Prasetyawan, Muhammad Wahyu (2016) Kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTsN 2 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110146.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tinggi rendahnya mutu pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Untuk itu peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor, pembina dan atasan langsung. Pentingnya masalah ini diteliti adalah guna mengetahui bagaimana kinerja kepala madrasah sebagai supervisor ini, dalam meningkatkan kompetensi profesional guru guna mewujudkan kualitas pendidikan yang tinggi yang mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Berpijak dari permasalah tersebut peneliti melakukan penelitian di MTs Negeri 2 Kediri dengan judul kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas Guru.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan program supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. (3) Untuk mengetahui tindak lanjut dari hasil supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (interview), (2). Pengamatan (observasi) dan (3). Dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1). Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisa deskriptif, (2). Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan program pembinaan dalam rangka mengembangkan profesionalitas guru yang dilakukan oleh kepala MTs Negeri 2 Kediri sangatlah relevan dengan pendidikan saat ini, khususnya dalam hal kegiatan pembelajaran. (2) Terdapat dua teknik dan pendekatan dalam pelaksanaan supervisi kepala madrasah yaitu kelompok dan individual. Tekhnik kelompok dilakukan denga memberikan pelatihan dan penambahan wawasan secara komunal. Saedangkan, tekhnik invidual lebih kepada pendekatan persuasif terhadap masing - masing guru. (3) Tindaklanjut dari supervisi yang dilakukan kepala madrasah pertama pembinaan terhadap guru baik langsung dan tidak langsung. Kedua, pemantapan instrumen pembelajaran.
ENGLISH:
The quality determining of education was much influenced by the quality of the learning process carried out by the teacher. To increase the teacher's ability for manage learning activities in the school is the responsibility of headmaster as a supervisor, guidance and leader. The importance of this issues in order to understand how the role of headmaster as supervisor, to increase the professional competence of teacher in order to realize high quality of education that is able to compete with other educational institutions. Based on these problems researchers conduct research in MTs Kediri 2 with the title the role of headmaster as supervisor to increase professional competence of teacher.
The objectives of this study are: (1) To understand the supervision program planning of headmaster to develop the professionalism of teachers in MTs Negeri Kediri 2. (2) To understand the implementation of headmaster supervision to develop the professionalism of teachers in MTs Negeri Kediri 2. (3) to understand the follow-up of the headmaster’s supervision result to develop the professionalism of teachers in MTs Negeri Kediri 2.
To achieve the above objectives, researcher using descriptive qualitative research approach. The key of this instrument is the researcher, and data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing the data, presenting data, and verify or conclusion. After the researchers used triangulation to the validity of the data.
The results of this research are, (1) the planning of development programs in order to develop the professionalism of teachers that conducted by the headmaster of MTs Kediri 2 is relevant with the educational world today, especially in terms of learning activities. (2) There are two techniques and approaches in the implementation of the headmaster supervision, there are group and individual. Group technique is done by providing training and improving the knowledge communally. Meanwhile, the technique invidual more emphasize with the persuasive approach to teacher. (3) First follow-up of headmaster supervision is teacher guidance directly and indirectly. Second, strengthening the instruments of learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Supervisi; Profesionalitas Guru; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:02 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2926 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |