Setiawan, Lovi Agus (2020) Pengaruh media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar materi bentuk rumah adat Kelas IV di MIN 1 Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Meningkatkan hasil belajar adalah suatu keharusan yang harus dilakukan guru kepada siswanya, sehingga bisa melihat kemampuan siswa dalam memahami suatu materi yang disampaikan. Oleh karena itu, meningkatkan hasil belajar mempunyai peran penting dalam pembelajaran yang baik. Untuk itu dalam penilitian eksperimen ini diharapkan media Flash Card dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 1 Jombang.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui bentuk media pembelajaran flashcard pada materi “Bentuk Rumah Adat 2. Mengetahui pengaruh media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MIN 1 Jombang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif dan Jenis Penelitianya adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah non-equivalen control group design dengan populasi dan sampel siswa kelas IV MIN 1 Jombang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalis dengan Independent Sample T-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan data angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan media Flash Card yang telah di implementasikan pada kelas eksperimen diperoleh data respon dari 22 siswa terhadap pembelajaran menggunakan media Flash Card sebesar 76%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa baik sekali atau efektif. (2). Bahwa t hitung untuk hasil Hasil Belajar dengan Equeval variance not assumed (diasumsi kedua varians tidak sama) adalah 3.980 dengan probabilitas 0.00. dan nilai probabilitas 0.00 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari hasil hitung sesuai prosentase terdapat peningkatan yang signifikan dari kelas eksperimen yang dalam proses pembelajaranya menggunakan media Flash Card yaitu dari 22 siswa 26.66% yang tuntas pada tahap pretes, sedangkan pada tahap postes meningkat menjadi 76.66% siswa yang tuntas. Untuk kelas kontrol sendiri dari 22 siswa 20% yang tuntas pada tahap pretes dan 30% yang tuntas pada tahap postes. Kesimpulanya, media Flash Card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Meningkatkan Hasil Belajar.
ENGLISH:
Improving learning outcome is a compulsory task that should be done by teacher in order to see the students‟ competence in comprehending a delivered material. Thus, improving learning outcome has a big role in a good learning. In this experimental research, Flash Card is expected to help to improve students‟ learning outcome in State Islamic Elementary School 1, Jombang.
The research goals are 1. To know the students‟ responses toward Flash Card media in form of Custom Home to 4 th grade students in State Islamic Elementary School 1, Jombang. To know the effect of Flash Card media toward Students‟ Learning Outcome at 4th grade in State Islamic Elementary School 1, Jombang.
The research methods employed in this research are quantitative paradigm. The research type is experimental research. The research design is non equivalent control group design. However, the population and sample of the research is 4 th grade students in State Islamic Elementary School 1, Jombang. The instrument used is questionnaire and obsevation sheet. The data obtained is analyzed with independent simple T Test.
The results of this study indicate that (1) Based on the calculation of questionnaire data to determine student responses to learning using Flash Card media that have been implemented in the experimental class obtained response data from 22 students to learning using Flash Card media by 76%, so it can be said that student responses are very good or effective. (2). t arithmetic for the results of Learning Outcomes with the Evalval variance not assumed (assumed the two variances are not the same) is 3,980 with a probability of 0.00. and the probability value 0.00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faizah, Maryam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Media Flash Card; Learning Outcome; Flash Card Media | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Lovi Agus Setiawan | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2021 13:01 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2021 13:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27760 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |