Iffat, Emira Rosyida (2021) Pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial terhadap tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa juurusan Teknik Arsitektur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahiim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16410174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Kecemasan akademik merupakan hal yang sering terjadi pada mahasiswa, yang disebabkan oleh stress akademik. Stress akademik terjadi akibat dari kurangnya persiapan akan pembelajaran, ketidakcocokan gaya belajar, dan kurangnya informasi yang tersedia. Orang yang mempunyai efikasi diri yang tinggi (percaya bahwa dia dapat mengerjakan sesuai dengan tuntutan situasi) maka orang itu akan bekerja keras dan bertahan mengerjakan tugas sampai selesai. Selain Self Efficacy (Efikasi diri), salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah dukungan sosial yang diperoleh dari hasil interaksi individu dengan orang lain dalam lingkungan sosialnya, dan bisa berasal dari siapa saja, keluarga, sahabat, teman, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala likert. Responden sebanyak 52 orang dengan kriteria mahasiswa aktif Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan sedang menyelesaikan tugas akhir. Analisa data menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 for Windows.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa tingkat Self Efficacy pada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang dikategorikan sedang, tingkat Dukungan Sosial pada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang dikatergorikan sedang dan tingkat Kecemasan Akademik pada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang dikategorikan sedang. Hasil analisa regresi linier berganda mengatakan bahwa tidak adanya pengaruh antara self efficacy dan dukungan sosial terhadap tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skor didapatkan sebesar 2.168 serta nilai signifikansi sebesar 0,125 lebih besar dari pada 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan dukungan sosial secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang. Sehingga berdasarkan hasil analisis ini menolak hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur UIN Malang.
ENGLISH :
Academic anxiety is common in students, caused by academic stress. Academic stress occurs as a result of a lack of preparation for learning, a mismatch of learning styles, and a lack of available information. A person who has high self-efficacy (believing that he can do according to the demands of the situation) then that person will work hard and survive the task until it is completed. In addition to Self Efficacy, one of the factors that influence anxiety is social support obtained from the results of individual interactions with others in their social environment, and can come from anyone, family, friends, friends, and others. The purpose of this study was to find out the level and influence of self efficacy and social support on the level of anxiety in students of the Department of Architectural Engineering of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang.
The method in this research is quantitative approach research using purposive sampling technique. Data retrieval using a likert scale. Respondents as many as 52 with the criteria of active students of the Department of Architectural Engineering of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim malang and are completing the final task. Data analysis using spss software version 16.0 for Windows.
This study obtained results that Self Efficacy levels are categorized as moderate, Social Support levels are categorized as moderate and Anxiety levels are categorized as moderate. The results of multiple linear regression analysis said that there is no influence between self efficacy and social support to the level of anxiety in students of the Department of Architectural Engineering Maulana Malik Ibrahim State University Malang. The score was obtained at 2,168 and the significance score of 0.125 was greater than 0.05, so it can be concluded that self efficacy and social support together have no significant effect on the level of anxiety in students majoring in architectural engineering of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang. So based on the results of this analysis rejects the hypothesis that there is an influence of self efficacy and social support on the level of anxiety in students majoring in architectural engineering of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang.
ARABIC :
ﻲﻤﻳﺩﺎﻛﻷﺍ ﺩﺎﻬﺟﻹﺍ ﺙﺪﺤﻳﻭ. ﻲﻤﻳﺩﺎﻛﻷﺍ ﺩﺎﻬﺟﻹﺍ ﻦﻋ ﺔﻤﺟﺎﻨﻟﺍ ، ﺏﻼﻄﻟﺍ ﻲﻓ ﻊﺋﺎﺷ ﻲﻤﻳﺩﺎﻛﻷﺍ ﻖﻠﻘﻟﺍ ﺺﺨﺸﻟﺍ. ﺔﺣﺎﺘﻤﻟﺍ ﺕﺎﻣﻮﻠﻌﻤﻟﺍ ﺺﻘﻧﻭ ،ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺐﻴﻟﺎﺳﺃ ﻖﺑﺎﻄﺗﻡﺪﻋﻭ ،ﻢﻠﻌﺘﻠﻟﺩﺍﺪﻌﺘﺳﻻﺍ ﻡﺪﻌﻟﺔﺠﻴﺘﻧ ﺺﺨﺸﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﻢﺛ) ﻊﺿﻮﻟﺍ ﺐﻟﺎﻄﻤﻟﺎﻘﻓﻭ ﻞﻌﻔﺗﻥﺃ ﻦﻜﻤﻳ ﻪﻧﺄﺑ ﺩﺎﻘﺘﻋﻻﺍ( ﺔﻴﻟﺎﻌﻓ ﺕﺍﺫ ﺔﻴﻟﺎﻋ ﻪﻳﺪﻟﻱﺬﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ ﻰﻟﺇ ﺔﻓﺎﺿﻹﺎﺑ. ﺎﻬﻨﻣ ءﺎﻬﺘﻧﻻﺍ ﻢﺘﻳ ﻰﺘﺣ ﺔﻤﻬﻤﻟﺍ ﺓﺎﻴﺤﻟﺍ ﺪﻴﻗ ﻰﻠﻋ ءﺎﻘﺒﻟﺍﻭ ﺪﺠﺑ ﻞﻤﻌﺗﻑﻮ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﻦﻣ ﻪﻴﻠﻋ ﻝﻮﺼﺤﻟﺍ ﻢﺘﻳ ﻱﺬﻟﺍ ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍ ﻮﻫ ﻖﻠﻘﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﺮﺛﺆﺗﻲﺘﻟﺍ ﻞﻣﺍﻮﻌﻟﺍ ﺪﺣﺃ ،ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ،ﺓﺮﺳﻷﺍﻭ ،ﺺﺨﺷ ﻱﺃ ﻦﻣ ﻲﺗﺄﻳ ﻥﺃ ﻦﻜﻤﻳﻭ ،ﺔﻴﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻬﺘﺌﻴﺑ ﻲﻓ ﻦﻳﺮﺧﻵﺍ ﻊﻣ ﺔﻳﺩﺮﻔﻟﺍ ﺕﻼﻋﺎﻔﺘﻟﺍ ﺓءﺎﻔﻜﻟﺍ ﺮﻴﺛﺄﺗﻭ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﺔﻓﺮﻌﻤﻟﺔﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﻦﻣ ﺽﺮﻐﻟﺍ ﻥﺎﻛﻭ. ﻢﻫﺮﻴﻏﻭ ،ءﺎﻗﺪﺻﻷﺍﻭ ،ءﺎﻗﺪﺻﻷﺍﻭ ﺔﻌﻣﺎﺠﻟﺍ ﻲﻓ ﺔﻳﺭﺎﻤﻌﻤﻟﺍ ﺔﺳﺪﻨﻬﻟﺍ ﻢﺴﻗ ﺏﻼﻁ ﻲ ﻖﻠﻘﻟﺍ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍﻭ ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﺞﻧﻻﺎﻣ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ ﻚﻟﺎﻣ ﺎﻧﻻﻮﻣ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ﺔﻴﻣﻼﺳﻹﺍ
ﺕﺎﻨﻴﻌﻟﺍ ﺬﺧﺃ ﺔﻴﻨﻘﺗﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻤﻜﻟﺍ ﺞﻬﻨﻟﺍ ﻦﻋ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﻲﻫ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﻲﻓ ﺔﻘﻳﺮﻄﻟﺍ ﺱﺎﻴﻘﻣ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﺕﺎﻧﺎﻴﺒﻟﺍ ﺩﺍﺩﺮﺘﺳﺍ. ﺎﻫﺎﺼﻗﺍﻭ likert. ﺮﻴﻳﺎﻌﻣ ﻊﻣ 52 ﻰﻟﺇ ﻢﻫﺩﺪﻋ ﻞﺼﻳ ﻦﻴﺒﻴﺠﻣ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ ﻚﻟﺎﻣ ﺎﻧﻻﻮﻣ ﺔﻟﻭﺪﻟﺍ ﺔﻴﻣﻼﺳﻹﺍ ﺔﻌﻣﺎﺠﻟﺍ ﻲﻓ ﺔﻳﺭﺎﻤﻌﻤﻟﺍ ﺔﺳﺪﻨﻬﻟﺍ ﻢﺴﻗ ﻦﻣ ﻦﻴﻄﺸﻨﻟﺍ ﺏﻼﻄﻟﺍ ﺞﻣﺎﻧﺮﺑ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﺕﺎﻧﺎﻴﺒﻟﺍ ﻞﻴﻠﺤﺗ. ﺔﻴﺋﺎﻬﻨﻟﺍ ﺔﻤﻬﻤﻟﺍ ﻥﻮﻤﺘﻳﻭ ﺞﻧﻻﺎﻣ spss ـﻟ16.0 ﺭﺍﺪﺻﻹﺍ Windows
ﻠﻋ ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ ﺕﺎﻳﻮﺘﺴﻣ ﻒﻴﻨﺼﺗﻢﺘﻳ ﻲﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻨﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﺖﻠﺼﺣ ﻲﺘﻟﺍ ﺔﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﻖﻠﻘﻟﺍ ﺕﺎﻳﻮﺘﺴﻣ ﻒﻴﻨﺼﺗﻢﺘﻳﻭ ﺔﻟﺪﺘﻌﻣ ﺎﻬﻧﺃ ﻰﻠﻋ ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍ ﺕﺎﻳﻮﺘﺴﻣ ﻒﻨﺼﺗ, ﺔﻟﺪﺘﻌﻣ ﺎﻬﻧﺃ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ ﻦﻴﺑ ﺮﻴﺛﺄﺗﻱﺃ ﺪﺟﻮﻳ ﻻ ﻪﻧﺃ ﻝﺎﻗ ﺩﺪﻌﺘﻤﻟﺍ ﻲﻄﺨﻟﺍ ﺭﺍﺪﺤﻧﻻﺍ ﻞﻴﻠﺤﺗﺞﺋﺎﺘﻧ. ﺔﻟﺪﺘﻌﻣ ﺎﻬﻧﺃ ﻰﻠﻋ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ ﻚﻟﺎﻣ ﺎﻧﻻﻮﻣ ﺔﻳﺭﺎﻤﻌﻤﻟﺍ ﺔﺳﺪﻨﻬﻟﺍ ﻢﺴﻗ ﺏﻼﻁ ﻲﻓ ﻖﻠﻘﻟﺍ ﻯﻮﺘﺴﻤﻟﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍﻭ ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﻦﻣ ﺮﺒﻛﺃ ﻥﺎﻛﻭ 0.125 ﺔﻴﻤﻫﺃ ﺔﺟﺭﺩﻭ 2168 ﻲﻓ ﺔﺟﺭﺩ ﻰﻠﻋ ﻝﻮﺼﺤﻟﺍ ﻢﺗ.ﻎﻧﻻﺎﻣ ﺔﻳﻻﻭ ﺔﻌﻣﺎﺟ 0.05، ﻰﻠﻋ ﺮﻴﺒﻛ ﺮﻴﺛﺄﺗﺎﻬﻟﺲﻴﻟﺎﻌﻣ ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍﻭ ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ ﻥﺃ ﺞﺘﻨﺘﺴﻳ ﻥﺃ ﻦﻜﻤﻳ ﻚﻟﺬﻟ ﺎﻧﻻﻮﻣ ﺔﻟﻭﺪﻟﺍ ﺔﻴﻣﻼﺳﻹﺍ ﺔﻌﻣﺎﺠﻟﺍ ﻦﻣ ﺔﻳﺭﺎﻤﻌﻤﻟﺍ ﺔﺳﺪﻨﻬﻟﺍ ﻲﻓ ﺺﺼﺨﺘﻟﺍ ﺏﻼﻄﻟﺍ ﻯﺪﻟﻖﻠﻘﻟﺍ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﺮﻴﺛﺄﺗﻙﺎﻨﻫ ﻥﺄﺑ ﺔﻠﺋﺎﻘﻟﺍ ﺔﻴﺿﺮﻔﻟﺍ ﺾﻓﺮﻳ ﻞﻴﻠﺤﺘﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﻰﻟﺇ ﺍﺩﺎﻨﺘﺳﺍ ﺍﺬﻟ.ﻎﻧﻻﺎﻣ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ ﻚﻟﺎﻣ ﻲﻓ ﺍﻮﺼﺼﺨﺗﻦﻳﺬﻟﺍ ﺏﻼﻄﻟﺍ ﻯﺪﻟﻖﻠﻘﻟﺍ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍﻭ ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﻎﻧﻻﺎﻣ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ ﻚﻟﺎﻣ ﺎﻧﻻﻮﻣ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ﺔﻴﻣﻼﺳﻹﺍ ﺔﻌﻣﺎﺠﻟﺍ ﻲﻓ ﺔﻳﺭﺎﻤﻌﻤﻟﺍ ﺔﺳﺪﻨﻬﻟﺍ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Self Efficacy; Dukungan Sosial; Tingkat Kecemasan Akademik; : Self Efficacy; Social Support; Academic Anxiety Levels; ﻠﻘﻟﺍ ﺕﺎﻳﻮﺘﺴﻣ; ،ﻲﻋﺎﻤﺘﺟﻻﺍ ﻢﻋﺪﻟﺍ ;،ﺔﻴﺗﺍﺬﻟﺍ ﺔﻴﻟﺎﻌﻔﻟﺍ. | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Emira Rosyida Iffat | ||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2021 10:15 | ||||||
Last Modified: | 04 Nov 2021 10:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27654 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |