Responsive Banner

Pengaruh disiplin dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang: Studi kasus siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang

Yaqin, Mochamad Ainul (2015) Pengaruh disiplin dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang: Studi kasus siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09130080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini, hasil belajar pendidikan siswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah di tempuh oleh siswa. Tingkat keberhasilan siswa dalam belajar dapat di lihat dari seberapa tinggi siswa tersebut dapat meraih hasil belajar yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi siswa dan pada akhirnya menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal, terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dua faktor tersebut adalah kedisiplinan dan lingkungan sekolah yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mengetahui bagaimana kedisiplinan, lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa. 2) Mengetahuia danya pengaruh kedisiplinan dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa secaraparsial. 3) Mengetahui adanya pengaruh kedisiplinan dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa secara simultan, sample penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 34 siswa.

Pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskripti, yaitu penelitian untuk mengetahui dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan signifikan.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui kedisiplinan dan lingkungan sekolah siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda.

Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel disiplin dan lingkungan sekolah secara berasama- sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukan dengan besaran koefisien variabel kedisiplinan (X1) sebesar 0,267, dan besaran koefisien variabel lingkungan sekolah(X2) sebesar 0,157 yang berarti bahwa variabel tersebut memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa (Y).

ENGLISH:

Today, educational student learning outcomes is becoming the measure of success in learning that has been experienced by students. The success level of students in the study can be seen from how high the student can achieve good learning outcomes. Many factors affect and cause learning difficulties for students and ultimately hamper the achievement of maximum student learning outcomes, there are two factors that can affect student learning outcomes. The two factors are discipline and school environment that become a variable in this study.

The aims of this study were to determine: 1) Knowing how to discipline, school environment and student learning outcomes. 2) Knowing the influence of discipline and school environment on student learning outcomes partially. 3) Knowing the influence of discipline and school environment on student learning outcomes simultaneously, the sample of this research was class X which amounted to 34 students.

The approach method used in this research was descriptive quantitative approach, that was the research to find two or more variables that aimed to discover whether there was a significant relationship. instruments used in this study were questionnaire that was used to determine student discipline and school environment. The analysis used in this research was multiple linear analysis.

Conclusions based on the results of the study showed that the variables of discipline and the school environment was together in such a positive effect on student learning outcomes. This was shown by the coefficient of discipline variable (X1) was 0.267, and the coefficient of school environment variables (X2) was 0.157, which meant that these variables had a positive influence on student learning outcomes (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mansur, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMansur, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: Disiplin; Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar; Discipline; School Environment and Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 25 Jun 2016 13:01
Last Modified: 25 Jun 2016 13:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2921

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item