞا أظٖشخ اىَشإٞشج غٞش اىَحجثاخ دسجح أقو. ٕزا
ٝثثد أُ ْٕاك ذأثٞ ًشا ىيَشإٞشج اىالئ ذٌ حثٖ ِّ الذجآ أَّاط اىيثاط اإلعالٍٜ. اعرْادًا إىٚ اىْرائج اإلحصائٞح فٜ جذٗه اىرأثٞشاخ تِٞ اىَ٘ض٘ػاخ ، فإُ دسجح عٞج ػْذ اىرقاطغ ٕٜ ٕٗٓ٠ٍَ ٓا ٝؼْٜ أّٖا أصغش ٍِ
٘ٓ٠ .ٓذشٞش ٕزٓ اىْرائج إىٚ ٗج٘د ذأثٞش مثٞش ىالخرالفاخ فٜ اىَشإٞشج اىالئ ذرٌ إتذاء إػجاتٌٖ تاذجإاخ
اسذذاء اىْغاء اىَغيَاخ ػيٚ خشٝجٜ ٍؼٖذ داس اىقشآُ ىيثْاخ عٞناساّج اإلعالٍٞح. ٕزا اىرأثٞش ٝذه ػيٚ ا فٜ ذأثٞش ػثادج اىَشإٞشج ػيٚ ٍجَ٘ػح ىخشٝجِٞ ٍِ أصْاً اىَشإٞشج
قث٘ه اىٖا ، أٛ أُ ْٕاك اخرالفً اىَحجثاخ ٗغٞش اىَحجثاخ ٕزا اىرأثٞش ٕ٘ ٘ ٪، َٗٝنِ ٍالحظح رىل فٜ ػَ٘د ٍشتغ اىجضئٜ اىزٛ ٝظٖشدسجح ٓ٘ٓ٠
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rosdiana, Aprilia Mega | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Celebrity Worship; Kecenderungan Gaya Berbusana Muslimah; Celebrity Worship Tendency to Dress Muslimah Style; ثادج اىَشإٞشج، اذجآ أَّاط ٍالتظ اىَغيَاخ | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sekarayu Puspita Sari | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 10:28 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 10:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/29943 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |