Rahbini, M. Iqbal (2021) Analisis pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan penggunaan media e-learning sebagai variabel intervening: Studi kasus mahasiswa Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
16510202.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa tentu akan mempengaruhi prestasi belajar, dan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan salah satunya media E-learning, mahasiswa lebih dapat memahami materi yang diberikan dengan beberapa keuntungan seperti keefisienan dan keefektifan.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel (purposive sample). Analisis data yang digunakan ialah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Motivasi(X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi (Y). Berdasarkan hasil uji-t diatas dapat dilihat bahwa nilai unstandardized coefficients adalah 0.615, dan nilai signifikansi variabel Motiavsi sebesar 0.000< 0.05; 2) E-learning (Z) meningkatkan prestasi belajar (Y). Berdasarkan hasil uji-t diatas dapat dilihat bahwa nilai unstandardized coefficients adalah 0.355dan nilai signifikansi variabel Motivasi sebesar 0.003<0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi; 3) uji motivasi (X) secara tidak langsung dimediasi oleh e-learning (Z) terhadap prestasi belajar(Y) berdasarkan hasil analisis jalur menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara tidak langsung variabel E-Learning terhadap Prestasi melalui motivasi dengan pengaruh total sebesar 0,633 + (0,325 x 0,103) = 0,666.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ekowati, Vivin Maharani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi; Prestasi Belajar; E-learning | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Iqbal Rahbini | ||||||
Date Deposited: | 17 May 2021 12:34 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2021 12:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/27042 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |