Ananta, Muhammad Jidan (2016) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10410137.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik di sekolah, karena menurut teori yang ada, kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Realita saat ini cukup menarik untuk diteliti, karena bila merujuk pada teori seharusnya bila seseorang memiliki kecenderungan emosional yang tinggi maka individu tersebut berpeluang untuk mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya, bila sesorang memilki kecerdasan emosional yang relatif rendah, maka soseorang tersebut tentu berpeluang untuk mendapatkan prestasi belajar yang relatif rendah. Sedangkan pada kenyataannya, individu yang kurang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat meraih prestasi belajar yang bisa dibanggakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede Malang, mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede Malang, serta mengetahui pengaruh kecerdasan emosional tehadap prestasi belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional (variabel bebas) dan prestasi belajar (variabel terikat). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede Malang yang berjumlah 53 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dan data dokumentasi berupa nilai rata-rata rapor siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Dari hasil penelitian, diperoleh nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,025 dengan nilai p = 0,255 (p > 0,05). Ini berarti bahwa sumbangan efektif yang diberikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sangat kecil, yaitu sebesar 2,5%, sedangkan sisanya yaitu 97,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor internal (yang berasal dari dalam diri individu) atau faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar individu). Persamaan regresi pada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa adalah Y = 87,97 + (-0,112X), yang berarti bahwa setiap penambahan satu nilai kecerdasan emosional akan mengurangi nilai prestasi belajar sebesar 0,112. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
ENGLISH:
Emotional intelligence is one important factor that should be owned by the students who have a need for achievement learn better in school, because according to the existing theory, emotional intelligence is very influential on student achievement. Reality today is quite interesting to study, because when referring to the theory should when a person has a high emotional tendencies then the individual is likely to obtain high academic achievement. Conversely, if someone has an emotional intelligence that is relatively low, then soseorang is certainly an opportunity to get a relatively low learning achievement. While in reality, individuals who lack a high emotional intelligence can achieve learning achievement to be proud.
This study aims to determine the level of emotional intelligence fifth grade students of State Elementary School Ketawanggede Malang, determine the level of student achievement in class V Ketawanggede Malang State Primary School, as well as determine the effect of emotional intelligence tehadap learning achievement in class V students of State Elementary School Ketawanggede Malang.
This research is quantitative. The variables in this study include emotional intelligence (independent variable) and achievement (the dependent variable). Subjects in this study were students of class V State Primary School Ketawanggede Malang, amounting to 53 students. The data collection method used is the scale of emotional intelligence and data documentation of the average value of student report cards. Data analysis techniques in this study using simple linear regression analysis.
From the research, the value of R Square (coefficient determination) of 0.025 with p = 0.255 (p> 0.05). This means that the effective contribution given to the learning achievement of emotional intelligence is very small, amounting to 2.5%, while the remaining 97.5% is influenced by other factors. These factors may include internal factors (originating from within the individual) or external factors (factors that come from outside the individual). The regression equation on the influence of emotional intelligence on student achievement is Y = 87.97 + (-0,112X), which means that each additional emotional intelligence value will reduce the value of learning achievement 0.112. From these results show that emotional intelligence has no effect on student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar; Emotional Intelligence; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:39 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 09:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2771 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |