Roja, Azharia (2015) Kerja sama orangtua dengan guru dalam pembinaan al-akhlak al-karimah siswa di Homeshooling Group (HSG) Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Membina tingkah laku dan etika anak juga merupakan suatu kewajiban agama yang lazim bagi setiap pendidik berdasarkan dalil al-Qur’an. Keluarga dan sekolah merupakan pihak yang paling berpengaruh terhadap pendidikan dan pembinaan akhlak anak sehingga perlu adanya kerjasama yang baik diantara keduanya. Di sekolah anak memperoleh pengajaran dan pembinaan akhlak melalui penjelasan dari para guru, sedangkan di rumah orangtualah yang bertugas untuk menanamkan aqidah dan pembinaan serta pengawasan akhlak anak- anaknya. Dengan adanya kerja sama yang baik antara orangtua dan guru, maka terbentuklah al-akhlak al-karimah pada diri anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) bentuk kerja sama orangtua dengan guru dalam pembinaan al-akhlak al-karimah siswa di Homeschooling Group (HSG) Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang (2) hasil kerja sama orangtua dengan guru di Homeschooling Group (HSG) Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Proses analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, display atau penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa program yang dijalankan oleh Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 20 Malang sebagai bentuk upaya menjalin kerjasama yang baik dengan orangtua siswa, antara lain : training atau diklat bagi orangtua, mini-parenting, outing Class, penyediaan buku kegiatan harian siswa (KHS). Adanya kerja sama antara orangtua dan guru memberikan hasil yang positif, diantaranya: hubungan antara orangtua dan sekolah menjadi dekat dan harmonis, terjalin kedekatan antara anak dengan orangtua serta hubungan antara ayah dan ibu juga menjadi lebih dekat, saling mendukung dan saling melengkapi, menjadikan para siswa-siswi memiliki jiwa yang lebih tenang, mudah untuk dinasehati, tidak mudah marah dan cenderung memiliki al-akhlak al-karimah (amar ma’ruf nahi munkar, jujur, berani, dan sebagainya), serta menjadikan anak lebih bersemangat dalam menjalankan sesuatu.
ENGLISH:
Build children attitude and ethic are the religion obligation that command for every teacher based on al-Qur’an preposition. Family and teacher is the most important part that influential to more education and development of the children so it needs good cooperation both of them. In the school, children get moral instruction and development from the teacher’s explanation. Good cooperation between parent and teacher make good moral on the children.
The purpose of this research are to describe : (1) Parent and teacher cooperation type on good moral development of student in Homeschooling Group (HSG) Elementary Scool of Khoiru Ummah 20 Malang (2) the result of parent and teacher cooperation in Homeschooling Group (HSG) Elementary Scool of Khoiru Ummah 20 Malang.
This research uses qualitative method and descriptive phenomenological. The main instrument is the researcher and there are three methodes to collecting data, they are interview, documentation and observation. Analyzing data process, that used by researcher are data reduction, data display and conclusion.
The result of the research shows that there are some programs that held by Homeschooling Group (HSG) Elementary Scool of Khoiru Ummah 20 Malang to make good cooperation between parent and teacher, they are training for parent, mini-parenting, outing class, suppliying KHS. Good cooperation between parent and teacher give positive effects, they are the relation between parent and teacher closer than before and it makes harmonic both of them, it makes the relationship between parent and their children closer,it makes the students have a quiet soul, easy to get advise from another person, stay calm and they have goo moral (amar ma’ruf nahi munkar, honest, brave, and the other), and it makes the students more spirit to do their activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kerja sama orangtua dengan guru; Pembinaan al-akhlak al-karimah; Parent and teacher cooperation; Good moral development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:14 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2017 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2983 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |