Yollinda, Apriya (2021) Pengaruh penggunaan metode poster comment terhadap peningkatan keterampilan abad 21 pada mata pelajaran Fiqih di MAN Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode adalah suatu cara yang dipakai untuk mencapai tujuan, sedangkan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang pendidik dengan sedemikian rupa yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku peserta didik ke arah yang lebih baik. Metode pembelajaran merupakan jalan atau cara yang dilalui untuk mencapai sebuah tujuan yang telah direncanakan. Tidak ada metode pembelajaran yang paling baik dan atau paling buruk. Ke efektivitasan suatu metode pembelajaran tergantung kepada kecakapan seorang pendidik dalam memilih dan menggunakan metode tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran adalah untuk menumbuhkan minat belajar siswa, mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan mengembangkan kreativitas siswa dan pendidik. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Poster Comment.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar (posttest) dalam penggunaan metode pembelajaran Poster Comment dengan metode konvensional di MAN Lima Puluh Kota Sumatera Barat, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Poster Comment pada mata pelajaran Fiqih di MAN Lima Puluh Kota (khususnya di kelas X IPA).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan test (Pretest dan Posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Lima Puluh Kota tahun ajaran 2020/2021 yang jurusan IPA. Sedangkan sampel penelitian menggunakan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol.
Adapun hasil dari penelitian ini melalui dua pengujian yaitu uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Pada uji paired sample t test bahwa nilai signifikansi sebesar 0,872 > 0,05. Artinya tidak terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen. Pada uji independent sample t test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,057 > 0,05. Karena nilai perbandingan kedua metode tersebut berselisih cukup kecil yaitu 5 angka dari hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Poster Comment ini kurang efektif.
ENGLISH:
The method is a method used to achieve goals, while learning is an activity carried out by an educator in such a way that aims to change the behavior of students for the better . The learning method is a path or means by which to achieve a planned goal. There is no learning method that is the best and or the worst. The effectiveness of a learning method depends on the ability of an educator to choose and use this method in learning activities. The purpose of using the method in learning activities is to foster student interest in learning, make learning activities more effective and develop the creativity of students and educators. One way to achieve this goal is to use the learning method Poster Comment.
The objectives of this study are: (1) to determine the comparison of learning outcomes (posttest) in the use of the learning method Poster Comment with the conventional method in MAN Fifty Cities of West Sumatra, (2) To determine the effectiveness of using the Comment Poster learning method in the Islamic Civilization History subject MAN Fifty Cities (especially in class X IPA).
The research method used in this research is quantitative research methods. This type of research is experimental. Collecting data in this study using observation and test (pretest and posttest). The population in this study were all class XI students of MAN Lima Puluh Kota for the academic year 2020/2021 who majored in Science. The research sample used class X IPA 1 as the experimental class and class X IPA 2 as the control class.
The results of this study through two tests, namely the paired sample t test and independent sample t test. In the paired sample t test that the significance value is 0.872> 0.05. This means that there is no significant increase in student learning outcomes in the experimental class. In the independent sample t test obtained a significance value of 0.057> 0.05. Because the comparison value of the two methods has quite a small difference, namely 5 points from the posttest mean score of the experimental class of 77 and the average value of the control class of 72. So it can be concluded that the Poster Comment learning method is less effective.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Poster Comment; Keterampilan Abad 21; Mata Pelajaran Fiqih; Method Poster Comment; 21st Century Skills; Fiqih Subjects; طريقة تعليق الملصق; مهارة القرن الحادي والعشرين; فقه | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Apriya Yollinda | ||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2021 14:45 | ||||||
Last Modified: | 28 Jun 2021 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28046 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |