Maziyyah, Sayyidah Ayu (2021) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis permainan (digital game based learning) jenis aplikasi Kahoot terhadap hasil pembelajaran PAI kelas VII pada era new normal di SMP Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media Pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang berkembang pada zaman ini adalah aplikasi kahoot. Aplikasi ini merupakan media pembelajan berbasis permainan yang mampu menghadirkan suasana yang meriah dan menyenangkan dalam kelas. Dengan menggunakan aplikasi kahoot pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran yang sulit dimengerti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar sebelum diterapkan aplikasi kahoot dan setelah diterapkan aplikasi kahoot dan membuktikan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Kahoot pada pembelajaran mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Turen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Desain ini merupakan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sampel penelitian ini menggunakan kelas VII C yang berjumlah 25 orang. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes (Pretest dan Posttest), dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata posttest (sesudah diterapkan aplikasi kahoot) sebesar 79 lebih besar dari nilai rata-rata pretest (sebelum diterapkan aplikasi kahoot) sebesar 66,4, (2) hasil pengujian Korelasi Product Moment menunjukkan bahwa hasil perhitungan hipotesis rhitung > rtabel atau 0,848 > 0,396 yang artinya rhitung lebih besar dari rtabel, maka sebagaimana kaidah pengujian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Kahoot efektif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Turen.
ENGLISH:
Learning Media is a tool used to assist the teaching and learning process in achieving the learning’s goals. One of the evolving learning media nowadays is the Kahoot application. This application is a game-based learning tool that is able to present a festive and fun atmosphere in the classroom. Learning becomes much more enjoyable while using the Kahoot application, and students are less likely to feel bored while studying a difficult subject.
This study intends to determine the comparison of the learning outcomes before and after the using of Kahoot application and to prove the effectivity of using Kahoot-based learning media in teaching Islamic education subject on the seventh grade at public middle school 1 Turen.
This research is a quantitative study using an experimental method with the One Group Pre-test Post-test research design. This is an experiment which only uses one group and there is no comparison group. This study’s sample is the seventh grade C, which consist of 25 students. Interviews, tests (Pre-test and Post-test), and documentation were used to collect data for this study. Meanwhile, data analysis used descriptive statistics, normality test, and hypothesis test using product moment correlation.
The results of this study indicate that (1) the average post-test value (after using the Kahoot application) is 79 points higher than the pre-test average value (before using the Kahoot application) which is 66.4 points, (2) the results of the Product Moment Correlation test show that the results of the calculation of the hypothesis rcount > rtable or 0.848 > 0.396, which means rcount is higher than rtable, as the rule of the test, Ha is accepted and Ho is rejected. It can be concluded that the use of Kahoot-based learning media is effective in improving the students’ learning outcomes of the seventh grade C at public middle school 1 Turen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot; Efektivitas; Learning Media Kahoot Application; Effectivity | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Ayu Maziyyah | ||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2021 13:41 | ||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 13:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27388 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |