Mahdiyah, Nur Fitri (2021) Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Ma’arif Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran daring yang menjadi salah satu alternatif untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid 19 ini. Hal ini menuntut guru harus bisa beradaptasi dengan hal baru dan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami siswa. Salah satu tantangan yang dihadapi pada pembelajaran daring ini adalah kebosanan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Melalui E-Komik diharapkan motivasi belajar siswa dapat kembali meningkat dan memberikan dampak positif juga pada pencapaian hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) melahirkan produk E-Komik sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VII SMP Maarif Batu (2) mendeskripsikan kelayakan dari E-Komik sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VII SMP Maarif Batu (3) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Komik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah peneilitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu.
Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan media pembelajaran ini valid. Hasil rata-rata dari ahli media adalah sebesar 80%, hasil rata-rata dari ahli materi adalah sebesar 92,5% dan hasil rata-rata dari ahli pembelajaran adalah sebesar 97,5%. Adapun hasil uji coba lapangan berupa hasil pre-test dan post test menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan meningkatnya hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan uji-t manual dengan taraf spesifikasi 0,05 dan diperoleh hasil T hitung > T tabel yaitu 4,376 > 2,042 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Komik. Selain itu angket penilaian siswa terhadap penggunaan media pembelajaran E-Komik sebesar84,4%. yang artinya produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan dan layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Online learning is one alternative to continue to carry out teaching and learning activities during this COVID-19 pandemic. This requires teachers to be able to adapt to new things and provide solutions to problems experienced by students. One of the challenges faced in online learning is the boredom of students in participating in teaching and learning activities. Through E-Komik, it is hoped that students' learning motivation can increase again and have a positive impact on the achievement of learning outcomes.
The research aims to: (1) produce E-Comic Learning Media products as Islamic religious education subjects and manners learning media for seventh grade students of SMP Maarif Batu (2) describe the feasibility of E-Komik as PAI learning media and Budi Pekerti for seventh grade students of SMP Maarif Batu (3) describe the increase in learning motivation of seventh grade students of SMP Ma'arif Batu between before and after using the E-Comik learning media
The type of research used research and development (R&D). The development model used refered to the ADDIE development model. The test subjects were seventh grade students of SMP Ma'arif Batu.
The results of the validation carried out by media experts, material experts and learning experts show this learning media is valid. The average result of the media expert is 80%, the average result of the material expert is 92.5% and the average result of the learning expert is 97.5%. The results of field trials in the form of pre-test and post-test results indicate that this media can increase students' learning motivation by increasing learning outcomes. This is evidenced by the manual t-test with a specification level of 0.05 and the results obtained are T count > T table, namely 4.376 > 2.042, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. So that there are differences in learning outcomes between before and after using the E-Comic learning media. In addition, the student assessment questionnaire on the use of E-Comic learning media was 84.4%. which means that the product developed has a qualification level of validity and is suitable for use in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; E-Komik; Motivasi Belajar; Development; E-Comic; Student Motivation | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nur Fitri Mahdiyah | ||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2021 12:44 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2021 09:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28769 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |