Rokhmah, Dewi Ainur (2016) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Cahaya di Atas Cahaya karya Oki Setiana Dewi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan akhlak adalah usaha sadar dalam membimbing, mengarahkan, dan menerapan perilaku yang dianggap baik menurut agama dan adat kebiasaan masyarakat. Hal tersebut menjadi tolak ukur nilai sebuah perbuatan yang dapat dianggap baik atau buruk. Tujuan pendidikan akhlak sendiri adalah membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya, untuk membangun konsep yang ditentukan oleh Allah.
Novel Cahaya di Atas Cahaya merupakan salah satu karya sastra anak bangsa yang banyak memberikan pesan mengenai nilai-nilai pendidikan Akhlak terhadap pembacanya, hal ini sangat bermanfaat serta dapat dijadikan suri tauladan yang baik jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Cahaya di Atas Cahaya?, 2) Bagaimana amanat dari tujuan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Cahaya di Atas Cahaya?. Sedangkan tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Cahaya di Atas Cahaya serta mendeskripsiskan amanat dari tujuan yang ingin di capai oleh nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel tersebut.
Dalam prakteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskritif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Kutipan-kutipan data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk lampiran tabel yang diperoleh dari pemahaman makna yang terdapat pada setiap kata, kalimat, paragraf, dan teks. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi (Content Analysis). Maka kegiatan yang dilakukan adalah pemberian makna pada paparan bahasan berupa : (1) Data berupa paparan bahasa yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak, (2) Data berupa paparan bahasa yang mengandung amanat dari tujuan yang ingin di capai oleh nilai-nilai pendidikan akhlak. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan mengklasifikasikan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Cahaya di Atas Cahaya karya Oki Setiana Dewi secara global terbagi menjadi tiga ruang lingkup : 1) Akhlak kepada Allah, yang meliputi a. Iman, b. Ihsan, c. Takwa, d. Ikhlas, e. Tawakkal, f. Syukur, g. Sabar. 2) Akhlak kepada sesama manusia yang meliputi a. Akhlak kepada Rasulullah, b. Akhlak kepada orang tua, c. Akhlak kepada diri sendiri, d. Akhlak kepada keluarga, karib, maupun kerabat, e. Akhlak kepada tetangga, f. Akhlak kepada lingkungan masyarakat. 3) Akhlak terhadap alam sekitar.
Adapun amanat dari tujuan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Cahaya di Atas Cahaya adalah 1) Tujuan nilai akhlak kepada Allah adalah membiasakan manusia untuk senantiasa memupuk sikap iman, ihsan, takwa, ikhlas, tawakkal, syukur, dan sabar melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, 2) Tujuan nilai akhlak kepada sesama manusia adalah membiasakan manusia untuk berbuat baik kepada sesama, baik kepada Rasulullah sebagai bukti bahwa kita adalah umat Nabi yang mengikuti segala Sunnah-nya, berbuat baik kepada kedua orang tua, memperlakukan diri sendiri, keluarga, kerabat, tetangga dan lingkungan masyaraat dengan baik dalam membangun hubungan dan komunikasi yang harmonis di antara sesama manusia agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan, 3) Tujuan akhlak terhadap alam sekitar adalah membiasakan diri untuk menjaga apa yang Allah titipkan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, menurut peneliti nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Cahaya di Atas Cahaya baik nilai akhlak kepada Allah, sesama manusia, dan alam sekitar dapat memberian konstribusi terhadap pembaca sehingga dapat mewujudkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pribadi masyarakat muslim serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
ENGLISH:
Moral education is conscious affort to leads, direct and aplly a good behaviour according to religion and culture. It become a benchmark value of an action that can be considered good or bad. The goal is to foster moral education of the human, as a personal and groups so can aplly the function as a servant of God and the caliph, to establish the concept servant that determined of God.
“Cahaya di Atas Cahaya” novel is one of native author that gives a lot of good and moral values of education for the readers. It is so usefull and can be used as good. Paragon when apllied in daily life. Problem to discuss in this research is : 1) How is the of the moral values contained in the “Cahaya di Atas Cahaya” novel?, 2) How is the message of the objectives moral values in the “Cahaya di Atas Cahay” novel?. Whereas the purpose of this research is to describe the form of moral values that is contained in the “Cahaya di Atas Cahaya” novel and to describe the message of the objectives to be achieved by the values of moral education in the novel.
In practice, this research used a qualitative descriptive approach as a research procedure that produces descriptive data in written words and not numbers. This is report will contain excerpts of data to provide ilustration for presentation of the report. Excerpts data in this research presented in appedix tables derived from the understanding of the meaning contained in each word, sentence, paragraph, and text. In it’s analysis, the research using content analysis. The activities that can be conducted is giving the meaning to language exposure in the form of : 1) The data is exposure of language that contains the moral educations values, 2) The data is exposure of language that contains the massage of the objective to be achieved by the moral education values. Novel the understanding and analysis is conducted through reading, analyzing, and classifying the data.
The results showed that the moral education values is contained in the “Cahaya di Atas Cahaya” novel by Oki Setiana Dewi globally devided into three scope : 1) Morals to God, which include sincere : a. Faith, b. Charity, c. Piety, d. Sincere, e. Resignation, f. Gratitude, g. Patience. 2) Morals of their fellow human beings which include : a. Morals to Rasulullah, b. Morals to parents, c. Morals to ourself, d. Morals family, intimates, and relatives, e. Morals to neighbor, f. Morals to social life. 3) Morals to nature.
As for the mandate of the objectives of moral education values contained in the “Cahaya di Atas Cahaya” novel is 1) Destination moral values of God is accustom human to constantly cultivate faith, charity, piety, sincere, resignation, gratitude, patience through habituation in everyday life. 2) Destination moral values to his fellow human beings is accustom people to do good to others, accustom people to do good to others either to the Rasulullah as. proof that we are the people of the prophet who followed all this Sunnah, do good to parents, treat ourself, family, relatives, neighbor, and the community well in building relationship and a harmonious community among people to conform to what is expeted goal. 3) Moral purpose to the nature is accustom ourselves to keep what God has entrusted with the best. Therefore according to investigators moral education values contained in this novel kind of moral value to God, humans social life, and environment can contribute to the reader to realize the muslim values of personal moral education in muslim society and can be practiced in everyday life.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak; Novel Cahaya di Atas Cahaya; The Values Of Moral Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:45 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 11:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |