Mustofa, Maulidya Salsabila (2021) Efektivitas metode pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mata pelajaran IPS siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso Malang Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
17130152.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pada diri peserta didik secara optimal. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan gabungan dari cabang ilmu geografi, sosiologi, antropologi, sejarah, ekonomi dan tata negara. Melalui pendidikan ilmu pengetahuan sosioal dalam pelaksanaannya, proses belajar mengajar peserta didik akan dibentuk menjadi pribadi yang santun dalam bertutur kata dan bersikap, menjadi pribadi yang mempunyai jiwa nasionalisme, menjadi pribadi yang mempu bermasyarakat dengan memperhatikan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat sehingga perserta didik dapat mengantisipasi gejala penyimbangan sosial dan berperan dalam rangka pembinaan generasi penerus bangsa. Efektivitas merupakan prosesi kegiatan yang telah berhasil untuk mewujudkan atas apa yang telah direncanakan berdasarkan tujuan kegiatan.
Dengan rumusan masalah 1) Bagaimana efektivitas metode pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 1 Karangploso kelas VII tahun ajaran 2020-2021. 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi efektivitas metode pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 1 Karangploso kelas VII tahun ajaran 2020-2021. Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu 1) Untuk menggali serta mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 1 Karangploso kelas VII tahun ajaran 2020-2021. 2) Untuk menggali serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas metode pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 1 Karangploso kelas VII tahun ajaran 2020-2021.
Peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengambilan datanya peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Selain itu, peneliti menganalisis data dengan mendeskripsikan proses pelaksanaannya secara sistematis yang berupa transkip wawancara, catatan lapangan serta bahan lainnya yang mendukung skripsi ini.
Peneliti memperoleh hasil penelitian kemudian dianalisis data serta diketahui kesimpulannya bahwa pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kurang efektif.
Diharapkan untuk meningkatkan pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial orang tua peserta didik dan pendidik dapat berkeja sama dalam membimbing, mengawasi peserta didik pada saat proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berlansung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nasith, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; Effectiveness; Social Science Education | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Maulidya Salsabila Mustofa | ||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2021 21:40 | ||||||
Last Modified: | 03 Jun 2021 21:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27268 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |